Jumat, April 19, 2024

Transformasi Pelayanan Gizi di RS PKU Muhammadiyah Gamping

Wingghayarie Patra Gandhi
Wingghayarie Patra Gandhi
Hospital Management Expert

RS PKU Muhammadiyah Gamping telah menorehkan tonggak bersejarah dalam dunia pelayanan kesehatan dengan memperkenalkan dua inovasi terbaru yang menarik perhatian banyak pihak: Layanan Gizi Halal dan Hospital Tourism. Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi RS sebagai penyedia layanan kesehatan terkemuka, tetapi juga mencerminkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang inklusif dan berkualitas bagi semua pasien.

Berdiri sejak 15 Februari 2009, RS PKU Muhammadiyah Gamping memulai perjalanan pengabdiannya dengan penuh semangat. Dengan mendapatkan akreditasi Paripurna, rumah sakit ini telah terus meningkatkan standar pelayanannya, mencapai perubahan signifikan sejak mendapatkan ijin operasional sementara dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman pada tanggal 16 Juni 2010.

Satu dari dua inovasi terbaru yang diperkenalkan oleh RS ini adalah Layanan Gizi Halal. Dalam menghadirkan layanan ini, RS PKU Muhammadiyah Gamping tidak hanya memperhatikan aspek kesehatan fisik, tetapi juga memperhatikan kebutuhan spiritual dan budaya pasien.

Dengan mendapatkan sertifikasi halal sejak September 2021, RS ini memberikan kepastian atas kehalalan menu makanan yang disajikan kepada pasien dan keluarga mereka. Salah satu staf bagian gizi mengungkapkan bahwa RS ini menggunakan berbagai strategi pemasaran dan promosi yang efektif, termasuk memanfaatkan media sosial dan mengadakan seminar tentang pentingnya gizi halal bagi kesehatan.

Inovasi kedua yang tak kalah menarik adalah Hospital Tourism. RS PKU Muhammadiyah Gamping telah menjadi destinasi yang diminati bagi wisatawan kesehatan dengan layanan yang berkualitas dan terjangkau.

Melalui program Field Site Teaching (FST) yang diadakan oleh Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 22 Maret 2024, mahasiswa memiliki kesempatan untuk melihat langsung praktik terbaik dalam pengelolaan rumah sakit dan memperluas pemahaman mereka tentang inovasi-inovasi seperti layanan gizi halal dan hospital tourism.

Selain mengadakan kegiatan FST, RS PKU Muhammadiyah Gamping juga rutin mengadakan workshop dan seminar tentang pentingnya gizi halal bagi kesehatan. Dukungan dari komunitas lokal, organisasi Muhammadiyah, dan masjid sekitar telah menjadi landasan penting dalam kesuksesan implementasi layanan gizi halal ini. Laily Ulfah, salah satu anggota tim gizi RS, menjelaskan bahwa langkah-langkah ini didukung oleh komitmen RS untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang holistik dan peduli terhadap kebutuhan beragam masyarakat yang dilayani.

Dengan menggabungkan inovasi-inovasi seperti layanan gizi halal dan hospital tourism, RS PKU Muhammadiyah Gamping telah membuktikan dirinya sebagai pelopor dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas dan inklusif. Langkah-langkah ini tidak hanya mendukung kesejahteraan pasien, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai Islam dalam praktek medis. Melalui komitmen yang kuat terhadap inovasi dan kualitas, RS ini semakin menjadi pusat kesehatan yang dicari oleh masyarakat lokal dan internasional.

Wingghayarie Patra Gandhi
Wingghayarie Patra Gandhi
Hospital Management Expert
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.