Jumat, Maret 29, 2024

Menilik Pendekatan Budaya dalam Kampanye Keamanan Penerbangan

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).

PengantarI

zinkan saya untuk meletakkan beberapa pra-asumsi sebelum masuk ke inti tulisan ini, hanya untuk menyesuaikan pola pikir yang tepat. Jika Anda adalah bagian dari otoritas, harap dipahami bahwa Anda tidak dapat mengatur budaya. Saya tahu ini adalah kecenderungan alami tetapi, dalam hal ini, Anda seharusnya tidak memikirkannya. Jika Anda berasal dari industri bisnis, harap dipahami bahwa Anda tidak dapat (atau tidak seharusnya) menghasilkan uang darinya. Kecenderungan lain yang harus dikesampingkan di sini. Setelah ini jelas dalam pikiran Anda, kita dapat memulai diskusi. Poin penting lain yang relevan untuk setiap diskusi keamanan penerbangan: keluar dengan politik dan dengan akal sehat. Singkatnya, Mari kite aktifkan “mode kolaboratif dan konstruktif”, terima kasih.

Budaya sering dikaitkan dengan masyarakat. Setiap komunitas memiliki nilai, sejarah, tradisi, pilar. Nah, kabar baiknya adalah, dalam hal keamanan penerbangan, kita – pihak berwenang dan industri – adalah sebuah komunitas, karena kita semua berjuang di sudut yang sama melawan musuh yang sama. Kita juga memiliki sejarah yang sama, sayangnya dibangun di atas semua kecelakaan dan insiden yang telah membentuk peraturan yang ada. Jadi, sebagai sebuah komunitas, kita harus memiliki budaya yang sama dan membangunnya, mengembangkannya, mempromosikannya bersama. Namun, pada saat yang sama, kita perlu menyadari bahwa ada perbedaan di antara wilayah-wilayah masyarakat global. Kita mungkin memiliki kebutuhan yang sama akan budaya keamanan penerbangan, tetapi mungkin memiliki masalah yang berbeda

Dalam mempromosikan budaya keamanan penerbangan, ada satu elemen mendasar, esensial dan tidak dapat dihindari untuk dihormati: manajemen tingkat atas harus secara aktif mendukung program tersebut. Anda tidak dapat mengembangkan budaya keamanan penerbangan jika pemimpin Anda dianggap dikecualikan dari proses keamanan penerbangan.

Saya ingat sebuah diskusi dalam seminar baru-baru ini dimana seseorang bercerita dan bahkan bertanya kepada saya apa yang harus dilakukan ketika seorang yang berperingkat tinggi (atau dipercaya begitu), pada titik screening, berteriak “Apakah Anda tahu siapa saya ?”… Satu-satunya jawaban yang dapat saya pikirkan adalah “katakan padanya bahwa Anda mengenalnya dan bahwa Anda melihatnya sebagai tokoh terkemuka yang menginspirasi orang lain, dan karena itu Anda yakin dia akan memberi contoh bagi orang lain tentang bagaimana berperilaku di titik screening”. Ini jelas mengapa para pemimpin harus selalu setuju untuk membuka jalan bagi budaya masa depan pada tahap awal penerapan program.

