Jumat, April 19, 2024

Ini Dampak Aksi Sosial Saat Sahur

Ilustrasi seorang polisi melihat pengemis yang meminta-minta di antara sampah yang berserak/ANTARA
Ilustrasi seorang polisi melihat pengemis yang meminta-minta di antara sampah yang berserak/ANTARA

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan Sahur On The Road (SOTR). “Dampak negatifnya mengundang para gelandangan dan pengemis untuk kembali berada di jalan demi mendapatkan makanan sahur,” ujar Chaidir, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Provinsi DKI Jakarta dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (2/7).

Sahur On The Road (SOTR) merupakan kegiatan membagikan makanan saat waktu sahur kepada para gelandangan. Kegiatan ini sebenarnya memiliki motif sosial. Namun, pada pelaksanaannya banyak akibat sosial yang ditimbulkan kegiatan ini. Salah satu akibatnya yaitu naiknya jumlah pengemis dan gelandangan di malam hari.

Berdasarkan data Dinas Sosial DKI Jakarta sebanyak 1.229 orang pengemis dan gelandangan terkena razia dan ditemukan pada malam hari selama bulan Juni 2015. Padahal di bulan sebelumnya, hanya 400 orang yang terjaring razia malam hari.

Kegiatan yang rata-rata diadakan oleh pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) ini juga rentan terhadap kecelakaan. Polda Metro Jaya mencatat sepanjang 2014 terdapat 30 kecelakaan selama kegiatan SOTR dan menyebabkan 4 korban tewas. Kecelakaan terjadi lantaran pengemudi tidak mempedulikan aturan lalu lintas mengingat jalan yang sepi.

Dampak sosial lain yang ditimbulkan yaitu terjadinya pertengkaran dan tawuran antar kelompok yang melakukan SOTR. Para pelajar ini pun sering membawa senjata tajam saat melakukan kegiatan SOTR. Seperti yang ditemukan petugas pada pekan pertama puasa. Polsek Tanah Abang mengamankan satu orang pelajar SMP yang kedapatan membawa clurit saat melakukan SOTR.[*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.