Selasa, Juli 23, 2024

Menengok Potensi Karir Industri Penerbangan

Maradoni
Maradoni
Generasi Milenial Penerbangan. Inspektur Penerbangan dan Alumni Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Karir biasanya berarti menekuni suatu profesi selama jangka waktu tertentu dalam hidup seseorang. Tetapi tanpa kesempatan untuk maju selama kehidupan profesionalnya, kita tidak dapat menyebutnya sebagai karir yang baik. Ada banyak pekerjaan yang bergaji tinggi, tetapi pertumbuhan kariernya kurang. Pada saat yang sama, ada juga pekerjaan yang memberi Anda pertumbuhan karier. Penerbangan adalah salah satu karir di mana Anda dapat mengharapkan pertumbuhan karir.

Peluang kerja industri penerbangan masa depan

Penumpang pada industri penerbangan cenderung meningkat drastis pada tahun-tahun ini maupun di masa mendatang. Perjalanan udara yang dulunya hanya terjangkau oleh orang kaya kini dapat diakses oleh rakyat biasa.

Persaingan antara maskapai penerbangan dan arus lalu lintas telah membuat perjalanan udara lebih murah daripada sebelumnya. Ini berarti bahwa pariwisata akan berkembang pesat tidak seperti sebelumnya dan negara-negara yang dapat menawarkan layanan terbaik kepada wisatawan akan mendapat keuntungan secara ekonomi.

Bisnis baru akan berkembang dan investor tidak akan ragu untuk berinvestasi pada proyek di luar negeri. Tidak hanya itu, perdagangan antar negara dan perusahaan multinasional juga semakin meningkat sehingga semakin banyak beroperasi penerbangan kargo. Artinya, lebih banyak kesempatan kerja di industri penerbangan.

Skenario saat ini

Berangkat dari pemikiran kekinian itu, karir di industri penerbangan pasti bagus. Saat ini kita baru saja melewati pandemi di seluruh dunia dan industri penerbangan telah menjadi salah satu industri yang paling terpukul.

Bandara yang dulunya sibuk kemudian menjadi kosong dan dunia berada dalam mode hibernasi dengan perjalanan yang relatif sangat sedikit akhir-akhir ini. Namun, bahkan sekarang kita dapat mengamati beberapa perubahan yang terjadi.

Mari kita lihat perkembangan di negeri kita, Indonesia, sebagai contoh. Kita telah memulai dengan protokol yang sangat serius, dan hasilnya menunjukkan indikasi yang baik tentang bagaimana semuanya kembali normal. Hanya masalah waktu sebelum industri penerbangan kembali seperti semula, selalu berkembang dan tak tergantikan.

Pendidikan dan pelatihan di industri penerbangan

Kursus penerbangan banyak dan tidak begitu sulit untuk dipilih. Karier yang sukses di industri penerbangan dapat dipastikan jika Anda memiliki keterampilan komunikasi yang baik, sikap yang benar, dan hasrat untuk sukses. Dari staf darat hingga awak kabin, sejumlah peluang kerja menunggu Anda untuk mempertahankan karier yang hebat di industri penerbangan.

Bukan hanya gaji yang menarik anak-anak muda untuk terjun ke industri penerbangan, namun tunjangan maupun sumber penghasilan lain, dan reputasi yang baik juga membuat orang untuk mencoba pekerjaan di industri ini. Namun, seseorang harus cukup pintar untuk memilih program studi yang tepat sesuai dengan kualifikasi akademik dan bidang minatnya. Karier yang luar biasa menanti orang-orang seperti itu.

Jenis-jenis pekerjaan penerbangan pada industry penerbangan yang popular diantaranya adalah :

Agen reservasi

Agen reservasi tidak hanya harus memiliki keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik, tetapi juga sedikit keterampilan menjual. Mereka harus memiliki pengetahuan menyeluruh tentang jadwal penerbangan, ketersediaan kursi, dan pembaruan lainnya terkait perubahan atau pembaruan apa pun yang dapat memengaruhi penumpang.

