Jumat, Juni 21, 2024

Game Online dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa tren game online Saat ini terus mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan berkembangnya teknologi yang memungkinkan game online dapat dimainkan di berbagai platform. Ditambah dengan munculnya game-game baru berbasis online. Akan tetap di balik kesenangan bermain game online ada dampak negatif yang menanti terutama bagi mereka yang keseringan bermain.

Selama Pandemi Covid-19, pengguna game online mengalami peningkatan signifikan. Tercatat pengguna video game meningkat 75 persen selama jam sibuk. Verizon mengatakan peningkatan terjadi karena ratusan juta orang diimbau tetap berada di dalam rumah guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga banyak orang memilih bermain game untuk mengisi waktu luangnya selama di rumah.(Perusahaan Verizon:2021).

Bermain game online memiliki pengaruh positif dan negatif. Berikut dampak positif bermain game online.

1. Menjadi Pemecah masalah yang baik.

Belajar dalam berpikir dan menyusun strategi dalam lingkungan fantasi game yang serba cepat merupakan sebuah keterampilan yang bisa diimplementasikan di dunia nyata.

2. Memiliki dampak positif dalam kesehatan mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa video game dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kesehatan mental seperti stress lebih baik.

3. Membangun kepercayaan diri dan kerja sama tim

Pemain game multiplayers akan membuat kamu mengambil beberapa peran untuk mengelola tim, menjadi pemimpin dalam tim ,dan  menegosiasikan cara untuk menang sebagai bagian dari sebuah kelompok.

4. Meningkatkan konsentrasi

Game yang imersif dan membutuhkan strategi dan problem solving skill untuk menang dan mengharuskan pemain untuk mengingat dan menyerap banyak informasi.

5. Meningkatkan multi-fashing skills

Game memiliki jenis seperti mengharuskan pemain untuk menemukan item saat melawan lawan lain memerlukan perhatian yang detail dan reaksi tanggap.

Berikut dampak negatif bermain game online.

1. Kecanduan

Efek dari kecanduan ini dimanifestaskan melalui kurangnya fokus pada kegiatan sehari hari lainnya, kurangnya perhatian di kelas, dan pemikiran yang konstan tentang permainan.

2. Gangguan Penglihatan

Terlalu banyak bermain game online juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan pada organ mata, terutama penunnan penglihatan.

3. Kurang Bersosialisasi

Terlalu sering bermain game dapat menyebabkan efek kecanduan yang menimbulkan rasa tidak ingin lepas dari gawai ataupun komputer. Mereka akan lebih memilih bermain game online di rumah daripada pergi bersosialisasi ke luar.

4. Tingkat konsentrasi menurun

Kecanduan bermain game online dapat menurunkan tingkat konsentrasi saat bermain game, sel-sel pada otak akan mengalami perubahan yang mengakibatkan konsentrasi menurun.

5. Timbulnya masalah persendian

Tangan yang terlalu fokus dan melakukan gerakan-gerakan secara berulang juga dapat menimbulkan rasa sakit pada persendian tangan.

Bermain game online memang menyenangkan, tetapi saat dimainkan terlalu sering akan menimbulkan dampak-dampak negatif bagi kesehatan.

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.