Minggu, April 21, 2024

Jejaring di Irlandia Bisa Cari Silsilah Keluarga Sampai 1740

Ilustrasi/www.irishcentral.com
Ilustrasi/www.irishcentral.com

Di Irlandia baru saja diluncurkan sebuah jejaring baru untuk memungkinkan pencarian sejarah keluarga mereka sampai tahun 1740-an.

Perpustakaan Nasional Irlandia (NLI) menciptakan layanan, http://registers.nli.ie yang gratis dan dapat diakses daring dari mana saja di dunia. Media jejaring itu diluncurkan Rabu, kemarin.

Layanan tersebut mengambil dari lebih 370.000 citra digital dari koleksi mikrofilm pendaftaran paroki Katholik milik NLI. Layanan itu terutama terdiri atas catatan pembaptisan dan perkawinan dan mencakup lebih dari 1.000 paroki di seluruh Irlandia.

Saat upacara peluncuran, Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny menggambarkan jejaring tersebut sebagai “fasilitas bagi diaspora di seluruh dunia”.

“Ini menarik dan masalah pribadi buat sangat banyak orang di seluruh dunia. Ini merupakan penghubung bukan cuma seluruh dunia, tapi seluruh masa,” katanya.

Sementara itu, Menteri Kesenian Irlandia Heather Humphreys mengatakan peluncuran jejaring tersebut melengkapi pekerjaan pencatatan sejarah keluarga.

“Sistem ini bisa meningkatkan pariwisata silsilah,” kata menteri itu. (Antara/ Xinhua-OANA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.