OUR NETWORK
Minggu, Februari 5, 2023

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rusaknya Rumah Tangga

Muhammad Fahreza
Mahasiswa Hukum Keluarga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
From Korea With Love Concert

Islam adalah agama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan kepercayaan bahwa Tuhan itu satu, iman terhadap wahyu,iman terhadap akhir zaman dan tanggung jawab maka dari itu Islam adalah yang mengajarkan arti kesempurnaan. Adapun salah satu yang menunjukan kesempurnaan agama Islam adalah bahwa Islam tidak hanya mengatur permasalahan perkara aqidah dan ibadah tetapi juga mengatur dalam perkara muamalah dengan baik,benar dan sempurna.

Dan adapun yang termasuk perkara muamalah yang diatur dalam agama Islam adalah perkara Hubungan Suami Istri atau Berumah Tangga. Setiap kita pasti mendambakan rumah tangga bahagia,hubungan antara suami istri serta anak-anak terjalin harmonis. Saling mendukung dalam suka dan duka. Apalagi bagi orang beriman kebahagiaan rumah tangga tidak hanya di harapkan di dunia melainkan sampai ke surga.

Namun dalam realitanya seseorang berumah tangga tentunya tidak semua keluarga dapat meraih status keluarga yang bahagia ataupun harmonis,banyak keluarga yang menghadapi permasalahan dalam hubungan rumah tangganya. Maupun itu dari segi kebutuhan sosial,ekonomi dan lain sebagainya. Rusaknya rumah tangga sekarang ini banyak yang dipengaruhi oleh kekerasan fisik maupun non fisik,pasal 44 ayat 1 di jelaskan “Setiap orang yang melakukan perbuatan kekerasan fisik dalam lingkup rumah tangga sebagaimana di maksud dalam pasal 5 huruf a dipidana dengan penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak 15.000.000,00 (Lima belas juta rupiah) .

Penyebab rusaknya rumah tangga bisa berpengaruh juga untuk kesehatan anak. Anak yang broken home bisa membawanya trauma,emosional dan anak akan agresif bahkan rentan melakukan kekerasan. Hal ini bisa membuat anak stress maupun depresi karena telah di tinggalkan oleh kedua orang tuanya. Rusaknya rumah tangga tidak merugikan hanya pada satu pihak,tapi banyak merugikan kepada anak-anak yang tidak bersalah.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan rusaknya rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari adalah :

1. Kurangnya Menafkahi Keluarga

Adapun akan hal ini banyak sekali yang kita temukan masalah kurangnya nafkah pada sebuah keluarga.

Imam Abu Qilabah berkata : “ Dahulukanlah nafkah untuk keluargamu, sebab orang-orang yang besar pahalanya ialah orang yang memberi nafkah keluarganya yang masih kecil-kecil dan memeliharanya dengan baik. Atau dengan sebab nafkah itu, Allah SWT memberikan manfaat kepada mereka.

2. Perselingkuhan

Banyak juga akhir-akhir ini kasus perselingkuhan sebuah rumah tangga, perselingkuhan itu sendiri bisa menyebabkan kerusakan rumah tangga dalam sebuah keluarga. Dan bagi para pelaku selingkuh ia akan terjerumus dalam dosa-dosa besar,juga akan membawa kepada banyak maksiat lainya. Di antaranya :  Berkhianat,Curang,Dusta dan juga Membawanya ke perzinahan sehingga menyia-nyiakan keluarganya.

Imam Anas bin Malik mengatakan : “ Ketika khianat telah ada di rumah tangga, maka hilanglah suatu keberkahan.

3. Masalah Seksual

Masalah di ranjang juga dapat memicu dalam hubungan rumah tangga atau dalam sebuah pernikahan. Ini bisa pula menyebabkan adanya rasa tidak puas pada pasangan.

Dan berisiko tinggi pada suatu hubungan yang mengalami libido atau kondisi ketika gairah seksual rendah. Dan gairah seksual yang rendah dapat menyebabkan stress berkepanjangan dan hubungan rumah tangga yang tidak harmonis.

4. Kekerasan

Kekerasan dalam rumah tangga dapat berupa fisik maupun non fisik. Dan kekerasan itu sendiri bisa menimpa kepada anak,orang tua, maupun lanjut usia. Serta di latarbelakangi oleh emosi,masalah ekonomi,selingkuh maupun seksual. Al Quran Surah Nisa ayat 34 menjelaskan bahwa tindakan suami yang memukul istri hanya boleh dilakukan dalam keadaan darurat, atau tingkat kesalahan istri sudah melampaui batas.

5. Komunikasi

Komunikasi juga dapat menimbulkan rusaknya sebuah rumah tangga,karena komunikasi sangat penting pada sebuah pasangan. Jika komunikasi dapat berjalan dengan baik maka bisa di pastikan hubungan dalam rumah tangga bisa berjalan dengan baik dan sebaliknya komunikasi yang kurang baik bisa di pastikan hubungan rumah tangga juga tidak akan berjalan dengan baik. Tidak jarang komunikasi yang tidak lancar dapat menyebabkan cerai pada sebuah rumah tangga.

Daftar Pusaka :

Abu Bakar Abdullah bin Muhammad. Mulia Akhlak,hal 155.

Syekh Muhammad Ibnu Madani, Kitab Seks Islam,Pasal keutamaan menafkahi rumah tangga.

Masalah rumah tangga,radiorodja.com. Senin 05 September 2022

Muhammad Fahreza
Mahasiswa Hukum Keluarga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.