Prinsip dasar budaya keamanan penerbangan

  • Karena perbedaan alam, lokasi dan budaya, tidak ada solusi ‘satu-untuk-semua’.
  • Kita perlu beralih dari tradisi regulasi murni (biasanya terkait dengan sanksi) ke panduan yang diberikan oleh regulator setelah berkonsultasi dengan pemangku kepentingan. Sistem harus didasarkan pada kepercayaan antara mitra.
  • Kerangka hukum diperlukan tetapi harus tetap pada tingkat konseptual. Budaya keamanan penerbangan harus menjadi prioritas. “Budaya keamanan”: dua kata yang digunakan secara teratur di berbagai forum, konferensi, dan simposium dan sering disebut sebagai “cara paling efektif untuk mengurangi ancaman orang dalam”. Beberapa menemukan pernyataan ini “trendi”, yang lain percaya ada beberapa kebenaran dalam konsep ini. Saya pikir saya menempatkan diri saya dalam kategori kedua, terlepas dari skeptisisme saya yang biasa adaptif terhadap konteks: Realistis. Perlu diingat bahwa budaya mungkin berbeda di dua bandara/ wilayah bahkan di negara yang sama.
  • Ada banyak sinergi antara keselamatan dan keamanan penerbangan. Budaya keamanan dapat diilhami oleh budaya keselamatan yang dikembangkan beberapa tahun yang lalu dan sekarang dalam keadaan yang lebih matang.
  • Semua peserta menyadari bahwa (untuk keselamatan) perubahan budaya membutuhkan banyak waktu. Budaya keamanan penerbangan yang kuat tidak dapat dicapai dalam beberapa minggu atau bulan.
  • Budaya harus difokuskan pada unsur manusia. Mendidik staf/orang adalah intinya.
  • Pengembangan budaya keamanan penerbangan yang efisien hanya dapat terjadi jika semua pemangku kepentingan terkait terlibat (tergantung pada tingkat yang ingin dicapai perusahaan, bandara, nasional…). Di tingkat nasional, itu harus mencakup otoritas penerbangan sipil, bandara, maskapai penerbangan, angkutan udara, regulated agent, manajemen lalu lintas udara dan lembaga diklat. Ini adalah upaya b
  • Entitas yang ingin mengembangkan budaya keamanan penerbangan harus siap berbagi insiden dan pembelajaran, mengubah kebijakan atau prosesnya jika diperlukan, dan meningkatkan transparansi terhadap pemangku kepentingan lain sehingga masing-masing dapat belajar dari pengalaman pihak lain (insiden harus tidak dianggap sebagai kesalahan atau kesalahan).
  • Harus ada platform yang aman di mana pemangku kepentingan keamanan penerbangan dapat berbagi pelajaran serta ide, kinerja (baik atau buruk), dan bahkan informasi keamanan penerbangan tertentu untuk tujuan kesadaran.
  • Karena saling ketergantungan antara semua pemangku kepentingan, budaya keamanan penerbangan hanya dapat bekerja secara efisien jika mencapai tingkat global. Jika hanya satu pemangku kepentingan yang mengembangkan budaya keamanan penerbangan dan tidak ada subkontraktor atau mitranya yang melakukannya, dampak pesan dan peningkatan jelas akan berkurang.

