Senin, Oktober 14, 2024

Mengurai Elemen Penting Operasi dan Manajemen Keamanan Penerbangan

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).

Keamanan penerbangan adalah perlindungan penerbangan sipil terhadap tindakan gangguan yang melanggar hukum. Tujuan ini dicapai melalui kombinasi tindakan dan sumber daya baik manusia maupun material, yang ditujukan untuk keamanan penumpang, awak pesawat, personel darat, dan masyarakat umum.

Perencanaan keamanan penerbangan menggabungkan berbagai aspek dan tema utama perencanaan. Kebutuhan akan tindakan efektif berbasis risiko yang dinilai secara teratur untuk mencerminkan gambaran ancaman yang berkembang, memastikan bahwa tindakan diterapkan secara efektif di lapangan secara berkelanjutan, alokasi sumber daya, dan peningkatan budaya keamanan; dan membangun pengawasan nasional yang efektif terhadap sistem keamanan penerbangan.

Keamanan penerbangan menjadi isu internasional oleh karena itu Negara bergantung pada keefektifan sistem keamanan penerbangan masing-masing untuk menyediakan lingkungan penerbangan yang aman bersama. Terlepas dari peningkatan sistem keamanan, teroris terus melihat penerbangan sipil sebagai target yang menarik dan terus mengeksploitasi kerentanan nyata atau yang dirasakan dalam sistem penerbangan sipil internasional, dengan tujuan menyebabkan hilangnya nyawa yang substansial, kerusakan ekonomi dan gangguan konektivitas dan perdagangan. antar Negara.

Tidak diragukan lagi, meningkatkan keamanan penerbangan akan membawa keuntungan finansial dan ekonomi lainnya. Biaya ekonomi dan keuangan negara, bandara, maskapai penerbangan, dan pemangku kepentingan dari serangan teror dan pelanggaran keamanan bisa sangat signifikan, dan hilangnya nyawa manusia tidak dapat diukur. Di sisi finansial dan ekonomi, beberapa serangan baru-baru ini telah menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar sebagai akibat dari penghentian operasi bandara dan maskapai penerbangan selama hampir dua minggu, perbaikan infrastruktur, dan kerugian lain yang diderita akibat serangan teror. Dampak lain juga dapat diderita sebagai akibat dari standar dan tindakan keamanan penerbangan yang buruk, termasuk hilangnya kepercayaan publik dan investor, dan efek pada pariwisata, perdagangan, dan konektivitas.

Tujuan pembentukan Perencanaan keamanan penerbangan adalah untuk membantu pemangku kepentingan meningkatkan efektivitas keamanan penerbangan. Oleh karena itu, Perencanaan keamanan penerbangan berupaya menyatukan komunitas keamanan penerbangan internasional dan menginspirasi tindakan ke arah ini, mengingat ancaman dan risiko yang dihadapi oleh komunitas penerbangan sipil terus berkembang. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama dan bersama untuk meningkatkan keamanan penerbangan di seluruh dunia dan untuk membantu Negara bersatu untuk memenuhi komitmen yang ditetapkan oleh ICAO. Untuk mencapai tujuan Perencanaan keamanan penerbangan, prinsip-prinsip berikut perlu diikuti:

