Rabu, April 24, 2024

Presiden Perintahkan Beri Dana Rp1 Miliar untuk Tolikara

Presiden Joko Widodo (tengah) berbicang dengan ibunda Sudjiatmi Notomihardjo (kanan) didamping Bupati Boyolali Seno Samodro (kiri) saat berlebaran di rumah keluarga besar Jokowi di Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (18/7)/ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo (tengah) berbicang dengan ibunda Sudjiatmi Notomihardjo (kanan) didamping Bupati Boyolali Seno Samodro (kiri) saat berlebaran di rumah keluarga besar Jokowi di Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (18/7)/ANTARA FOTO

Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan untuk memberikan dana bantuan sebesat Rp1 miliar ke Kabupaten Tolikara, Papua untuk membangun kembali ekonomi di daerah tersebut, setelah insiden pembakaran sejumlah kios dan masjid.

“Bapak Presiden sudah memberikan petunjuk, presiden memberikan bantuan Rp1 miliar dan ini segera dibangun dan sekarang sudah mulai dibangun mushalla, kemudian ruko-rukonya akan dibangun kembali seperti semula,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai bersilaturahim dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Menurut Gatot pembangunan kios tersebut rencananya 70 kios, namun akan ditambahkan 15 kios tambahan khusus untuk putra daerah untuk meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menambahkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, aparat di daerah dan masyarakat harus membangun kembali 70 kios yang terbakar dalam waktu satu bulan ini.

“Kita memang sedang konsentrasi untuk membangun kios, mushalla supaya perekonomian kembali berjalan,” ujar Tjahjo.

Presiden juga mengingatkan kepada kepolisian untuk tetap mengusut tuntas kasus hukumnya.

Keputusan untuk memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar itu setelah presiden menggelar rapat terbatas mengenai insiden di Tolikara pada hari Jumat lalu.

Rapat terbatas selama sekitar setengah jam tersebut, dihadiri oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kepala Badan Intelijen Nasional Sutiyoso dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Presiden Jokowi meminta penyelidikan peristiwa di Tolikara diselesaikan secepatnya dan akan berdialog dengan tokoh-tokoh agama, adat dan masyarakat Papua untuk meredam situasi di Tolikara maupun situasi nasional. (Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.