Sabtu, April 20, 2024

Indonesia – Rumania Kerja Sama di Bidang Kearsipan

Ilustrasi arsip berupa foto. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc/17.

Jakarta, 29/7 – Indonesia dan Rumania menjajaki kerja sama di bidang kearsipan nasional untuk memperkuat hubungan bilateral, demikian keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bucharest yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Duta Besar RI untuk Rumania Diar Nurbintoro beserta Kepala Biro Hukum dan Administrasi Kementerian dan Perwakilan (BHAKP) Heru Hartanto Subolo mengunjungi Kantor Arsip Nasional Rumania dan Divisi Arsip Diplomatik Kementerian Luar Negeri Rumania untuk menjajaki kerja sama di bidang kearsipan nasional antara Indonesia dan Rumania.

Pada kunjungan ke kantor Arsip Nasional Rumania, delegasi dari Indonesia diterima oleh Direktur Arsip Nasional Rumania Ioan Dragan.

Dalam kunjungan tersebut delegasi dari kedua negara saling menceritakan soal sejarah dan upaya pelestarian arsip di masing-masing negara. Selain itu, delegasi Indonesia juga diajak untuk melihat koleksi arsip bersejarah Rumania.

Di antara arsip yang disimpan di kantor Arsip Nasional Rumania, terdapat beberapa arsip bersejarah mengenai hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rumania.

Foto-foto dan beberapa dokumen terkait kunjungan Presiden Rumania ke Indonesia pada zaman Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto masih tersimpan baik di Arsip Nasional Rumania.

Ada foto yang menunjukkan Presiden Gheorghe Gheorghiu-Dej dengan Presiden Soekarno dalam kunjungan Presiden Rumania itu ke Indonesia pada Oktober 1962. Foto kunjungan Presiden Nicolae Ceausescu 1982 ke Indonesia bersama Presiden Soeharto juga terdokumentasi dengan baik.

Pada kesempatan kunjungan ke Kementerian Luar Negeri Rumania, delegasi Indonesia bertemu dengan Kepala Arsip Diplomatik, Stelian Obiziuc, dan membahas peluang kerja sama di bidang kearsipan.

Dalam pertemuan itu juga dibahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk merealisasikan rencana kerja sama, antara lain Indonesia dan Rumania sudah dapat memulai mendaftar arsip bersejarah hubungan bilateral kedua negara serta menyampaikannya ke masing-masing pihak.

Dengan adanya kerja sama di bidang kearsipan, baik Indonesia maupun Rumania sama-sama berharap dapat melengkapi koleksi arsip masing-masing.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.