Senin, Februari 26, 2024

Tahun Depan, Indonesia Gerhana Matahari Total

Ilustrasi: Gerhana matahari total/ANTARA
Ilustrasi: Gerhana matahari total/ANTARA

Beberapa daerah di Indonesia pada 9 Maret 2016 akan dilalui gerhana matahari total. Peristiwa alam ini baru akan terjadi lagi dalam 250 tahun mendatang.

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan kejadian alam itu memang sangat langka dan indah. Apalagi gerhana matahari total itu pada tahun depan hanya akan terjadi di Indonesia. “Sehingga kita akan mengemas menjadi sesuatu hal yang menarik untuk bisa mendatangkan wisatawan asing dan lokal,” katanya di Jakarta, Selasa.

Menurut Indroyono, fenomena alam eksotis gerhana matahari total akan melewati daerah, yaitu Palembang, Belitung, Balikpapan, Luwuk, Sampit, Palu, Ternate, Bangka, Palangka Raya, Poso serta Halmahera.

Gerhana matahari sebagian juga bisa dinikmati di Padang, Bandung, Denpasar, Kupang, Surabaya, Banjarmasin, Manado, Jakarta, Pontianak, Makassar serta Ambon. “Terakhir, fenomena alam yang pernah terjadi dan melewati Indonesia terjadi pada 30 tahun lalu, yaitu pada 11 Juni 1983 dan baru akan terjadi lagi dalam 250 tahun yang akan datang,” katanya.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.