OUR NETWORK
Sabtu, Juli 24, 2021

Viral, BTS Meal di Tengah Pandemi

BTS Meal adalah menu yang dihasilkan dari kolaborasi antara McDonal dengan Boyband Grup BTS, Korea Selatan. McDonald didirikan pada tahun 1940 oleh Richard dan Maurice Mc Donald yang awalnya merupakan kios yang menjual Hamburger.

Namun, minat publik dan antusiasnya yang sangat besar membuat McDonald Menjadi salah satu Fast Food terbesar didunia saat ini, dengan ribuan cabang restoran yang telah dibuka. Kini restoran cepat saji itu setidaknya telah memiliki ribuan gerai lebih yang tersebar di 100 negara.

BTS yang merupakan idol Kpop dunia dengan jumlah pengikut ditwitter 34,5 juta lebih saat ini, tentu menjadi perhatian publik. Tidak hanya lagu dan musik saja yang menjadi sorotan, bahkan life syle para membernya. Dengan jumlah penggemar yang tersebar diseluruh penjuru dunia tak mengherankan jika makanan yang favorit mereka turut mengundang perhatian, khususnya Army. Army adalah singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth yang merupakan sebutan untuk para penggemar BTS.

Perilisan dari BTS Meal Indonesia telah dibuka pada tanggal 9 Juni 2021 kemarin, sontak membuat Army Indonesia sangat antusias. Pemesanan untuk BTS Meal dibuka pada jam 11 pagi, untuk pemesanan hanya bisa dilakukan melalui Drive Thru dan GoFood serta dan GrabFood.

Paket dari menu BTS Meal sendiri dibandrol dengan harga kisaran 45.000 hingga 50.000 rupiah,  dimana didalamnya terdapat sembilan potong Nugget ayam, French Fries, Cola, dan dua Saus spesial.

Saus spesial yang dimaksud ialah saus Cajun dan Sweet Chilli yaitu saus yang sangat digemari oleh para member BTS. Di Indonesia saus spesial ini hadir untuk yang pertama kalinya. Menu McDonal sendiri merupakan makanan yang sangat sering dipesan oleh para member ketika mereka sedang berada diluar negeri. Hal ini jugalah yang menyebabkan McDonal mengadakan kolaborasi bersama.

Terlebih lagi pasar dan target dari yang akan dituju sudah jelas yaitu para penggemar yang selalu disebut-sebut oleh para member yang tidak lain adalah Army. Hal ini tentu menjadi pasar yang sangat mengguntungkan untuk McDonal dalam membuat gebrakan dan antusias yang baru terhadap menu-menu yang akan ditawarkan.

Dilansir dari Kompas bayaran yang harus dikeluarkan oleh McDonald untuk dapat melakukan kerjasama yaitu sekitar 3 milliar won atau setara dengan 38,34 milliar hingga 5 milliar won yaitu sekitar 63,9 milliar. BTS merupakan salah satu grup dengan bayaran fantastis, tercatat bahwa mereka masuk kedalam daftar Forbes sebagai celebrity 100 yang berada diposisi ke 47.Target pasaran yang dilakukan juga tak main-main. BTS Meal tidak hanya akan dibuka di Korea Selatan saja namun di 50 negara tantunya Indonesia masuk kedalam list negara yang terdaftar didalamnya.

Lonjakan dan antrian ramai terjadi di MCDonal Indonesia yang telah membuka menu BTS Meal ini sepertinya belum memprediksi hal tersebut. BTS Meal yang khusus diadakan untuk para penggemar ini rupannya sudah sangat dinantikan. Antrian panjang yang terdapat ditiap-tiap gerai membuktikan bahwa adanya minat besar yang ditunjukan. Bahkan banyaknya jumlah pemesanan membuat sejumlah ojek online berkumpul hingga berjam-jam. Urutan antrian yang terjadi tidak hanya puluhan namun sudah hingga ratusan sehingga membuat costumer menunggu lama atas pesanannya.

Dampak kerumunan ojek online inipun tak luput dari perhatian, disebabkan virus Covid19 yang belum usai, tentu protokol kesehatan adalah hal yang utama. Diketahui berdasarkan data covid19 terdapat sebanyak 1.869.325 orang yang telah terinfeksi diIndonesia. Beberapa gerai McDonalpun terpaksa harus ditutup dikarenakan banyaknya massa yang berkumpul untuk pembelian BTS Meal.

Terdapat empat gerai McDonal yang terpaksa ditutup diantaranyaa yaitu Plaza Kalibata, McDonals Pasar Minggu, McDonals Cilandak dan McD Cipete Selatan, dan sepertinya akan terus bertambah, ungkap Kasatpol PP Ujang Hermawan (Kompas). Ahmad Riza Patria Wakil Gubernur DKI Jakarta, turut mengatakan bahwa akan melalkukan pemberian sanksi hingga penutupan gerai, jika terbukti tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19 (Detik).

Pihak Associate Director of Comunications McDonal’s Indonesia, Sutji Lantyka mengutarakan bahwa pihaknya akan memberlakukan sistem tutup order demi mencegahnya kerumunan masa pada saat ini. Ia berharap agar custumer mengrti, bahwa BTS Meal ini tidak akan berjalan selama satu bulan kedepan. Dengan adanya pemberitahuan ini tentu menjadi berita bahagia bagi para penggemar yang belum sempat untuk membeli atau bahkan mereka yang tinggal jauh dari perkotaan.

Dampak dari Euphoria BTS Meal yang ada di Indonesia sepertinya akan terus berlanjut ditengah masa pandemi yang juga tengah mewabah disetiap negara. Namun, hal inilah yang mesti dan perlu dipelajari kembali oleh pihak McDonals. Evaluasi sangat diperlukan menimbang kasus covid yang belum kunjung usai.

Langkah bijakpun harus dapat diambil untuk mencegah bertambahnya kasus covid dengan maraknya pemesanan BTS Meal. Harapan yang lebih baik untuk kedepannya, mungkin dengan sistem penjualan yang lebih dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini. Peningkatan terhadap protokol kesehatan yang dilakukakan disetiap gerai McDonal di seluruh Indonesia dan juga kerja sama dan dukungan semua pihak tentunya.

REFERENSI:

https://www.msn.com/id-id/berita/dunia/9-gerai-mcdonalds-di-jaksel-ditegur-karena-kerumunan-pembelian-bts-meal/ar-AAKTqtP?ocid=uxbndlbing

32 Gerai McD di Jakarta Kena Sanksi Imbas Kerumunan BTS Meal (detik.com)

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.