Kamis, Juni 20, 2024

HUTRI72 – Kemerdekaan adalah Warisan yang Bukan Hanya untuk Dikenang

Intan Sukmasakti
Intan Sukmasakti
Pembelajar sepanjang masa. Menyukai dunia jurnalistik dan tulis menulis. Hanya bercita-cita melahirkan karya inspiratif.

Memaknai kemerdekaan adalah cerminan menghargai perjuangan para pahlwan yang telah berkorban untuk kemerdekaan negara ini. 72 tahun sudah Indonesia merdeka. Bukan hanya dengan tak tik politik, namun dengan pengorbanan yang sangat besar untuk memerdekakan bangsa ini.

Merdeka berarti telah terbebas. Merdeka berarti sudah tidak lagi berada dibawah belenggu. Merdeka artinya telah berdiri sendiri dan mandiri. Banyak interpretasi berkembang untuk memaknai sebuah kemerdekaan. Namun kemerdekaan yang telah diimani bangsa Indonesia adalah kemerdekaan dengan perjuangan yang sangat besar. Kemerdekaan lahir dari adanya semangat, kecerdasan, dan keberanian. Ketika kita menilik sejarah, rasanya sangat mustahil membayangkan bagaimana negara ini mampu meraih kemerdekaan dengan belenggu yang sedemikian kuat dari para tirani. Namun bila kita mengingat semangat dan keberanian para pahlawan, sungguh tidak dapat diduga pada masa dimana pendidikan seadanya, dan hanya penindasan yang terjadi, namun para pahlawan tetap dapat memberikan hadiah terbaik untuk warga negara Indonesia.

Indonesia telah merdeka, Indonesia telah lahir 72 tahun yang lalu. Sebuah warisan dari para pahlwan yang patut kita rawat. Merawat kemerdekaan adalah semangat dimana kita menjaga keutuhan negara ditengah kemajemukan dan problematika yang ada di Indonesia. Bukan hanya tugas negara, tugas pemerintah, tugas pejabat, ataupun tugas pemimpin. Terpeliharanya persatuan dan kesatuan negara merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat yang mengaku warga negara Indonesia. Merawat kemerdekaan meliputi banyak aspek. Aspek utamanya merawat persatuan dan kesatuan. Kemerdekaan bukan hanya sebuah warisan, namun kemerdekaan juga adalah milik warga Indonesia dari generasi ke generasi. Banyak hal yang patut diteladani dari semangat para pahlawan untuk merdeka, diantaranya adalah semangat untuk mencintai negeri, keberanian dan semangat kerjasama untuk mewujudkan cita-cita bersama, dan semangat untuk  mandiri dan terbebas dari belenggu. Hal lain adalah tentang karakter apa yang diperlukan untuk meraih dan merawat kemerdekaan itu.

1. Mencintai Tuhannya 

Mencintai Tuhan adalah karakter penting dalam perjuangan mewujudka dan merawat kemerdekaan. Karakter ini berkali-kali didengungkan dalam sila pertama dasar negara kita, yaitu Pancasila. Mengapa sila pertama tentang keTuhanan? Sebab para pendiri bangsa ini sangat mengimani bahwa Tuhanlah satu-satunya yang mampu menghendaki apapun, menjadikan yang sulit menjadi mudah, dan menjadikan sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Secara tidak langsung, para pendiri negara ini menginginkan setiap warga negara untuk selalu taat pada Tuhannya.

2. Integritas Bangsa Indonesia

Menurut KBBI, integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan, kejujuran. Sedangkan dalam konteks integrasi nasional adalah wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara (kbbi.web.id).

Integritas yang dijunjung tinggi dapat membantu sebuah bangsa menemukan jati dirinya. Ketika para pahlawan yang berjuang tidak mempunyai integritas, mungkinkah kemenangan bangsa ini dapat dicapai?

Integritas perlu ditanamkan pada semua individu warga negara Indonesia. Integritas merupakan warisan para pahlawan yang terbukti menjadi senjata untuk meraih kemerdekaan. Maka integritas merupakan salah satu karakter penting untuk merawat kemerdekaan bangsa kita. Banyak hal yang bisa kita lihat betapa integritas seseorang yang mencintai bangsanya akan mewujudkan kebanggaan dan penghormatan dari bangsa.

3. Rasa Memiliki Bangsa Indonesia.

Merawat kemerdekaan sebagai warisan haruslah didasari dengan rasa mencintai tanah air. Tanah air ini dipersembahkan para pahlawan untuk warga negara Indonesia, maka bangsa ini adalah milik kita. Mau dibawa kemanapun bangsa ini akan selalu menunjukkan cerminan diri warga Indonesia. Bagaimana bisa merawat agar kemerdekaan tetap lestari jika tidak ada rasa memiliki bangsa yang besar ini. Indonesia sangat indah, Indonesia pun tidak pernah patah semangat untuk maju. Haruslah setiap warga negara Indonesia merasa bangga karena telah memiliki bangsa yang besar seperti Indonesia. Memilikinya berarti harus berusaha memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Menanamkan rasa memiliki bangsa Indonesia lah yang nantinya akan memunculkan rasa untuk menjaga persatuan dan kesatuan, rasa untuk menjaga nama baiknya, dan rasa untuk selalu merawat kemerdekaan.

4. Semangat untuk Maju

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Banyak hal yang telah diperjuangkan untuk bangsa ini. Perlahan tapi pasti, perlahan namun akhirnya merdeka juga. Salah satunya adalah pendidikan yang menjadi hak bagi setiap warga negara. Seseorang yang cerdas dan berpendidikan akan mampu mebawa bangsanya untuk maju dan terus berkembang. Pendidikan kini semakin mudah untuk didapatkan sebab Undang-undang telah mengatur hak memperoleh pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia. Semangat untuk terus belajar dan terus menjauh dari ketertinggalan adalah salah satu cita-cita para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Habis gelap terbitlah terang, kebodohan akan hilang dengan cahaya ilmu dan pengetahuan.

Negeri ini kini telah tumbuh dan berkembang. Pahlawan bukan hanya mereka yang gugur di medan perang, bukan hanya mereka yang mewujudkan kemerdekaan. Namun pahlawan ialah mereka yang bisa menghargai dan merawat apa yang telah diperjuangkan oleh orang lain dengan pengorbanan yang besar. Mencintai bangsa dan mengharumkannya adalah juga karakter seorang pahlawan.

Bila kemerdekaan adalah sebuah warisan, maka wajib bagi kita untuk menjaga, merawat, dan memelihara agar kemerdekaan ini dapat dinikmati generasi-generasi Indonesia di masa mendatang. Merawat kemerdekaan, bukan hanya mengenangnya setiap tahun namun mempertahankan untuk tetap merdeka dan tetap mengedepankan nilai-nilai kemerdekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Indonesia satu, Indonesia maju, jayalah terus Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesiaku ke 72. Kau bukan hanya akan selalu dikenang, namun akan selalu diperjuangkan. Kami bangga dengan Indonesia.

Biodata Penulis

Nama : Intan Sukmasakti Suwarno Putri

Tempat Lahir : Blitar

Tanggal Lahir: 20 Januari 1993

Pekerjaan : Mahasiswi

e-mail : isukmasakti@yahoo.com

blog : itsukaputri.blogspot.com

Domisili : Yogyakarta

Motto : Selalu ada jalan pada setiap kemauan.

Intan Sukmasakti
Intan Sukmasakti
Pembelajar sepanjang masa. Menyukai dunia jurnalistik dan tulis menulis. Hanya bercita-cita melahirkan karya inspiratif.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.