Penumpang kereta api meningkat sekitar 27 persen setiap tahun sejak perbaikan sistem penjualan tiket dan pelayanan kereta yang lebih nyaman, kata seorang pejabat PT Kereta API Indonesia.
“Dari 2013 sampai 2014 peningkatan jumlah penumpang sekitar 27 persen dan itu diperkirakan selalu meningkat setiap tahunnya,” kata Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito di Jakarta, Rabu malam.
Ia mengatakan penaikan jumlah penumpang ini harus diikuti dengan peningkatan pelayanan yang baik. “Pada wilayah Jabodetabek saja per hari sekitar 400 ribu penumpang,” katanya.
Oleh karena itu PT KAI berencana menambah sebanyak 1.000 rangkaian kereta api untuk dioperasikan guna mengantisipasi semakin meningkatnya pengguna kereta.
Selain itu PT KAI juga telah bekerja sama dengan perbankan untuk mempermudah distribusi tiket.(ANTARA)