Rabu, April 17, 2024

Presiden Jokowi Bicara Tiga Program Pengentasan Kemiskinan

Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas tentang perkembangan implementasi program pengentasan kemiskinan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/7). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/kye/17

Jakarta, 25/7 – Presiden Joko Widodo menyoroti tiga program pengentasan kemiskinan yaitu mengenai stabilitas harga, program subsidi dan dana desa, serta bantuan sosial.

“Saya ingin memberikan catatan beberapa hal, pertama saya minta agar stabilitas harga kebutuhan pokok betul kita jaga bersama. Begitu pula dengan kebijakan yang mendorong kenaikan harga kebutuhan pokok harus betul-betul dikalkulasi matang,” kata Presiden saat membuka rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

Ratas tersebut membahas mengenai program-program pengentasan kemiskinan.

“Bila harga bahan pokok naik, artinya juga garis kemiskinan akan naik dan artinya gaya hidup penduduk miskin akan naik. Ini akan membuat kenaikan pendapatan penduduk miskin baik petani dan buruh bangunan tidak berarti,” tambah Presiden.

Program kedua adalah program-program di kementerian termasuk program di Kementerian Pertanian, Kementerian Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

“Kedua, saya minta agar program-program kementerian terutama pertanian, UMKM, dan penyaluran dana desa betu-betul bisa menjangkau 40 persen penduduk lapisan terbawah artinya program kementerian harus fokus peningkatan pendapatan dan daya beli mayoritas rumah tangga miskin yang bekerja di sektor pertanian maupun informa,” tambah Presiden.

Presiden ingin agar program subsidi yang dialokasikan dari Kementerian Pertanian bisa tepat sasaran serta mampu menaikkan nilai tukar petani.

“Kita telah mengalokasikan dana desa tiga tahun yang lalu Rp20 triliun, tahun lalu Rp47 triliun dan tahun ini Rp60 triliun. Ini juga harus berdampak dalam menyejahterakan masyarakat yang kurang mampu,” ungkap Presiden.

Program ketiga adalah program bantuan sosial.

“Saya minta agar program-program bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia sSehat, Program Keluarga Harapan, kemudian beras sejahtera bisa disalurkan tepat sasaran dan tepat waktu sehingga bisa meringankan beban hidup masyarakat miskin, agar tepat sasaran data harus betul-betul akurat, mutakhir, satu dan terpadu,” ujar Presiden, menegaskan.

Presiden meminta agar para menteri terkait tidak menggunakan data sendiri-sendiri.

“Dan saya ingatkan jangan bekerja linear tanpa perubahan-perubahan dalam sistem penyaluran dan juga perlu saya ingatkan salah satu reformasi bantuan sosial adalah penerapan sistem bantuan pangan non-tunai dengan kartu sehingga bantuan sosial bisa lebih tepat sasaran dan mengurangi kebocoran,” tutur Presiden.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.