  1. Implementasi dan kepatuhan yang efektif: Langkah-langkah tepat yang diterapkan untuk memastikan hasil yang konsisten, ditambah dengan sistem pengawasan dan kontrol kualitas keamanan yang kuat.
  2. Keberlanjutan : Memanfaatkan langkah-langkah yang proporsional dan realistis dalam jangka panjang, dikoordinasikan dengan baik dengan entitas dari sektor lain ( misalnya keselamatan penerbangan, navigasi udara, fasilitasi dll).
  3. Kerjasama dan berbagi informasi. Memperkuat kerja sama dan berbagi informasi antara dan di antara Negara dan pemangku kepentingan. Untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip kerja sama yang ditetapkan dalam perjanjian layanan udara bilateral dan/atau multilateral, pengakuan tindakan keamanan yang setara, dan fokus pada hasil keamanan terus menjadi dasar kerja sama internasional.
  4. Budaya keamanan dan pengembangan kapasitas manusia . Membangun budaya keamanan yang kuat dan tangguh serta mengembangkan sumber daya manusia, keterampilan dan kompetensi.
  5. Inovasi. Mendorong pemangku kepentingan untuk merancang, menetapkan, dan berbagi cara baru dan inovatif untuk menerapkan kebijakan dan tindakan keamanan.
  6. Mengidentifikasi, memahami, dan mengelola risiko. Meningkatkan pemahaman tentang risiko keamanan penerbangan, dan mengambil tindakan yang tepat dan efektif.

Peningkatan berkelanjutan penerapan ICAO Annex 17 SECURITY yang tidak efektif sangat penting untuk menjamin keamanan dan keteraturan transportasi udara. Perencanaan keamanan penerbangan berlaku untuk setiap negara dan pemangku kepentingannya untuk memandu penerapan dan upaya kepatuhan yang efektif, mempromosikan akuntabilitas untuk tanggung jawab keamanan ini, dan meningkatkan efektivitas keamanan penerbangan global.

Perencanaan keamanan penerbangan difokuskan pada Pengembangan Budaya Keamanan dan Kemampuan Manusia. Budaya keamanan adalah seperangkat norma, keyakinan, nilai, sikap, dan asumsi yang melekat pada operasi sehari-hari organisasi dan tercermin dalam tindakan dan perilaku semua entitas dan personel dalam organisasi. Berkaitan dengan keamanan penerbangan, membangun budaya keamanan yang kuat akan memanfaatkan sumber daya bersama, mempromosikan berbagi informasi, memastikan pengakuan bahwa keamanan yang efektif sangat penting untuk kesuksesan bisnis, menetapkan praktik keamanan yang positif di antara karyawan sebagai nilai inti, dan menyelaraskan keamanan dengan tujuan bisnis inti .

Budaya keamanan yang efektif dapat menghasilkan karyawan yang terlibat dan bertanggung jawab atas masalah keamanan. Ini adalah komponen penting untuk rezim keamanan protektif, yang mendukung dan mempertahankan organisasi yang tahan risiko. Mempromosikan budaya keamanan yang positif membantu memitigasi ancaman dari dalam dan ancaman eksternal karena personel berpikir dan bertindak dengan cara yang lebih sadar akan keamanan dan dapat mengidentifikasi dan melaporkan perilaku atau aktivitas yang menjadi perhatian. Pada gilirannya, hal ini menyebabkan semua personel merasa bahwa mereka memiliki peran penting dalam rezim keamanan, dan keamanan secara keseluruhan ditingkatkan – tidak hanya untuk keamanan penerbangan tetapi untuk keamanan perbatasan yang lebih luas tanpa memerlukan investasi yang signifikan. Dari penyaring hingga pembersih, dan dari pengemudi taksi hingga mereka yang bekerja di gerai ritel bandara, semuanya memiliki kontribusi penting untuk meningkatkan keamanan penerbangan.

Rezim keamanan yang kuat dan efisien harus proaktif dan didukung oleh orang-orang yang kompeten. Selain itu, budaya keamanan hanya dapat berhasil jika orang bertanggung jawab dan termotivasi untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, mematuhi peraturan yang ditentukan dan mengambil inisiatif ketika keadaan yang tidak terduga muncul. Sistem Manajemen Keamanan (Security Management System/ SeMS ) yang efektif dapat menawarkan satu cara untuk mencapai hal ini dengan menyediakan pendekatan yang terorganisir dan sistematis untuk mengelola keamanan yang menanamkan manajemen keamanan dan kepemilikan risiko ke dalam aktivitas sehari-hari organisasi dan orang-orangnya.

