Senin, April 15, 2024

Mengenal Pemrograman Website PHP dan ASP

Shifa fauziah
Shifa fauziah
Mahasiswa Universitas Pamulang

ASP dan PHP adalah bahasa pemograman yang biasa digunakan untuk membuat website dinamis. Tidak seperti html web statis, website yang dibangun menggunakan ASP dan PHP lebih memungkinakan pengguna untuk berinteraksi dan bertukar informasi menggunakan database website.

ASP adalah kependekan dari Active Server Pages, suatu jenis program yang bekerja menggunakan produk Microsoft bernama IIS atau Internet Information Server. ASP membutuhkan IIS untuk bekerja. Di sisi lain, PHP atau Hypertext Preprocessor, berjalan menggunakan Linux atau Unix server. PHP yang lebih diperbarui sekarang dapat menjalankan program pada server NT.

PHP sangatlah fleksibel ketika dikoneksikan dengan database. PHP bisa terkoneksi dengan beberapa database dimana yang sebagian besar digunakan adalah MySQL. Harap dicatat bahwa MySQL tidak akan membebani teman-teman sesen rupiah pun. Tapi bila teman-teman ingin memakai ASP, teman-teman perlu untuk membeli MS-SQL, produknya Microsoft.

ASP lebih banyak mirip dengan syntax dan interface-nya pemrograman Visual Basic. Hal itu dikarenakan pada dasarnya Visual Basic adalah berkorelasi dengan produk dan program-program buatan Microsoft. Jadi jika teman-teman seorang programmer, pemilihan antara ASP dan PHP sebenarnya didasarkan pada bahasa pemrograman mana yang paling teman-teman kuasai.

Jika dibandingkan dari segi biaya dan kemahalannya, program ASP membutuhkan Windows dengan IIS terinstall di servernya. Teman-teman harus membeli kedua komponen tersebut agar ASP bisa berjalan. Sebaliknya, PHP hanya akan membutuhkan sebuah server Linux yang bisa teman-teman dapatkan secara cuma-cuma.

Perbedaannya sebagai berikut:

  • Awalnya ASP hanya bisa berjalan di server hanya bisa berjalan di server dengan platform windows sedangkan PHP bisa berjalan di windows, solaris, unix dan linux
  • PHP menggunakan bahasa C/C++ sebagai bahasa dasar pemrograman sehingga kebanyakan syntaxnya serupa antara satu dengan yang lain sedangkan ASP lebih banyak mirip dengan syntax dan interfacenya visual basic.
  • Pada dasarnya kode PHP berjalan lebih cepat daripada ASP.
  • Dari sisi biaya, PHP lebih murah dibanding ASP. PHP dapat terkoneksi dengan berbagai database GRATIS sedangkan bila gunakan ASP maka harus membeli produk database MS-SQL buatan Microsoft

Kecepatan loading adalah faktor besar dalam mempertahankan sebuah website. Jika teman-teman ingin mendapatkan kecepatan, lebih baik teman-teman menggunakan PHP sebab PHP berjalan lebih cepat daripada ASP. Baik ASP dan PHP mempunyai keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Semua tergantung pada pengembangan situs web teman-teman, mana yang lebih kalian fokuskan. Tidak ada salahnya berunding dengan programmer lain untuk memilih antara ASP dan PHP.

Shifa fauziah
Shifa fauziah
Mahasiswa Universitas Pamulang
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.