Selasa, Mei 28, 2024

70 Ribu Masker Mulai Dibagikan

Ilustrasi: Sejumlah warga menggunakan masker untuk mengurangi risiko penyakit ISPA/ANTARA
Ilustrasi: Sejumlah warga menggunakan masker untuk mengurangi risiko penyakit ISPA/ANTARA

Dinas Kesehatan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai mendistribusikan 70 ribu masker melalui Puskesmas, yang dapat diperoleh masyarakat secara grtis, guna mencegah penyakit akibat kabut asap yang sedang melanda.

“Ini antisipasi bagi masyarakat yang tetap harus beraktifitas di luar ruangan, khususnya pengguna kendaraan roda dua di tengah kabut asap yang melanda Pekanbaru,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Helda S Munir, di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan saat ini pihaknya memiliki stok masker yang banyak untuk disebar bagi masyarakat melalui instansi pemerintah dan sekolah-sekolah. Khusus untuk menjangkau pemukiman di pinggiran, 20 puskesmas telah disiagakan akan mendistribusikannya, baik melalui kunjungan berobat maupun melalui petugas kesehatan yang membagikan. “Saat ini ada 70 ribu masker sudah didistribusikan,” katanya.

Akibat kabut asap ini, sedikitnya 26 pasien telah dirawat karena menderita infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA. “Minggu ini 26 kasus, namun kami tetap antisipasi agar tidak ada peningkatan,” katanya.

Berdasarkan pengamatan, kondisi udara Pekanbaru belakangan semakin memburuk akibat kiriman asap dari kabupaten/kota di Provinsi Riau dan luar, seperti Jambi dan Sumatera Selatan.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.