Semua pemangku kepentingan harus didorong untuk memastikan kapasitas dan kapabilitas dibangun di seluruh sistem dengan berinvestasi dalam sumber daya manusia untuk tenaga kerja yang termotivasi dan kompeten. Ini akan membantu mencapai budaya keamanan di mana setiap orang mengetahui peran dan tanggung jawab mereka dalam rezim keamanan. Tindakan tersebut dapat mencakup tindakan yang disorot dalam Perangkat Budaya Keamanan ¸ yang mencakup, namun tidak terbatas pada, pelatihan awal dan berulang tentang budaya keamanan dan kegiatan pembelajaran berkelanjutan; promosi budaya keamanan oleh kepemimpinan senior, rencana komunikasi yang ditargetkan, dan kampanye kesadaran keamanan yang berkelanjutan; dan pembentukan sistem pelaporan yang menjamin kerahasiaan pelapor.

Ditekankan bahwa transformasi dalam perilaku dan kesadaran budaya keamanan dapat menjadi tantangan untuk disampaikan dan ditanamkan di seluruh organisasi dari atas ke bawah. Untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya, semua pemangku kepentingan dan entitas harus melakukan pendekatan multi-lembaga sehingga dukungan budaya keamanan tidak hanya terfokus pada keamanan penerbangan tetapi keamanan secara keseluruhan . Organisasi dan industri perlu didorong untuk segera mengambil langkah-langkah praktis untuk mulai menyampaikan kampanye perubahan perilaku profil tinggi dan tindakan praktis lainnya untuk mempromosikan budaya keamanan yang kuat dan berkelanjutan di dalam organisasi mereka.

Budaya keamanan penerbangan dapat dicapai dengan baik di seluruh fasilitas penerbangan melalui Pelatihan keamanan penerbangan  dan Pengawasan Kontrol Kualitas reguler selain kesadaran keamanan umum kepada semua pemangku kepentingan dan pengguna fasilitas bandara.

Setiap upaya untuk memperkuat keamanan penerbangan , baik melalui pengembangan kebijakan dan prosedur praktis, teknologi maju, dan penerapan langkah-langkah yang efektif, bergantung pada faktor manusia. Untuk mengembangkan kebijakan keamanan penerbangan  yang baik dan tindakan praktis, personel yang diberi tanggung jawab ini perlu memiliki tingkat pengetahuan keamanan penerbangan  yang baik dan apresiasi terhadap tantangan keamanan penerbangan, untuk mengembangkan pendekatan dan solusi yang efektif.

ICAO dengan jelas mengakui pentingnya pelatihan keamanan penerbangan . Di bawah Konvensi Penerbangan Sipil Internasional, ada beberapa ICAO Standard and Recommended Practices (SARP) yang menekankan pentingnya pelatihan keamanan penerbangan. Rencana Keamanan Penerbangan Global (Global aviation security Program/ GASeP) dari ICAO yang diumumkan pada November 2017 juga menekankan pada pelatihan keamanan penerbangan. Di bawah hasil prioritas GASeP untuk mengembangkan budaya keamanan dan kemampuan manusia, ini menekankan bahwa “Keberadaan tenaga kerja yang terlatih, termotivasi dan profesional merupakan prasyarat penting untuk keamanan penerbangan yang efektif”. GASeP juga memiliki setidaknya lima tindakan prioritas dan 10 tugas prioritas untuk meningkatkan pelatihan keamanan penerbangan .

Dengan sinergi yang lebih besar yang dibutuhkan antara regulator dan industri, program pelatihan keamanan penerbangan  untuk membantu regulator, industri, dan operator memahami tantangan bersama dan mengembangkan pendekatan kolektif untuk menghadapi tantangan keamanan penerbangan  yang baru dan muncul juga diperlukan. Kolaborasi lebih lanjut dalam pelatihan keamanan penerbangan  antara regulator, industri, operator, dan ICAO sangat dianjurkan. Ini dapat mencakup seminar bersama, kursus, dan konferensi, di mana berbagi praktik terbaik dan kebutuhan dan inisiatif pelatihan keamanan penerbangan  baru, termasuk menangani tantangan yang berkembang seperti ancaman keamanan dunia maya, keamanan darat, dan menangani ancaman orang dalam, akan berguna dan membantu menghasilkan lintas regulator – apresiasi dan pembelajaran industri.

