Minggu, Mei 26, 2024

Pemugaran Candi Perwara Dihentikan

Pekerja menyelesaikan proses pemugaran candi perwara di komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Selasa (28/4). Saat ini  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta mulai memugar satu dari 224 candi perwara atau bangunan candi yang mengelilingi candi utama di kompleks Candi Prambanan dengan biaya Rp. 1,3 miliar dan ditargetkan selesai dalam waktu 10 bulan. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pekerja menyelesaikan proses pemugaran candi perwara di komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Selasa (28/4). Saat ini Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta mulai memugar satu dari 224 candi perwara atau bangunan candi yang mengelilingi candi utama di kompleks Candi Prambanan dengan biaya Rp. 1,3 miliar dan ditargetkan selesai dalam waktu 10 bulan. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta akan menghentikan sementara pemugaran Candi Perwara di Komplek Candi Prambanan selama libur nasional Lebaran 2015. Penghentian ini karena objek wisata peninggalan sejarah budaya tersebut akan dipadati wisatawan.

“Kami hanya akan menempatkan petugas jaga dan juru pelihara di lokasi,” kata Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta Wahyu Astuti, di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, dihentikannya sementara proses pemugaran ini memang berbeda ketika saat puasa Ramadhan. Waktu puasa, hanya ada pengurangan satu jam saja sesuai dengan perencanaan. “Kami berupaya mengejar target pada pertengahan November proses pemugaran satu unit Candi Perwara ini bisa selesai,” katanya.

Ia mengatakan, dengan rampungnya satu unit Candi Perwara dipugar, maka pada tahun ini menjadi tiga unit Candi Perwara yang sudah berdiri kembali, dan tinggal menyisakan 221 unit untuk dipugar selanjutnya.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.