Kebisingan pesawat adalah penyebab paling signifikan dari reaksi masyarakat yang merugikan terkait dengan pengoperasian dan perluasan bandara. Hal ini diperkirakan akan tetap terjadi di sebagian besar wilayah dunia di masa mendatang. Oleh karena itu, membatasi atau mengurangi jumlah orang yang terkena dampak kebisingan pesawat terbang yang signifikan merupakan salah satu prioritas utama ICAO dan salah satu tujuan lingkungan utama Organisasi Penerbangan Sipil Dunia.
Kebijakan ICAO menyeluruh utama pada kebisingan pesawat adalah Pendekatan Seimbang untuk Manajemen Kebisingan Pesawat, diadopsi oleh Majelis ICAO dalam Sesi ke-33 (2001) dan ditegaskan kembali di semua Sidang Majelis berikutnya (referensi: Resolusi ICAO A39-1 Appendix C ). Panduan terperinci tentang penerapan Balanced Approach disediakan di ICAO Doc 9829, Guidance on the Balanced Approach to Aircraft Noise Management.
Pendekatan Berimbang terdiri dari mengidentifikasi masalah kebisingan di bandara tertentu dan menganalisis berbagai tindakan yang tersedia untuk mengurangi kebisingan melalui eksplorasi berbagai tindakan yang dapat diklasifikasikan ke dalam empat elemen utama, yang dijelaskan pada Gambar 1. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah kebisingan di bandara dan untuk mengidentifikasi langkah-langkah terkait kebisingan yang mencapai manfaat lingkungan maksimum dengan biaya paling efektif dengan menggunakan kriteria yang objektif dan terukur.
Rincian lebih lanjut tentang elemen-elemen ini dijelaskan berikut :
Pilar penting dari Balanced Approach to Aircraft Noise Management adalah pengurangan kebisingan pada sumbernya. Kebisingan pesawat (” noise at source “) telah dikendalikan sejak tahun 1970-an dengan penetapan batas kebisingan untuk pesawat terbang dalam bentuk Standards and Recommended Practices (SARPs) yang terdapat dalam Annex 16 Convention on International Civil Aviation (” Konvensi Chicago ” ). Ini terus menjadi kasus hari ini. Ketentuan kebisingan muncul di Volume I Annex 16. Tujuan utama sertifikasi kebisingan adalah untuk memastikan bahwa teknologi pengurangan kebisingan terbaru yang tersedia dimasukkan ke dalam desain pesawat dan bahwa ini ditunjukkan oleh prosedur yang relevan dengan operasi sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengurangan kebisingan yang ditawarkan oleh teknologi tercermin dalam pengurangan di sekitar bandara.
Perencanaan dan pengelolaan tata guna lahan merupakan cara yang efektif untuk memastikan bahwa aktivitas bandara terdekat sesuai dengan penerbangan. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalkan populasi yang terkena dampak kebisingan pesawat dengan memperkenalkan zonasi penggunaan lahan di sekitar bandara.
Perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan yang sesuai juga merupakan instrumen penting dalam memastikan bahwa keuntungan yang dicapai dengan pengurangan kebisingan pesawat generasi terbaru tidak diimbangi dengan pengembangan perumahan lebih lanjut di sekitar bandara.
Kebijakan utama ICAO tentang perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan tertuang dalam Resolusi Majelis A39-1, Lampiran F , yang mendesak Negara-negara, di mana masih ada peluang untuk meminimalkan masalah kebisingan pesawat melalui tindakan pencegahan, untuk:
- menemukan bandara baru di tempat yang tepat, seperti jauh dari daerah yang peka terhadap kebisingan;
- mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga perencanaan penggunaan lahan diperhitungkan sepenuhnya pada tahap awal bandara baru atau pengembangan bandara yang ada;
- menentukan zona di sekitar bandara yang terkait dengan tingkat kebisingan yang berbeda dengan mempertimbangkan tingkat populasi dan pertumbuhan serta prakiraan pertumbuhan lalu lintas dan menetapkan kriteria untuk penggunaan yang tepat dari lahan tersebut, dengan mempertimbangkan pedoman ICAO;
- memberlakukan undang-undang atau perangkat pengaturan hukum, menetapkan pedoman atau cara lain yang sesuai untuk mencapai kepatuhan terhadap kriteria penggunaan lahan tersebut; dan
- memastikan bahwa informasi yang mudah dibaca tentang operasi pesawat terbang dan dampak lingkungannya tersedia bagi masyarakat di dekat bandara;
Panduan ICAO mengenai hal ini terdapat dalam Annex 16, Volume I, Bagian IV dan dalam ICAO Doc 9184, ICAO Doc 9184, Airport Planning Manual, Part 2 — Land Use and Environmental Control. Manual ini memberikan panduan tentang penggunaan berbagai alat untuk meminimalkan, mengontrol atau mencegah dampak kebisingan pesawat di sekitar bandara dan menjelaskan praktik yang diadopsi untuk perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan oleh beberapa Negara.
