Jumat, Maret 29, 2024

BPJS Kesehatan Siapkan Tempat Isoman Khusus bagi Pegawai dan TAD

JAKARTA (20/08/2021) – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk memperluas ketersediaan fasilitas isolasi mandiri (isoman), BPJS Kesehatan resmi mengalihgunakan sementara Gedung Corporate University sebagai tempat isoman khusus bagi pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD) BPJS Kesehatan beserta keluarganya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Lonjakan kasus Covid-19 tersebut berdampak terhadap penuhnya rumah sakit dan fasilitas-fasilitas isolasi yang disediakan oleh pemerintah. Banyak akhirnya masyarakat yang harus melaksanakan isoman di rumah. Oleh karena itu, kami siapkan fasilitas isoman khusus ini bagi pegawai dan TAD BPJS Kesehatan maupun keluarganya yang tinggal serumah, tidak memiliki komorbid, dan bergejala ringan atau tanpa gejala,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti dalam acara Peresmian Bangunan Gedung Corporate University BPJS Kesehatan sebagai Fasilitas Isoman di Lingkungan BPJS Kesehatan yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (20/08).

Menurutnya, penggunaan Gedung Corporate University BPJS Kesehatan ini dinilai ideal sebab bangunan yang semula digunakan sebagai fasilitas belajar dan pelatihan pegawai tersebut, menjadi jarang bahkan hampir tidak pernah digunakan selama pandemi Covid-19. Pasalnya, kegiatan pembelajaran pegawai selama masa pandemi dilakukan secara daring.

“Semoga dengan tersedianya fasilitas isoman sebanyak 74 kamar di Gedung Corporate University tersebut dapat mendukung pegawai, TAD maupun keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga dapat memperoleh fasilitas yang layak untuk melakukan isoman,” kata Ghufron.

Ia juga berharap, penyediaan fasilitas isoman ini juga dapat mendukung pemerintah dalam penanganan kasus COVID-19 serta membantu fasilitas kesehatan agar tidak kewalahan dalam menangani pasien COVID-19, khususnya bagi pasien isoman.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Achmad Yurianto mengatakan bahwa penyediaan fasilitas isoman tersebut merupakan bentuk tanggung jawab organisasi dalam menjamin seluruh pegawainya. Ia juga menekankan bahwa kehadiran fasilitas isoman hanyalah upaya mitigasi risiko dan tidak diharapkan terisi penuh.

“Justru jika gedung untuk isoman tersebut kosong, artinya manajemen berhasil melaksanakan protokol kesehatan sejak dini. Besar harapan kami protokol kesehatan tetap diprioritaskan di lingkungan kerja maupun lingkungan keluarga pegawai BPJS Kesehatan,” ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap ke depannya fasilitas isoman di Gedung Corporate University BPJS Kesehatan dapat dibantu dan disinergikan dengan sumber daya penanggulangan Covid-19 yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

“Pelaksanaan isolasi mandiri ini telah sesuai dengan SOP yang dibentuk Satgas Covid-19. Dalam SOP tersebut, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, di antaranya akses keamanan, kenyamanan pasien dan tenaga medis, serta pengolahan limbah infeksius pasca perawatan. Semoga fasilitas isolasi mandiri di Gedung Corporate University BPJS Kesehatan dapat difungsikan dengan sebaik-baiknya,” ujar Direktur Peringatan Dini BNPB, Afrial Rosya yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, drg. Mike Kaltarina menilai lokasi Gedung Corporate University yang terletak di wilayah Kabupaten Bogor memudahkan akses bagi pegawai, TAD maupun keluarga yang berada di wilayah Jabodatebek dan sekitarnya.

“Kami apresiasi langkah BPJS Kesehatan yang telah peduli terhadap kebutuhan pegawai, TAD, dan beserata keluarganya melalui penyediaan fasilitas isoman ini. Kami berharap, hal ini bisa diikuti oleh instansi-instansi lain, termasuk yang berada di wilayah Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.