OUR NETWORK
Minggu, Januari 29, 2023

Peran Penting Matematika dalam Ilmu Komputer

Indra Prastya
Mahasiswa Universitas Pamulang
From Korea With Love Concert

Ilmu Komputer cenderung mengutamakan pembelajaran sebuah pemrograman komputer. Dalam Ilmu Komputer juga matematika mempunyai peran dalam membangun sebuah program sistem rancangan. Karena sebuah program harus mempunyai sebuah algoritma dari sebuah rancangan yang akan dibuat serta harus memiliki sebuah struktur data dan harus menggunakan sebuah bahasa pemrograman untuk merancang program tersebut.

Peranan matematika dalam perkembangan sebuah Ilmu dan Teknologi itu sangat penting sekali. Seperti contoh matematika Boolean Aljabar untuk komputer digital modern saat ini, antara lain Splines untuk merubah bentuk 3 dimensi, Rantai Markov untuk bidang finansial serta ekonomi   itu adalah contoh dari penggunaan matematika dalam bidang ilmu dan teknologi.

Matematika Algoritma

Penemu algoritma sendiri yakni yang tercatat didalam sejarah awal ialah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi adalah seorang ahli dalam matematika itu sendiri yang berasal dari negara Uzbektistan yang hidup di masa 770 hingga 840 masehi.

Kata algoritma sendiri ia ambil dari sebutan nama nya. Algoritma yang berarti suatu prosedur yang sangat tepat untuk memecahkan sebuah rumusan masalah dengan menggunakan komputer sebagai bantuan serta menggunakan sebuah Bahasa pemrograman seperti Bahasa Visual basic, pascal, java, serta masih banyak juga Bahasa lainnya.

Matematika Probabilitas

Probabilitas suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan terjadinya sebuah kejadian. Nilai dari probabilitas diantara 0 dengan 1.

Di mana kejadian yang memiliki nilai probabilitas nya 1 merupakan kejadian yang pasti akan terjadi dan sedangkan kejadian yang memiliki nilai probabilitas nya 0 maka merupakan kejadian yang mustahil atau yang tidak akan terjadi.

Adapun matematika kalkulus yang dimana peran nya di dalam dunia IT yaitu komputer akan membaca sebuah data kita dalam bentuk biner, serta kalkulus juga berisi kan turunan, integral, limit, dan deret tak hingga.

Indra Prastya
Mahasiswa Universitas Pamulang
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.