OUR NETWORK
Selasa, Desember 7, 2021

Apa Manfaat Belajar Akuntansi?

Aries Andrian
mahasiswa ITB AHMAD DAHLAN JAKARTA

Akuntansi adalah ilmu yang bagus untuk dipelajari karena beberapa alasan. Akuntansi memberi kamu keterampilan dan pengetahuan yang dapat diterapkan ke suatu bidang industri atau kehidupan sehari-hari. Karena, selama ada bisnis di dunia, akuntan akan selalu dibutuhkan.

Belajar di bidang akuntansi adalah cara terbaik untuk memulai karir. Namun, sebelum memutuskan untuk mulai belajar akuntansi, perlu mengetahui manfaat utama yang anda dapat jika berkarir di bidang akuntansi.

Apa yang dilakukan seorang akuntan?

Ada banyak kualifikasi dan pekerjaan yang berhubungan dengan uang, jadi bagaimana peran akuntansi berbeda dari jenis peran terkait keuangan lainnya? Mungkin cara termudah untuk menggambarkannya adalah akuntansi lebih berurusan dengan pendapatan nyata, transaksi aktual dan keuangan yang dapat diamati.

Seorang akuntan selalu berurusan dengan kenyataan. Mereka seharusnya tidak berspekulasi. Seorang akuntan tahu aturan dan harus mengikutinya, dan pandai menelaah angka. Mereka mungkin membuat penilaian berdasarkan informasi di depan mereka.

Peran utama seorang akuntan adalah untuk menyiapkan dan memeriksa catatan keuangan pada periode tertentu. Seorang akuntan wajib memastikan keakuratan catatan keuangan seseorang atau suatu instansi, bahwa tagihan dan pajak sudah dibayar dengan benar dan tepat pada waktunya. Pekerjaan sebagai akuntan juga dapat melibatkan hal-hal berikut:

1. Mengatur catatan keuangan

2. Tinjau pernyataan untuk akurasi

3. Pastikan bahwa catatan dan pernyataan tidak melanggar hukum

4. Hitung pajak terutang, siapkan pengembalian pajak, pastikan pembayaran tepat waktu

5. Periksa buku akun dan sistem akuntansi untuk tetap up to date

6. Memberikan masukan cara untuk mengurangi biaya overhead dan meningkatkan pendapatan dan keuntungan

7. Menyediakan jasa audit

Akuntansi sebagai dasar

Bahkan jika kamu berminat ingin bergabung ke bidang keuangan dan ekonomi, latar belakang akuntansi merupakan dasar yang penting untuk mengembangkan teori moneter yang lebih luas. Seorang akuntan dapat mengasah keahlian mereka melalui penerapan metodologi yang dikenal.

Sertifikasi akuntansi selalu berharga. kamu akan belajar bagaimana fokus hanya pada pengelolaan uang, pencatatan dan pelaporan keuangan, dan proses terbaik menghemat uang untuk bisnis atau membangun usaha sendiri. Keterampilan ini sangat dicari di setiap industri. Bagi sebagian besar seorang akuntan, tidak sulit baginya untuk mencari pekerjaan.

Seperti apa belajar akuntansi?

Kursus akuntansi yang paling umum untuk belajar agar berkarir di bidang akuntansi adalah Diploma Akuntansi.

Saat mempelajari akuntansi, memperoleh pengetahuan tentang undang-undang yang mengatur bisnis, skema administrasi bisnis yang khas, etika akuntansi, statistik, dan juga teori akuntansi. Kita akan diajari cara menyiapkan dokumen-dokumen penting yang akan dipinta dalam pekerjaan anda, termasuk proposal bisnis, laporan keuangan, dan pengembalian pajak.

Kita juga akan memiliki mata pelajaran yang tumpang tindih yaitu keadaan yang menunjukkan bahwa satu pekerjaan yang sama dilakukan dengan keuangan lainnya. Kita akan membahas bidang-bidang seperti analitik kuantitatif dan matematika, mempelajari akuntansi berarti mengetahui seputar matematika dan menyimpulkan hasil dari angka tersebut.

Meskipun panduan kursus dapat memberi tahu kamu banyak hal tentang akuntansi, namun penting juga untuk mempertimbangkan kehidupan kerja di masa depan dan karier ideal kamu.

Apakah Anda menyukai rutinitas, pemecahan masalah, dan data konkret? Akuntansi bisa menjadi pilihan. Namun, jika menyukai peran yang terus berubah dan membutuhkan lebih banyak spekulasi dan pengambilan risiko, anda mungkin ingin mencoba peran keuangan lainnya.

Masih tidak yakin? Jangan stres

Normal memang sulit untuk memilih karir masa depan kamu sepenuhnya. Ada banyak orang yang tugasnya membantu kamu untuk membicarakan keputusan ini. Jika tidak dapat memutuskan apakah Diploma Akuntansi tepat, kita bisa dapat berbicara dengan penasihat mahasiswa atau kepala departemen di lembaga pendidikan tempat ingin belajar. Dengan begitu, bisa mendapatkan beberapa masukan serta saran dari orang-orang yang memiliki pemahaman menyeluruh tentang kursus dan industri.

Kita juga harus ingat bahwa mengejar satu program studi tidak serta merta akan menghentikan karir anda di sektor lain, dan tentu saja tidak akan menghentikan untuk mempelajari hal lain di masa depan jika anda berubah pikiran.

Kita tidak salah memilih Diploma Akuntansi. Bahkan jika memutuskan untuk beralih karier nanti, kita akan memiliki pemahaman dasar yang bagus tentang bagaimana uang dicatat dan dilaporkan dan akan membantu kita dalam jangka panjang.

Paling tidak, kita akan tahu bagaimana mengelola keuangan anda sendiri dengan baik.

Akuntansi memiliki prospek kerja yang bagus

Jika nantinya memutuskan untuk belajar Diploma Akuntansi, kita mungkin tidak perlu menunggu lama untuk mulai bekerja. Pekerjaan di bidang akuntansi selalu dibutuhkan dan keterampilan yang kita pelajari melalui belajar dapat ditransfer dan dapat diterapkan ke banyak aspek lainnya.

Aries Andrian
mahasiswa ITB AHMAD DAHLAN JAKARTA
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.