Jumat, April 19, 2024

Streaming Gaming di YouTube Selama Ngabuburit Kegiatan Bagus?

Ilham Lathif Habibie
Ilham Lathif Habibie
Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret 2023

Dalam bulan suci Ramadan 2024 ini, ketika umat Muslim berpuasa sepanjang hari, kegiatan untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa menjadi hal penting.

Salah satu trend yang semakin populer adalah menonton dan melakukan streaming gaming di platform seperti YouTube. Namun, apakah kegiatan ini dapat dianggap sebagai kegiatan yang bagus dan bermanfaat selama ngabuburit?

Melakukan streaming di bidang gaming selama ngabuburit dapat menjadi sarana hiburan yang menyenangkan bagi banyak orang. Dengan bermain game dan menyiarkan secara langsung di YouTube, penonton dapat menghilangkan rasa lapar dan haus sambil menikmati konten yang menghibur.

Terkadang, beberapa streamer juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan edukasi mengenai bulan Ramadhan, sehingga dapat menjadi pengalaman yang mendidik bagi para penonton.

Kegiatan streaming gaming juga dapat membantu membangun komunitas yang solid antara streamer dan penonton.

Para penonton yang memiliki minat yang sama dalam game tertentu dapat saling terhubung melalui livechat, menciptakan ruang bagi pertukaran ide dan pengalaman tertentu. Hal ini juga memungkinkan para penonton untuk merasa lebih terhubung dengan sesama pemain game dengan penonton lain, terutama selama bulan Ramadan dengan membatasi aktivitas fisik dan interaksi sosial.

Banyak streamer gaming yang juga menggunakan platform mereka untuk menyebarkan pesan dan kegiatan positif selama bulan Ramadan seperti menggalang dana, menyampaikan pesan moral, atau sekadar mengajak penonton mereka untuk bersama-sama menjalankan ibadah dengan baik selama bulan suci ini.

Oleh karena itu, kegiatan streaming gaming tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat jiwa sosial dan keagamaan.

Saya sendiri selama ngabuburit biasanya melakukan kegiatan streaming gaming di YouTube untuk menunggu waktu berbuka puasa karena dapat berinteraksi dengan penonton dan teman dekat serta tetap menjalani ibadah salat lima waktu. Namun, saya juga berusaha untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan produktif untuk mengisi waktu selama ngabuburit di bulan Ramadhan ini.

Meskipun sebagian orang mungkin memandang kegiatan streaming gaming di YouTube selama ngabuburit sebagai pengalihan yang kurang bermanfaat, tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat kepada semua orang.

Mulai dari menghibur dan mendidik, membangun komunitas, hingga menyebarkan pesan-pesan positif. Oleh sebab itu, jika dilakukan dengan bijak, kegiatan streaming gaming di YouTube dapat dianggap sebagai kegiatan yang bagus dan bermanfaat selama bulan Ramadan.

Ilham Lathif Habibie
Ilham Lathif Habibie
Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret 2023
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.