Minggu, Juni 23, 2024

Ini Industri Alternatif saat Terjadi Krisis

Ilustrasi: Aktivitas pelayanan aktivitas keuangan syariah di Indonesia/ANTARA
Ilustrasi: Aktivitas pelayanan aktivitas keuangan syariah di Indonesia/ANTARA

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan Industri Keuangan Nonbank dapat menjadi salah satu alternatif jalan keluar saat terjadi krisis ekonomi. Ini karena jumlah asetnya besar dan tidak memiliki likuiditas yang mendesak.

“Bank hanya terbatas menjalankan fungsi intermediasinya karena meningkatnya tingkat likuiditas, saat krisis,” kata Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Firdaus Djaelani di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pelambatan pertumbuhan ekonomi yang sedang dialami Indonesia kini mengakibatkan sektor jasa keuangan mengalami goncangan sehingga dibutuhkan mitigasi ampuh untuk mengatasi krisis.

Industri non-perbankan ini menurutnya dapat membantu gejolak pasar keuangan melalui saham atau obligasi pasar modal serta berperan sebagai investor lokal dalam penyerapan surat utang negara yang diterbitkan pemerintah dalam pembiayaan APBN.

Industri Keuangan Nonbank, katanya, memiliki peran strategis dalam pembangunan karena asetnya mencapai Rp 1.597 triliun per April 2015 yang dihimpun dan dikelola lembaga non bank.(ANTARA)

Facebook Comment

2 KOMENTAR

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.