Jumat, Maret 29, 2024

Peran Penting Agen Naskah dalam Ekosistem Perbukuan Indonesia

Jakarta, 17 Maret 2022 – Indonesian Writers Inc (IWI) menekankan bahwa agen naskah atau literary agent memiliki peran penting dalam ekosistem perbukuan Indonesia mendatang. Profesi agen naskah ini memang belum banyak dikenal, namun sebenarnya sudah merupakan profesi cukup lama di luar negeri. Bahkan, tidak mungkin suatu karya best-seller hadir tanpa campur tangan agen naskah.

CEO IWI, Wien Muldian mengemukan hal tersebut, dan memaparkan tentang pentingnya penulis memiliki agen naskah.

“Penulis bisa fokus pada aspek kreatif dari penulisan dan ada mitra yang mendampingi, membantu penulis dalam memikirkan aspek legal dan aspek bisnis nya. Agen naskah memikirkan aspek komersil dan menjadi representasi penulis untuk mendapatkan best deal untuk karyanya,” ujar Wien.

Hal tersebut mengemuka dalam diskusi tentang ‘Apa itu Agen Naskah dan Bagaimana Memanfaatkannya’ yang diselenggarakan oleh Indonesian Writers Inc. (IWI) pada Kamis (17/3) di perpustakaan dan ruang temu Baca Di Tebet, Jakarta. Acara diskusi berlangsung secara daring dan luring dengan dihadiri partisipan dari berbagai kalangan.

Manajemen dan Kurator IWI yang berbicara dalam diskusi panel juga menyampaikan pentingnya kurasi naskah untuk kelayakan terbit, dan pentingnya memperhatikan berbagai aspek perlindungan hukum atas hak cipta dari karya penulisan. “Para kurator di Indonesian Writers Inc. akan melakukan kurasi atau memilah terlebih dahulu setiap naskah yang diterima jadi tidak semata-mata langsung dilanjutkan ke penerbit,” ujar Yuli Andyono COO Indonesian Writers Inc.

Adanya IWI, akan memastikan perlindungan hukum dan kompensasi yang layak bagi para penulis, saat menghadapi tawaran kontrak kerjasama, baik dalam hal penerbitan buku ataupun bentuk lain seperti produksi film hasil adaptasi dari naskah penulis. Seperti yang disampaikan oleh Kanti W. Janis Legal Head Counsel Indonesian Writers Inc. bahwa salah satu kekuatan dari Indonesian Writers Inc. ada pada tim legal terkait kontak-kontrak penulis dengan pihak ketiga.

“Adapun hak dan kewajiban antara penulis dengan pihak penerbit yang harus dicantumkan di dalam kontrak yaitu: jangka waktu penerbitan, mekanisme pembayaran royalti, dan bukti cetak buku,” ujar R. Wahyuningrat Legal Counsel Indonesian Writers Inc. Dengan demikian adanya agen naskah dapat membantu kinerja penulis agar lebih fokus terkait naskah yang akan diterbitkan.

Salah satu penulis yang hadir secara daring dalam diskusi, yaitu Sekar Ayu Asmara, salah satu penulis produktif dengan banyak karyanya yang telah beredar, menyampaikan apresiasinya kepada IWI.

“Saya sudah menjadi klien IWI selama kurang lebih setahun, saya merasa sangat terbantu sekali, terutama dalam memperhatikan kontrak-kontrak dan juga memperhatikan penerbitan dan aspek royalti dari buku-buku saya. Sudah saatnya semua penulis Indonesia memiliki agen naskah,” ujar Sekar Ayu Asmara.(*)

###

Tentang Indonesian Writers Inc. (IWI)

Indonesian Writers Inc. (IWI) adalah Literary Agency atau Agensi Naskah di Jakarta. IWI menawarkan full-service literary agency, dengan misi mendukung penuh klien mulai dari draft naskah hingga post-publication. Tidak hanya menghubungkan penulis dengan penerbit. IWI juga melakukan kurasi naskah untuk menjaga kualitas, serta bertekad mendukung penuh karir penulis dengan menyediakan editorial feedback terbaik, dan memperjuangkan kontrak yang fair terhadap penulis. Para penulis yang ditangani IWI senantiasa mendapatkan perhatian penuh dari para tim Agen Naskah IWI, karena tim IWI mencintai apa yang mereka lakukan untuk memajukan dunia penerbitan Indonesia.

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.