Jumat, April 26, 2024

Indomedia Poll: PDIP, PSI, dan Nasdem Partai Nasionalis

Rilis ini merupakan kelanjutan dari paparan hasil penelitian dan launching Indomedia Poll di Bakoel Koffie, Jakarta (24/3/2019). Indomedia Poll secara khusus mengamati caleg yang berasal dari partai-partai nasionalis yakni PDIP, NASDEM, dan PSI di 80 dapil.

Mengapa PDIP, Nasdem, dan PSI? Ya, di Indonesia menurut Perludem, kategorisasi partai terbagi menjadi tiga yakni nasionalis, Islam/religius, dan kekaryaan (developmentalism). Sehingga Golkar, Garuda, Hanura, Berkarya, masuk dalam kategori kekaryaan.

Karena itu, PDIP, PSI, dan Nasdem adalah partai nasionalis di Indonesia. Menjadi partai nasionalis berarti mencirikan diri sebagai bagian dari perwujudan agenda-agenda kemerdekaan nasional, mendukung nasionalisme serta tidak sekedar jargon melainkan secara progresif menawarkan gagasan (tawaran kebijakan) yang merespon setiap tantangan hidup berbangsa dan bernegara. Selain itu juga diperkuat oleh otentisitas dan konsistensi ketua umum dari ketiga partai ini dalam menyuarakan serta berjuang pada visi-visi kebangsaan.

Dengan memposisikan media sebagai objek pengamatan, maka riwayat hidup caleg dan kiprah serta kerja-kerja nyata yang bersentuhan langsung dengan masalah kebangsaan akan memiliki pengaruh besar bagi pemilih terutama dalam menentukan pilihan di pemilu nanti.

Karena itu penelitian ini menggunakan metode Analisis Wacana Kritis di mana data yang dikumpulkan berupa ucapan dan tulisan, yang diambil dari pemberitaan berbagai media (website dan akun official media sosial masing-masing caleg, pernyataan-pernyataan di media arus utama, serta tanggapan publik.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Indomedia Poll menemukan tidak banyak caleg yang bersuara dan berani tampil ke publik dengan tawaran-tawaran program maupun visi kebangsaan yang sangat dibutuhkan oleh pemilih.

Temuan lain adalah adanya pertarungan antar caleg nasionalis PDIP, PSI, dan Nasdem yang sudah dikenal dan populer di mata publik di beberapa dapil. Keunggulan dan karakteristik masing-masing caleg yang berbeda dan bertarung di dapil yang sama ini justru akan mempermudah pemilih dalam menentukan pilihan.

Dengan sisa waktu yang ada, kebutuhan mendesak menyajikan informasi profil dan visi kebangsaan dari caleg-caleg nasionalis kepada publik inilah yang mendasari Indomedia Poll melakukan penelitian kualitatif secara mendalam. Kami melihat masih minimnya informasi caleg-caleg nasionalis yang sampai pada publik sehingga patut menjadi perhatian banyak pihak termasuk caleg itu sendiri, partai politik, penyelenggara pemilu, dan media.

Selengkapnya untuk melihat pertarungan caleg nasionalis PDIP, PSI, dan Nasdem di 80 dapil sila lihat website kami www.indomediapoll.com

Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan dan referensi bagi pemilih nasionalis dalam menentukan pilihan di bilik suara 17 April nanti.

David Krisna Alka
Direktur Eksekutif

Hamzah Fansuri
Direktur Media & Riset

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.