Area kritis lain dari pelatihan keamanan penerbangan  difokuskan pada penyediaan personel manajemen puncak dari regulator dan industri dengan apresiasi strategis terhadap tantangan dan kebutuhan keamanan penerbangan. ini akan berguna untuk membantu personel manajemen puncak untuk memahami dan menghargai pentingnya keamanan penerbangan  dan bagaimana kebutuhan dan persyaratan keamanan penerbangan  dapat difasilitasi dengan lebih baik dalam ekosistem penerbangan sipil. Ini juga akan membantu personel manajemen puncak untuk lebih memahami dan membentuk kolaborasi antar-lembaga dan lintas-organisasi yang lebih kuat antara Pemerintah, industri, dan operator, tentang risiko keamanan penerbangan , peraturan, dan penerapan langkah-langkah yang efektif.

Komponen mendasar dari sistem keamanan penerbangan adalah penerapan langkah-langkah kontrol kualitas yang efektif. Dalam konteks keamanan penerbangan, tindakan kendali mutu dapat didefinisikan sebagai teknik dan kegiatan pengawasan yang digunakan untuk menilai sistem keamanan penerbangan negara yang bersangkutan dan, jika diperlukan, untuk mengatasi kekurangan yang teridentifikasi. Untuk menerapkan langkah-langkah pengendalian kualitas, Otoritas Keamanan Penerbangan Sipil yang Tepat dari setiap Negara anggota harus mengembangkan, menerapkan, dan memelihara Program Kontrol Kualitas Keamanan Penerbangan Sipil Nasional (National Civil Aviation Security Quality Control Program/ NCASQCP).

ICAO Annex 17 SECURITY adalah sumber utama Standar dan Praktik yang Direkomendasikan (SARP) untuk pembentukan dan pengelolaan sistem Penerbangan Sipil Nasional suatu Negara, dengan menangani langkah-langkah keamanan preventif dan responsif. Tantangan mendasar untuk pembentukan dan pengelolaan sistem keamanan penerbangan sipil tersebut adalah untuk menciptakan rezim keamanan penerbangan yang sangat efektif dalam mencegah tindakan gangguan yang melanggar hukum dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan khusus tetapi tidak terlalu mengganggu efisiensi penerbangan sipil, membebankan biaya berlebihan atau mengganggu hak pribadi atau kebebasan sipil secara tidak perlu. Pengawasan kontrol kualitas bertanggung jawab untuk:

  • Menentukan Kepatuhan dan memvalidasi keefektifan peraturan dan regulasi Negara yang berkaitan dengan operasi keamanan penerbangan termasuk Program Keamanan Penerbangan Sipil Nasional (National Civil Aviation Security Program/ NCASP).
  • Identifikasi semua aspek langkah-langkah keamanan yang mungkin memerlukan perubahan dalam peraturan keamanan penerbangan/NCASP atau cara penerapannya.
  • Memverifikasi implementasi langkah-langkah keamanan yang efektif.
  • Memantau implementasi langkah-langkah keamanan penerbangan oleh bandara, operator pesawat (operator pesawat nasional dan asing), Regulated Agents, Cargo Handler, consigner yang dikenal, perusahaan katering, dan entitas lain yang menjalankan fungsi keamanan, sesuai dengan peraturan dan program keamanan penerbangan sipil nasional ( NCASP).
  • Menentukan kecukupan efektivitas Program dan regulasi Keamanan Penerbangan Sipil Nasional.
  • Memastikan semua orang yang diberi tugas atau tanggung jawab keamanan penerbangan tunduk pada pemeriksaan latar belakang, prosedur seleksi dan dilatih dan diinstruksikan/disertifikasi untuk melaksanakan tugas tersebut.
  • Meninjau dan mengevaluasi kembali langkah-langkah dan kontrol keamanan segera setelah tindakan atau latihan simulasi gangguan yang melanggar hukum.
  • Pengumpulan informasi tentang keamanan penerbangan dari sumber di luar sistem kontrol kualitas, seperti laporan sukarela dari penumpang, awak pesawat, dan staf yang dipekerjakan oleh operator bandara dan pesawat.

