Selasa, Maret 5, 2024

Mudik Gratis Makan Biaya Rp 36 Miliar

Ilustrasi: Suasana mudik di pantai utara/ANTARA
Ilustrasi: Suasana mudik di pantai utara/ANTARA

Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp 36 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2015 untuk menyelenggarakan program mudik gratis kelima pada Lebaran 2015.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan langkah ini diambil untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Jonan mengatakan, sejak dilakukan pendaftaran online sejak awal bulan lalu, sedikitnya telah terdaftar sebanyak 20.000 sepeda motor, terdiri atas angkutan truk sebanyak 3.100 unit sepeda motor, untuk angkutan kereta api sebanyak 9.000 unit sepeda motor dan untuk angkutan kapal laut sebanyak 10.000 unit sepeda motor.

“Kegiatan mudik gratis ini telah disosialisasikan dengan gencar melalui berbagai media massa cetak dan elektronik serta media sosial Kemenhub151 sejak sebulan lalu,” katanya.

Sebagaimana tahun sebelumnya, kata Jonan, pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun ini masih menjadi fokus utama. Ini karena diperkirakan pemudik yang menggunakan sepeda motor sebanyak dua juta lebih dan seperti diketahui, jumlah korban tertinggi kecelakaan di jalan raya selama ini adalah para pengguna sepeda motor.

Kemenhub menyediakan kuota hingga 6.440 penumpang melalui bus dan 2.880 sepeda motor melalui truk untuk arus mudik, sementara untuk arus balik target yang diangkut oleh truk, yakni 400 sepeda motor dan 920 penumpang melalui bus.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.