Elemen kunci dari budaya keamanan penerbangan

  • Budaya keamanan penerbangan hanya dapat dimulai jika ada tindakan yang jelas dan tulus dari manajemen. Manajemen harus memiliki visi yang jelas dan komitmen yang jelas. Ini adalah prasyarat kritis.
  • Budaya keamanan penerbangan dapat dimulai dengan mengidentifikasi jalur untuk peningkatan keamanan penerbangan dengan menganalisis situasi dan mengidentifikasi kesenjangan atau inefisiensi.
  • Pelatihan hanyalah titik awal; budaya keamanan penerbangan membutuhkan kesadaran teratur atau bahkan setiap hari.
  • Budaya yang adil sangat penting. Karyawan tidak boleh disalahkan untuk setiap kesalahan tetapi hanya untuk kesalahan yang timbul dari kesalahan atau kelalaian yang disengaja. Menghargai perilaku baik harus dipromosikan tetapi tanpa mengarah pada persaingan, tentu saja antar perusahaan (persaingan biasanya mengarah pada pengurangan transparansi, dengan inefisiensi disembunyikan untuk mempertahankan rekam jejak secara artifisial).
  • Budaya keamanan penerbangan harus mencakup elemen pemantauan untuk mengkonfirmasi dampak positif dari elemen yang baru diperkenalkan.
  • Budaya keamanan penerbangan tidak boleh samar-samar atau menggunakan pernyataan yang mewah tetapi tidak dapat dipahami. Itu harus sederhana dan dapat diakses oleh semua, dari manajemen hingga staf. Untuk mengilustrasikannya, Anda dapat merujuk ke “Jika Anda melihat sesuatu, katakan sesuatu” kampanye keamanan penerbangan.
  • Karyawan harus diberdayakan. Mereka harus diberi kemungkinan untuk memutuskan antara ‘bertindak’ atau ‘melaporkan’ ketika dihadapkan pada situasi yang tidak normal (meningkatkan potensi risiko keamanan penerbangan). Jika mereka percaya bahwa mereka dapat melakukan sesuatu untuk menyelesaikan situasi keamanan yang dihadapi, mereka harus dapat bertindak. Jika tidak, mereka harus tahu bagaimana dan kepada siapa mereka harus melaporkan situasi tersebut. Mereka tidak boleh membiarkan situasi keamanan yang tidak normal tidak terjawab atau pertanyaan keamanan tidak terjawab.
  • Regulator di tingkat nasional harus menjadi organ penggerak yang mengoordinasikan prakarsa budaya keamanan penerbangan di tingkat nasional dan harus bertindak sebagai pemandu (bukan hanya sebagai pengatur).
  • Budaya keamanan penerbangan tidak dapat diterapkan dengan benar jika komunikasi yang efisien tidak diterapkan (karyawan harus tahu siapa yang harus dihubungi, pemangku kepentingan harus memiliki saluran komunikasi yang ditentukan, dan manajemen harus mengomunikasikan dengan jelas elemen budaya keamanan penerbangan.
  • Sistem pelaporan sangat penting. Ini harus mencakup elemen-elemen seperti pelaporan anonim/rahasia, seperti yang ada untuk pelapor atau bahkan sistem pelaporan keselamatan.
  • Setiap laporan dari karyawan (atau pemangku kepentingan) yang berkaitan dengan keamanan penerbangan harus ditanggapi dua kali. Pertama, SEGERA ‘terima kasih’, dan kedua, setelah penyelidikan/tindakan, selalu kembali ke pelapor dengan umpan balik (dalam batas kerahasiaan/sensitivitas).

Pengukuran

Budaya keamanan penerbangan harus mencakup sejumlah indikator kinerja utama. Mereka dapat bervariasi berdasarkan sifat pemangku kepentingan, budaya, dll.

  • Pilihan yang mungkin adalah mengukur tingkat efisiensi, terutama pada proses tertentu (misalnya, jumlah tes keamanan penerbangan yang lulus/ gagal sebelum dan setelah perubahan budaya keamanan penerbangan).
  • Untuk budaya keselamatan, budaya keamanan penerbangan harus melibatkan sistem pelaporan yang jelas dan – juga untuk budaya keselamatan – indikator utama dapat berupa jumlah laporan yang diajukan.
  • Karena budaya keamanan penerbangan dalam penerbangan juga bertujuan untuk meningkatkan perlindungan penumpang secara efisien, survei penumpang dapat menjadi alat untuk mengukur efisiensi budaya keamanan penerbangan ( serupa dengan survei Apakah Anda Merasa Aman?’ yang dilakukan di antara pengguna): menyelenggarakan survei Kepuasan.
  • Survei/kuesioner lain juga dapat digunakan dalam kasus ketidakpatuhan terhadap suatu prosedur, seperti memeriksa dengan karyawan yang bersangkutan ketika dia menerima instruksi keamanan penerbangan terakhirnya, umpan balik atau pengarahan …( atau dengan kata lain: ketika dia dihadapkan dengan satu inisiatif budaya keamanan penerbangan).
  • Pengukuran kunci yang mungkin adalah Promosi Diri. Apakah budaya keamanan penerbangan di antara karyawan meningkat tanpa masukan dari manajemen atau tim keamanan penerbangan? – yaitu, apakah anggota staf berbicara tentang keamanan penerbangan atau peningkatan keamanan penerbangan tanpa diminta untuk melakukannya oleh manajemen? Apakah sistem bekerja tanpa pengawasan eksternal?

Catatan akhir

Memasyarakatkan budaya keamanan penerbangan harus segera dimulai dan pendidikan yang berkesinambungan dan berkelanjutan untuk semua dengan tanpa kecuali adalah satu keharusan. Semoga kita semua aman dan langit yang semakin aman pula.

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.