Jumat, April 26, 2024

Petugas BPJS SATU! Selalu Siap Untuk Membantu

Ampana – Sebagai upaya meningkatkan kepuasan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan menghadirkan inovasi BPJS SATU! yang merupakan singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu kepada peserta JKN-KIS di rumah sakit. BPJS SATU! melalui petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit selalu berusaha hadir memberikan informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta JKN KIS, salah satunya yang ada di RSUD Ampana baik lewat on site/mobile.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Tojo Una-Una, Sofly Kotambunan mengatakan, tugas utama petugas PIPP bukan hanya sebatas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN-KIS di rumah sakit, melainkan juga wajib memberikan penjelasan kepada petugas rumah sakit terkait pengaduan peserta.

“Petugas PIPP juga harus melakukan monitoring dan evaluasi aplikasi SIPP. Walaupun dengan tugas utamanya yaitu untuk membantu peserta mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit sesuai prosedur. Misalnya membantu peserta JKN-KIS yang lupa membawa rujukan online, poli tujuan tidak sesuai, data peserta yang tidak sesuai, kartu tidak aktif serta menjelaskan denda keterlambatan membayar iuran dan lain-lain,” jelas Sofly.

Sofly juga menambahkan, manfaat keberadaan petugas PIPP di rumah sakit sangat dirasakan peserta dan petugas RS. Bertepatan dengan HUT BPJS Kesehatan ke 53 di tanggal 15 Juli 2021, sebagai bentuk kepedulian bagi peserta JKN yang saat ini sedang dirawat, BPJS SATU! melalui petugas PIPP juga memberikan sovenir berupa handuk berlogo BPJS Kesehatan di ruang perawatan anak RSUD Ampana.

Salah satu pasien yang dikunjungi petugas yaitu bernama Sri Rahayu yang baru saja mendapatkan pelayanan persalinan mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya pelayanan informasi dari BPJS SATU!.

“Dengan adanya inovasi BPJS SATU! dengan petugas BPJS Kesehatan yang dating langsung menyapa kami di ruang perawatan, sangat membantu saya dan keluarga saat memerlukan tambahan informasi terkait pelayanan di rumah sakit seperti sekarang ini, kami sangat puas,” ungkap Sri.

Sebagai informasi tambahan, selain inovasi BPJS SATU!, BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai fasilitas inovasi untuk memudahkan peserta Program JKN-KIS mendapatkan akses layanan kesehatan di era pandemi saat ini. Fasilitas tersebut di antaranya seperti layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) yang bisa diakses melalui media Whatsapp, Telegram ataupun Facebook. Ada juga layanan Voice Interactive JKN (VIKA) yang dapat diakses melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.