Selain itu, dengan tujuan untuk mempromosikan metode penilaian kebisingan yang seragam di sekitar bandara, ICAO merekomendasikan penggunaan metodologi yang terkandung dalam ICAO Doc 9911 – Recommended Method for Computing Noise Contours around Airports .
Cara pesawat dioperasikan dalam operasi sehari-hari juga dapat menimbulkan dampak dalam hal kebisingan yang mencapai tanah. ICAO membantu pengembangan dan standarisasi prosedur operasional kebisingan rendah yang aman dan hemat biaya. Kemungkinannya termasuk landasan pacu dan rute preferensial kebisingan dan prosedur pengurangan kebisingan untuk lepas landas dan mendarat. Kelayakan dari salah satu tindakan ini tergantung pada tata letak fisik bandara dan sekitarnya, tetapi dalam semua kasus prosedur harus mengutamakan pertimbangan keselamatan.
Rekomendasi ICAO tentang prosedur operasional tertuang dalam beberapa dokumen:
- Doc 8168 (Procedures for Air Navigation Services — Aircraft Operations (PANS-OPS)) Bagian I – memberikan panduan tentang landasan pacu dan rute preferensial kebisingan, ambang batas yang dipindahkan, prosedur operasi pendekatan dan pendaratan, dan Prosedur Keberangkatan Pengurangan Kebisingan (Noise Abatement Departure Procedures/NADPs).
- Doc 8168 (Procedures for Air Navigation Services— Aircraft Operations (PANS-OPS)) Bagian II – mencakup pertimbangan aspek kebisingan pada perencanaan dan definisi rute keberangkatan, termasuk kompromi yang terlibat dalam pemusatan atau penyebaran kebisingan pesawat dengan definisi rute.
- Doc 9931 – Manual Continuous Descent Operations (CDO) dan Doc 9993 – Manual Continuous Climb Operations (CCO) memberikan panduan tentang operasi CDO dan CCO yang dapat memberikan manfaat baik pada aspek kebisingan maupun emisi.
- Doc 9888 – Review of noise abatement research and development and implementation projectsberisi ringkasan dua survei pemangku kepentingan utama penerbangan yang dilakukan pada tahun 2006 dan 2008.
- Doc 10031 Guidance on Environmental Assessment of Proposed Air Traffic Management Operational Changes memberikan panduan penilaian lingkungan untuk mendukung pengambilan keputusan yang baik dan terinformasi ketika menganalisis perubahan operasional manajemen lalu lintas udara yang diusulkan.
Kekhawatiran kebisingan telah menyebabkan beberapa Negara mempertimbangkan untuk melarang pengoperasian pesawat bising tertentu di bandara yang peka terhadap kebisingan. Pada 1980-an, fokusnya adalah pada pesawat Non-Noise Certificated (NNC); pada 1990-an, pindah ke pesawat jenis lainnya; hari ini, ia telah pindah ke pesawat lainnya yang paling berisik. Namun, pembatasan operasi semacam ini dapat memiliki implikasi ekonomi yang signifikan bagi maskapai penerbangan yang bersangkutan maupun pemangku kepentingan terkait lainnya. Pada setiap kesempatan, Majelis ICAO berhasil mencapai kesepakatan – yang tertuang dalam resolusi Majelis – yang merepresentasikan keseimbangan yang cermat antara kepentingan negara berkembang dan negara maju serta memperhatikan kepentingan industri penerbangan, bandara, dan lingkungan.
Selain penghentian bertahap, pembatasan operasional lainnya yang mungkin termasuk jam malam, pembatasan waktu malam, kuota kebisingan, aturan pembatasan, aturan non-penambahan, dan pembatasan terkait dengan sifat penerbangan. Hal Ini dijelaskan secara rinci pada Bab 7 ICAO Doc 9829 – Balanced Approach to Aircraft Noise Management.
Pekerjaan berkelanjutan sedang dilakukan oleh ICAO untuk memastikan mata uang dari dasar teknis yang mendukung Standar ICAO, panduan dan kebijakan yang terkait dengan pengurangan kebisingan pesawat. Pekerjaan ini mencakup, di antara beberapa topik, penelitian teknologi pengurangan kebisingan yang muncul, dampak kebisingan dari konsep pesawat baru (misalnya Kendaraan Udara Tanpa Awak), dan pengembangan SARP untuk pesawat supersonik masa depan. ICAO juga bekerja pada aspek lingkungan dari perencanaan penggunaan lahan bandara, dan praktik yang baik dalam keterlibatan komunitas bandara.
Sebagai bagian dari tren lingkungan global, ICAO telah menilai tren paparan global terhadap kebisingan pesawat yang memberikan dasar untuk diskusi yang baik dan pengambilan keputusan tentang kebijakan kebisingan pesawat. Selain itu, tujuan teknologi kebisingan telah dikembangkan, dengan tujuan memberikan target yang luas namun rasional untuk dituju oleh R&D industri, bekerja sama dengan Negara-negara anggota.