Selasa, Juli 23, 2024

Mengintip Arah Laju Digitalisasi dan Inovasi Industri Penerbangan 4.0

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).

Digitalisasi adalah katalis untuk perubahan. Bagi industri penerbangan, transformasi digital membawa manfaat produktivitas, ketahanan, dan keberlanjutan yang masif dari era Industri 4.0. Bagi pemerintah, menghadirkan perangkat baik hardware, software maupun brainware yang diperlukan untuk mengembangkan ekonomi di era digital dan menciptakan komunitas penerbangan yang lebih selamat, aman, inklusif dan hijau.

Dengan menjadikan konektivitas berkinerja tinggi, lebih mudah diakses dan tersedia di mana-mana, jaringan perlu dibuka dengan aman untuk inovasi dan kolaborasi guna mendorong transformasi digital pemerintah, masyarakat, dan bisnis di setiap industri.

Industri 4.0, juga dikenal sebagai revolusi industri keempat, memungkinkan perusahaan, pemerintah, dan lembaga sektor publik untuk menggunakan teknologi digital yang inovatif, otomasi cerdas, dan analitik canggih untuk mengubah proses operasi mereka. Perpaduan teknologi ini menciptakan konvergensi dunia fisik dan digital, memungkinkan era peningkatan industri besar-besaran dan dampak positif bagi masyarakat.

Perjalanan menuju Industri 4.0 didukung oleh konektivitas di mana-mana, komputasi awan, dan data yang kaya. Ini membutuhkan jaringan berkinerja tinggi yang dapat diintegrasikan dengan lingkungan lama untuk mendukung proses penting dengan keamanan yang kuat, ketersediaan 24/7, kecepatan tinggi, dan respons yang sangat cepat. Jaringan ini harus menghubungkan semua mesin, orang, dan proses serta menawarkan wawasan data mendalam yang dapat memungkinkan operasi yang gesit dan proaktif.

Perusahaan di industri penerbangan yang berpikiran maju sedang membangun fondasi untuk Industri 4.0 dengan solusi jaringan berkinerja tinggi yang telah terbukti yang menyediakan konektivitas di mana-mana untuk kasus penggunaan otomasi dan digitalisasi yang disempurnakan. Dapat dilihat dari bagaimana industri telah memanfaatkan potensi eksponensial jaringan untuk mewujudkan visi transformasi digital mereka.

Industri  penerbangan 4.0 membantu pemerintah menggunakan teknologi era digital untuk menghubungkan area yang kurang terlayani dan menutup kesenjangan digital. Ketika setiap warga negara terhubung dan layanan dibuat lebih mudah diakses, ekonomi berkembang dan masyarakat dapat lebih berkelanjutan dan inklusif.

Untuk lembaga sektor publik yang berfokus pada isu konektifitas, keselamatan  dan keamanan publik, transformasi digital adalah tentang menjaga keselamatan pekerja garis depan dan masyarakat. Ini menyediakan perangkat yang mereka butuhkan untuk merespons lebih cepat dan lebih aman serta membuat keputusan yang lebih terinformasi dan cepat pada saat yang paling penting.

Perusahaan di setiap industri ingin menggunakan operasi yang digerakkan secara digital untuk meningkatkan produktivitas, ketangkasan, dan ketahanan operasional mereka. Jaringan yang dinamis dan cerdas akan memainkan peran sentral dalam membantu perusahaan mencapai ambisi tersebut.

Dengan jaringan yang merasakan, berpikir, dan bertindak, mampu mentransformasikan bisnis dari ujung ke ujung sehingga dapat pulih dengan cepat dan mempertahankan hasil saat terjadi peristiwa yang tidak terduga atau tidak terkendali. Dapat juga diharapkan untuk memastikan bahwa bismis siap beradaptasi dan merespons secara efektif setiap kali peluang pasar baru muncul.

Keberlanjutan telah menjadi keharusan lingkungan dan keuangan bagi perusahaan. Ini bukan hanya tentang menghindari denda mahal dari regulator. Perusahaan yang memenuhi target keberlanjutan dapat membuka kunci pertumbuhan dengan mendukung model bisnis baru. Mereka juga lebih menarik bagi pelanggan yang menginginkan pemasok yang dapat membantu mereka memenuhi komitmen keberlanjutan mereka sendiri.

Digitalisasi memberikan jalan menuju keberlanjutan dengan alat-alat seperti konektivitas luas, cloud, analitik lanjutan, dan otomasi industri. Didorong oleh tujuan Industri 4.0 untuk efisiensi, produktivitas, dan ketangkasan, digitalisasi menghadirkan cara baru untuk menghubungkan orang dan tempat kerja, mempercepat peralihan ke praktik bisnis yang lebih berkelanjutan, dan mengukur dampak lingkungan dengan kecerdasan yang lebih besar yang dibangun di seluruh operasi. Tidak ada hijau tanpa digital.

Konektivitas bandwidth tinggi, aman, dan andal memberikan landasan penting untuk transformasi digital perusahaan, pemerintah, dan lembaga sektor publik.

Baik visi Industri 4.0 Anda memerlukan jaringan yang dibangun di atas 4.9G/LTE atau 5G, IP/MPLS mission-critical, akses serat optik, gelombang mikro atau transportasi optik, Anda memerlukan solusi end-to-end yang membuat konektivitas berperforma tinggi lebih dapat digunakan untuk pekerja, sensor, mesin, dan proses bisnis.

Industri digital dan masyarakat inklusif yang berkembang tidak dibangun dalam silo. Ketika ekosistem yang luas dari mitra berpengalaman bekerja sama untuk merencanakan dan membangun solusi teknologi luar biasa untuk kebutuhan unik Anda, nilai dan hasil yang hebat pasti akan mengikuti.

Untuk menjadi pemimpin inovasi teknologi B2B yang diakui untuk Industri 4.0, perlu dikembangkan semangat kerjasama dan rkolaborasi dengan:

  • Mitra ekosistem industri yang dapat memberikan solusi Industri 4.0 mutakhir dan pengalaman praktis dalam implementasi 5G
  • Penyedia layanan yang dapat membantu menjalin koneksi dengan menawarkan keahlian jaringan yang mendalam dan menjembatani perbedaan spektrum
  • Integrator sistem cloudyang dapat merampingkan arsitektur dan penyebaran dalam lingkungan yang ada

Inovasi di berbagai bidang seperti otomasi industri, kecerdasan buatan, augmented reality (AR), 5G, 6G, dan metaverse industri akan membentuk masa depan industri dan sektor publik. Membuka jaringan untuk inovasi dan kolaborasi adalah kunci untuk membuka gelombang nilai berikutnya dalam aplikasi, model bisnis, dan kasus penggunaan baru.

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.