Untuk mencapai tujuan utama yaitu perlindungan dan keselamatan penumpang, awak pesawat, personel darat, masyarakat umum, pesawat udara dan fasilitas bandara yang melayani penerbangan terhadap tindakan gangguan yang melanggar hukum yang dilakukan di darat atau dalam penerbangan, berbagai kombinasi tindakan dan pengaturan berbagai sumber daya manusia dan material dilaksanakan pada tingkat yang sesuai melalui berbagai program. Implementasi standar dari program keamanan penerbangan  ini harus dipastikan.

Otoritas yang berwenang harus memastikan bahwa:

  • Orang-orang yang menerapkan kontrol keamanan memiliki semua kompetensi yang diperlukan untuk melakukan tugasnya dan dilatih dengan tepat sesuai dengan persyaratan Program Keamanan Penerbangan Sipil Nasional dan catatan yang sesuai dipelihara hingga saat ini. Standar kinerja yang relevan perlu ditetapkan dan penilaian awal dan berkala perlu diperkenalkan untuk mempertahankan standar tersebut.
  • Personel yang melaksanakan audit keamanan, pengujian, survei, dan inspeksi dilatih dengan standar yang sesuai untuk tugas-tugas ini sesuai dengan Program Keamanan Penerbangan Sipil Nasional.
  • Orang yang menerapkan kontrol keamanan tunduk pada pemeriksaan latar belakang dan prosedur pemilihan.

Tantangan keamanan penerbangan

Kelompok teroris secara aktif mencari cara untuk mengalahkan atau menghindari keamanan penerbangan. Semua negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi keamanan warga negara dan warga negara dari semua negara terhadap serangan teroris terhadap layanan udara yang beroperasi di dalam wilayah mereka.

Industri penerbangan global sangat diandalkan oleh banyak orang dan permintaan akan perjalanan udara akan terus meningkat. Bahkan, para ahli memperkirakan akan berlipat ganda selama beberapa tahun ke depan. Itu sebabnya keamanan telah dan akan selalu menjadi prioritas utama bagi mereka yang berada di dunia penerbangan. Jadi jenis tantangan terkait keamanan yang dihadapi industri saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Ancaman Orang Dalam (Insider Threats)

Ancaman orang dalam didefinisikan sebagai ancaman bahwa karyawan atau kontraktor akan menggunakan akses resminya, secara sadar atau tidak, untuk membahayakan keamanan penerbangan sipil di seluruh dunia. Ancaman orang dalam telah lama ada di industri penerbangan. Para pemimpin penerbangan perlu mengambil pendekatan holistik dengan membuat program ancaman orang dalam di seluruh industri penerbangan. Semakin banyak kasus ancaman orang dalam dan kebocoran data profil tinggi menggambarkan perlunya program ancaman orang dalam yang kuat di dalam organisasi. Jumlah serangan yang terkenal dan merusak terhadap pemerintah menggambarkan bahwa ancaman yang ditimbulkan oleh orang dalam yang dipercaya sangat signifikan.

Ancaman ini akan terus tumbuh karena peningkatan berbagi informasi menghasilkan akses dan distribusi informasi sensitif yang lebih besar. Upaya untuk mengembangkan metode baru untuk mendeteksi ancaman orang dalam melalui perekaman kecenderungan perilaku dan bagaimana perilaku individu menyimpang dari perilaku sebelumnya dan/atau perilaku rekan-rekan organisasi mereka. Pendekatan saat ini mengandalkan aturan/tanda tangan dan mencari pola yang cocok dengan serangan sebelumnya. Menganalisis rekam perilaku dengan agen atau Lembaga verifikator terpercaya akan memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang perilaku subyek tertentu untuk indikator dan mengidentifikasi potensi ancaman secara proaktif.

