OUR NETWORK
Rabu, Oktober 5, 2022

Tari Pasambahan di Jeddah dalam Indonesian Week Festival 2022

Tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah menuju Jeddah (28/7/2022). Berangkat dari Makkah sekitar pukul 3.00 sore waktu Makkah. Sampai di Jeddah langsung ke lokasi acara Indonesian Week Festival (IWF) 2022.

Acara ini diselenggarakan KJRI Jeddah dan ITPC Jeddah, kegiatan in-store promotion yang dikemas melalui Indonesian Week Festival (IWF) 2022. Bekerja sama dengan para importir produk Indonesia yang ada di Arab Saudi, kegiatan ini akan dilaksanakan sejak 28 Juli hingga 18 Agustus 2022 di Sarawat Superstore, Rawdah District, Jeddah.

Tak lama menunggu, ketika  Tim MCH tiba di Sarawat, Jeddah, acara baru akan dimulai. Ternyata acara dibuka dengan tari dari ranah Minangkabau. Sepertinya Tari Pasambahan. Diketahui, Tari Pasambahan berasal dari Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat. Gerak tari ini bermakna penghormatan terhadap para undangan dan tamu. Dalam sebuah acara atau resepsi pernikahan ala Minangkabau tarian ini sebagai bentuk sambutan atau petanda acara dimulai atau pembukaan suatu acara.

Tari Pasambahan dimulai ketika Konjen RI Eko Hartono memasuki arena Sarawat Superstore. Dalam sambutannya Eko menyampaikan bahwa hubungan Indonesia dan Arab Saudi membuka lebar terhadap peluang ekspor-impor produk makanan, akibat dari ketergantungan Arab Saudi yang cukup tinggi terhadap produk makanan dari luar negeri.

Harga promosi khusus yang diberikan oleh para importir yang berpartisipasi selama IWF 2022 diharapkan dapat menarik minat masyarakat Internasional yang ada di Jeddah. Materi promosi yang mencolok dan menarik yang dipasang di Sarawat Superstore juga ditujukan untuk membangun awareness terhadap produk Indonesia yang sudah masuk ke pasar Arab Saudi.

Tercatat sebanyak 8 importir yang ikut serta dalam IWF 2022 dengan berbagai produk yang dipasarkan antara lain adalah produk makanan dan minuman seperti biskuit, kopi instan, mie, minuman sereal, dan snack lainnya.

Di tengah menurunnya perekonomian dunia pasca pandemi Covid-19, para diplomat Indonesia dituntut untuk bermanuver dengan berbagai cara untuk menjaga kekokohan pilar ekonomi nasional, termasuk dengan menyelenggarakan kegiatan promosi yang berdampak langsung pada peningkatan nilai ekspor.

Saat ini, produk Indonesia sangat banyak tersedia dan mudah ditemukan di Arab Saudi berkat penerimaan yang baik oleh masyarakatnya dan gigihnya para importir dalam mengimpor produk makanan asli Indonesia.

Dengan amunisi ini, KJRI Jeddah dan ITPC Jeddah akan terus bekerja sama dengan para pengusaha dan importir, untuk menjajaki berbagai peluang bisnis baru dan perbaikan strategi promosi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan neraca perdagangan kedua negara dan juga sejalan dengan arahan Presiden RI untuk menggalakkan penggunaan produk Indonesia di mana pun berada.

Kegiatan in-store promotion IWF di Sarawat Superstore ini adalah salah satu rangkaian dari peringatan HUT RI ke-77 yang diselenggarakan KJRI Jeddah dan akan mencapai puncaknya melalui pelaksanaan Resepsi Diplomatik dan Pesta Rakyat sekitar bulan September dan Oktober. IWF dilaksanakan pertama kali pada tahun 2021 dan telah mencatatkan keberhasilan dan penjualan yang sangat tinggi selama 3 minggu pelaksanaannya. (MCH)

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.