Jumat, Maret 1, 2024

Sutan Sjahrir

Defan
Defan
Menulis

Sutan Sjahrir adalah seorang tokoh politik Indonesia yang berpengaruh pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Lahir pada tanggal 19 Maret 1909 di Padang Panjang, Sumatera Barat, ia merupakan salah satu pendiri dan pemimpin Partai Sosialis Indonesia (PSI). Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia pertama pada tahun 1945-1947.

Sjahrir mulai terlibat dalam politik saat masih kuliah di Negeri Belanda. Ia aktif dalam organisasi pergerakan mahasiswa dan menjadi anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1930-an. Namun, setelah Peristiwa Madiun pada tahun 1948, ia meninggalkan PKI karena tidak setuju dengan cara yang diambil oleh partai tersebut.

Setelah kemerdekaan Indonesia diumumkan pada tahun 1945, Sjahrir ditunjuk sebagai Perdana Menteri oleh Presiden Soekarno. Ia memimpin pemerintahan sampai tahun 1947, ketika ia diberhentikan karena perbedaan pendapat dengan Soekarno. Sjahrir kemudian terus aktif dalam politik dan menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat sampai tahun 1956.

Selain aktif dalam politik, Sjahrir juga merupakan seorang intelektual dan penulis yang produktif. Ia menulis banyak buku dan artikel tentang politik, sejarah, dan sosial-ekonomi Indonesia. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain “Indonesia Menggugat” dan “Pemikiran Politik Sutan Sjahrir”.

Sjahrir meninggal pada tahun 1966 di Yogyakarta, setelah menjalani pengobatan kanker. Ia dihormati sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan dikenal sebagai seorang pemikir politik yang progresif dan idealis.

Secara keseluruhan, Sutan Sjahrir adalah seorang tokoh politik yang berpengaruh pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang memiliki pandangan yang progresif dan idealis. Dia diakui sebagai seorang intelektual dan penulis yang produktif, yang memiliki kontribusi yang signifikan dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Biodata Sultan Sjahrir:

  • Nama lengkap: Sutan Sjahrir
  • Lahir: 19 Maret 1909, Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Meninggal: 26 April 1966, Yogyakarta, Indonesia
  • Pendidikan: Universitas Negeri Belanda
  • Partai politik: Partai Sosialis Indonesia (PSI)
  • Jabatan politik: Perdana Menteri Indonesia (1945-1947), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (1955-1956)
  • Karya-karya terkenal: “Indonesia Menggugat”, “Pemikiran Politik Sutan Sjahrir”
  • Prestasi: Tokoh penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Pemikir politik progresif dan idealis, Intelektual dan penulis yang produktif.

penulis: M.DEFAN ALHONI

Defan
Defan
Menulis
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.