  1. Ancaman dunia maya

Ancaman dunia maya menjadi perhatian utama bagi semua perusahaan dan organisasi di seluruh dunia, atau setidaknya seharusnya begitu. Kehilangan kendali atas aset yang paling berharga – data – dapat menimbulkan konsekuensi yang berpotensi menghancurkan – itulah sebabnya serangan dunia maya menjadi semakin umum. Beberapa insiden ancaman dunia maya utama baru-baru ini telah ditelusuri kembali ke lembaga nasional. Bergantung pada jenis serangannya, ancaman tersebut dapat didefinisikan sebagai serangan dunia maya atau terorisme dunia maya.

Cybersecurity merupakan perlindungan privasi, integritas, dan aksesibilitas perangkat, jaringan, sistem, dan informasi data. Keamanan dunia maya adalah tentang melindungi layanan data dari potensi ancaman dunia maya dan dapat pulih jika terjadi serangan. Membangun sistem keamanan siber yang solid itu sulit – dan melindungi operasi Penerbangan dari semua ancaman eksternal adalah hal yang mustahil.

Agar berhasil, perlu memiliki rutinitas yang baik tentang cara menangani ancaman dan pelanggaran, menumbuhkan budaya keamanan, menguji aplikasi kami, dan melakukan latihan untuk meningkatkan pengetahuan tentang potensi ancaman dan risiko keamanan.

Penerbangan sipil sangat bergantung pada teknologi yang mendukung dunia maya yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi transportasi udara. Namun, interkonektivitas sistem dan ketergantungan pada teknologi menciptakan tempat yang optimal untuk munculnya risiko baru.

  • Pemeriksaan Keamanan

Tantangan lain yang sedang berlangsung adalah pemeriksaan keamanan. Ini mungkin termasuk pos pemeriksaan untuk staf dan pekerja kontrak di bandara. Sebagian besar pelancong mengetahui pemeriksaan pos pemeriksaan penumpang dan pemeriksaan bagasi kabin karena mereka mengalaminya secara langsung di bandara. Ini juga mencakup pemeriksaan bagasi serta pemeriksaan kargo udara untuk pengiriman pada pesawat penumpang dan kargo. Masing-masing pos pemeriksaan ini unik dengan volume orang dan barang yang mengalir, metodologi penyaringan yang digunakan, prosedur standar yang harus diikuti, dan jenis ancaman atau barang terlarang yang harus dicari.

  • Operasi

Operasi sehari-hari merupakan tantangan lain bagi industri penerbangan. Setiap organisasi tidak hanya harus mengkhawatirkan efektivitas dan efisiensi kinerja mereka sendiri, tetapi mereka juga harus memperhatikan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah. Agar operasi berhasil, kerja sama antara maskapai penerbangan, operator bandara, regulator, dan produsen peralatan harus dikelola dengan baik.

Way forward

Dengan begitu banyak area untuk dikelola dan dikontrol secara proaktif, bagaimana tim keamanan dapat mengelola semuanya? Volume besar dari apa yang terjadi di bandara membutuhkan seperangkat alat pengawasan yang kuat dan pengawasan yang kuat yang dirancang untuk melihat semuanya dalam sekejap dengan peringatan yang relevan terpasang di tempat yang tepat. Itu juga harus melacak dan melaporkan untuk memastikan kepatuhan pada setiap langkah shift.