Agen reservasi harus menjaga profesionalisme yang tinggi dan harus dapat membantu pelanggan dengan berbagai pilihan tentang tanggal, waktu dan tarif tiket. Ini adalah pekerjaan yang sangat bertanggung jawab karena jika diberikan informasi yang salah, waktu dan uang penumpang yang berharga bisa terbuang sia-sia. Tapi ada ruang besar untuk unggul dalam bidang ini jika Anda siap untuk mengambil tanggung jawab tersebut.

Pramugari

Ini adalah pekerjaan impian bagi banyak wanita muda dan ambisius. Ini adalah salah satu pekerjaan yang memiliki reputasi tinggi dan glamor di dunia. Penampilan fisik yang baik, keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal, dan profesionalisme adalah beberapa keterampilan terpenting yang harus dimiliki seorang pramugari. Tanggung jawab mereka termasuk menyambut penumpang saat naik, memberikan instruksi keselamatan dan bahkan membantu penumpang jika terjadi keadaan darurat medis. Ini adalah pekerjaan bergaji tinggi dan memiliki reputasi baik.

Staf darat

Staf darat harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal, dan sikap untuk tetap profesional dalam segala situasi. Merekalah yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang cepat dan benar kepada penumpang dan membantu mereka jika diperlukan untuk mengalokasikan tempat duduk dan mengambil bagasi. Keterampilan layanan pelanggan akan diuji setiap saat saat terlibat dalam pekerjaan ini. Hal ini membuat pekerjaan ini sama menarik dan menantang. Remunerasi yang baik dan tunjangan lain seperti liburan berbayar dan potongan harga tiket pesawat adalah beberapa fasilitas yang menyertai gaji.

Anggota kru

Sangat penting untuk memiliki keterampilan multi-tasking jika Anda bekerja sebagai anggota kru. Anggota kru harus selalu menyenangkan dan memiliki sikap positif. Seperti staf darat, keterampilan layanan pelanggan akan diuji dalam segala situasi. Mereka seringkali harus bertugas pada akhir pekan dan hari libur nasional lainnya. Ini memang pilihan karir yang bagus bagi mereka yang suka terbang. Gaji yang lumayan dan insentif bisa menjadikan pekerjaan ini sangat menarik.

Staf keamanan penerbangan

Seiring bertambahnya penumpang, kebutuhan akan profesional keselamatan dan keamanan juga meningkat. Bahkan di era kecerdasan buatan dan teknologi modern ini, keamanan tidak dapat ditangani hanya dengan teknologi belaka. Profesional yang sangat terlatih diperlukan untuk menjaga keselamatan penumpang. Inilah sebabnya mengapa pekerjaan staf keamanan menjadi sangat diminati. Ini juga, seperti pekerjaan penerbangan lainnya, dapat memberi Anda karier yang sukses.

Penangan kargo

Penanganan kargo dan pengangkutan kargo ke dan dari penerbangan merupakan salah satu bidang utama yang membutuhkan tenaga kerja yang sangat besar. Operator alat berat, pengemudi, dan personel terampil lainnya dapat menjadi permintaan tinggi dalam waktu dekat saat industri penerbangan dibuka kembali. Ada banyak pekerjaan, bahkan dengan kemajuan teknologi, yang membutuhkan perhatian manusia. Penanganan kargo adalah salah satu pekerjaan tersebut dan dapat memberikan karir yang baik bagi orang-orang yang ingin bekerja di industri penerbangan.

Penutup

Akhirnya, jika Anda seorang calon pelaku industri penerbangan, jangan ragu untuk mencari pekerjaan di industri ini. Jika Anda merasa sulit untuk mencari pekerjaan di industri penerbangan, cari tahu tentang Pendidikan dan Pelatihan penerbangan yang dapat Anda ikuti yang akan memberi Anda pekerjaan di industri ini. Yang jelas dan pasti, “The sky is very fast but no room for error”.

Maradoni
Maradoni
Generasi Milenial Penerbangan. Inspektur Penerbangan dan Alumni Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.