Jumat, Maret 1, 2024

UMKM Maju Perekonomian Indonesia Tumbuh

Fanisa Triya Rahmawati
Fanisa Triya Rahmawati
Perkenalkan nama saya Fanisa Triya Rahmawati asal dari Kota Malang dan seorang mahasiswi Universitas Negeri Malang

Menurut Wikipedia Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.

Untuk mewujudkan UMKM maju tentu saja, kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus berani menciptakan hal baru. Generasi Indonesia memiliki banyak peluang dalam melakukan berbagai inovasi dan menciptakan sebuah karya yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sebagai generasi muda kita memerlukan sebuah keberanian dan keinginan untuk mencoba hal baru dengan hal ini mampu membuat generasi muda menjadi semakin garda terdepan bangsa. Dengan memulai berwirausaha dan menciptakan karya yang memiliki nilai jual generasi muda akan membantu mengurangi kemiskinan, pengangguran, serta kesulitan dalam perekonomian.

Hal ini dapat menumbuhkan perekonomian Indonesia.UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia, dimana pengembangan-pengembangan UMKM terus didukung oleh pemerintah khusus nya oleh Bank Indonesia.

Menurut Bank Indonesia dikutip dari lama resmi bi.go.id(Rabu, 05/10/2022)  Pengembangan UMKM yang dilakukan Bank Indonesia diselaraskan dengan bidang tugas Bank Indonesia dan sejalan dengan visi, misi, dan program strategis Bank Indonesia, sehingga difokuskan untuk:

1. Mendukung upaya pengendalian inflasi khususnya inflasi volatile food, yang dilakukan dari sisi suplai;

2. Mendorong UMKM potensi ekspor dan pendukung pariwisata untuk mendukung upaya penurunan defisit transaksi berjalan, serta;

3. Meningkatkan akses keuangan UMKM untuk mendukung stabilitas sistem keuangan.

Beberapa pihak mendukung penuh perkembangan UMKM untuk kemajuan perekonomian Indonesia. Ditahun 2020 Kementrian Keuangan Republik Indonesia memberikan pendapat bahwa pemerintah telah meyiapkan total anggaran subsidi bunga untuk UMKM sejumlah Rp35,2 triliun melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dan ditahun 2022 menurut kutipan dari anggaran.kemenkeu.go.id dan didukung dengan Indonesia yang menjadi Presidensi G-20 beberapa dukungan diberikan pada sektor UMKM guna untuk mendukung pengembangan UMK.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah selaku leading unit sektor UMKM mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp1,44 triliun. Terkait dengan rangkaian kegiatan G20 di Indonesia, akan dirancang keterlibatan UMKM dalam rangkaian penyelenggaraan acara tersebut dengan menyerap tenaga kerja sekitar 33.000 orang. Hal ini dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia daan menumbuhkan perekonomian Indonesia setelah bangkit dari covid-19. Berikut ini upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam mendukung  kemajuan UMKM diantaranya sebagai berikut :

1. Undang-Undang Cipta Kerja Dalam penciptaan UU  Cipta Kerja merupakan satu substansi yang diatur adalah mengenai kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan UMKM. Pemerintah berharap melalui UU Cipta Kerja, UMKM dapat terus berkembang dan memiliki daya saing.

2. Program PEN Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program ini dibuat berdasarkan PP Nomor 23 tahun 2020 yang kemudian diubah menjadi PP Nomor 43 tahun 2020. berikut merupakan rincian program PEN untuk UMKM, yaitu:

  • Subsidi bunga/margin
  • Belanja Imbal Jasa Penjaminan (IJP)
  • Penempatan Dana Pemerintah di perbankan
  • Penjaminan loss limit kredit UMKM
  • Pajang penghasilan final UMKM ditanggung pemerintah
  • Pembiayaan investasi kepada koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) koperasi UMKM
  • Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR) Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Tujuan dari program  KUR yaitu untuk meningkatkan akses pembiayaan dan memperkuat permodalan dalam sektor UMKM.

4. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)Anak muda jaman sekarang sangat minim dalam hal bangga produk buatan dalam negeri. Oleh karena itu, Tujuan Gernas BBI yaitu mendorong nasional branding produk lokal unggulan untuk menciptakan industri baru dan tentunya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dan setiap daerah-daerah di Indonesia tentunya mempunyai program kerja untuk dapat mensukseskan sektor UMKM didaerah masing-masing. Program kerja diharapkan dapat menjadi tempat bagi semua wirausaha yang mempunyai UMKM dalam menggali informasi dan terus berkembang. Semakin berkembangnya UMKM maka ekonomi Indonesia akan semakin stabil dan bertumbuh. Oleh karenanya, UMKM harus terus didukung dan diberikan tempat dalam segala perubahan yang terjadi.

Demikian opini saya mengenai mewujudkan UMKM maju untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Fanisa Triya Rahmawati
Fanisa Triya Rahmawati
Perkenalkan nama saya Fanisa Triya Rahmawati asal dari Kota Malang dan seorang mahasiswi Universitas Negeri Malang
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.