Beberapa rekomendasi untuk mempertahankan standar keamanan dan mengurangi tantangan dapat dicapai dengan:

  1. Membuat pandangan komprehensif tentang status keamanan bandara dan potensi risiko:

Ini paling baik dicapai dengan memindahkan petugas keamanan bandara ke lingkungan manajemen tenaga kerja yang sepenuhnya terdigitalisasi. Dengan solusi berbasis cloud yang memberikan data real-time, manajer dan supervisor dapat melihat seluruh status keamanan bandara mereka di satu layar, memungkinkan mereka mengidentifikasi potensi keamanan atau konflik pelanggan sebelum menjadi masalah serius. Tim keamanan berubah dari reaktif menjadi proaktif.

  1. Mengantisipasi penyesuaian dalam persyaratan kepegawaian:

Supervisor juga dapat secara proaktif mengelola perubahan arus atau kebutuhan penumpang secara tiba-tiba. Penantian yang lama untuk mendapatkan personel tambahan yang tepat dapat dipangkas saat supervisor dapat melihat, secara sekilas , siapa yang bekerja dan tersedia untuk membantu liputan. Dengan pendekatan ini, pelncong yang membutuhkan bantuan ekstra atau pemeriksaan yang ditingkatkan dapat dipastikan bahwa personel siap untuk melakukan pekerjaan itu.

  1. Meningkatkan operasi pemantauan dan pelaporan lapangan:

Pengawas keamanan membutuhkan lebih dari jaminan bahwa petugas keamanan mereka berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Dari penyaringan penumpang hingga pemeriksaan bagasi hingga pemanfaatan teknik de-eskalasi, supervisor membutuhkan kemampuan tak terbatas untuk menginspeksi petugas di lapangan guna memastikan mereka melakukan tugas sesuai aturan. Melaporkan temuan dan meninjaunya secara teratur harus menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas operasi keamanan Anda secara keseluruhan.

  1. Menemukan dan mengirim petugas secara real-time:

Bandara mencakup area permukaan yang luas dan petugas keamanan kemungkinan akan berpatroli dan melakukan tugas di berbagai lokasi. Supervisor dapat mengurangi risiko dan margin kesalahan dengan memiliki kemampuan untuk menemukan petugas mereka secara real-time melalui teknologi GPS sehingga mereka dapat langsung melihat di mana petugas mereka setiap saat dan memastikan mereka berada di stasiun mereka untuk menjalankan tugas mereka. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk segera mengirimkan petugas terdekat, berdasarkan kedekatan, untuk menyelidiki alarm, mendukung petugas lain, atau menanggapi anggota masyarakat. Kemampuan geolokasi memitigasi risiko dengan meningkatkan akuntabilitas petugas dan penyampaian layanan keamanan yang efisien.

  1. Inovasi system keamanan penerbangan cerdas

Upaya harus diarahkan untuk membuat sistem keamanan penerbangan lebih cerdas dan lebih fleksibel, tidak harus mencakup, atau ekstensif. Intelijen tentang ancaman dan musuh dapat menjadi dasar untuk mengonfigurasi sistem yang fleksibel untuk menghadapi ancaman tersebut dan untuk memfokuskan langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan terutama pada individu yang berisiko tinggi. Untuk tujuan ini, saluran informasi dan koordinasi harus dibentuk antara sistem keamanan bandara dan kegiatan pengumpulan dan analisis intelijen dari lembaga penegak hukum nasional dan lokal.

Sumber intelijen lainnya semacam konsep Computer-Assisted Passenger Pre-screening System. Saat tiket dibeli, sistem dapat menilai risiko penumpang berdasarkan karakteristiknya, termasuk alamat, riwayat kredit, tujuan, teman perjalanan, jenis pembayaran, dan jenis perjalanan. Teknologi khusus, seperti penggeledahan jalur elektronik, yang terlalu memakan waktu untuk digunakan pada semua penumpang dapat digunakan untuk menyaring mereka yang teridentifikasi berisiko tinggi. Prosedur lain yang tidak melibatkan teknologi, seperti interogasi dan penilaian pribadi, juga dapat dilakukan dengan beberapa penumpang yang diidentifikasi berisiko tinggi.

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.