Selasa, Maret 5, 2024

Self Mastery

Adi Nugroho
Adi Nugroho
Pecinta akuntansi, pendidikan, desain bangunan, musik, dan film.

Pernahkah anda merasa bahwa kehidupan anda berjalan datar-datar saja? Atau, apakah anda merasa bosan dengan kehidupan yang sepertinya hanya berjalan di tempat dan merasakan bahwa hari hari yang anda jalani terasa hampa?

Mungkin ada sebagian dari kita yang saat ini sedang menganggur setelah lulus kuliah, setiap harinya mengecek email, atau akun linkedin kita, berharap bahwa ada panggilan interview kerja.

Apabila tidak ada panggilan, maka kita di rumah scroll tiktok, instagram, dan lain sebagainya untuk menghabiskan waktu kita. Atau ada yang saat ini telah mendapatkan pekerjaan, namun setiap harinya harus mengerjakan pekerjaan yang sama dan berulang ulang demi untuk mendapatkan gaji bulanan.

Sebagian besar dari kita mungkin merasakan hal tersebut. Kebosanan dan kehampaan yang melanda kita setiap hari, dan berharap mungkin ada suatu kejaiban atau mukjizat yang bisa membuat kita keluar dari lingkaran ini. Contohnya, mungkin saat kita sedang bersantai santai di rumah menunggu panggilan interview, kita berkhayal bahwa tiba-tiba kita mendapatkan warisan yang sangat besar dari orang tua kita, dan lain sebagainya.

Kebosanan dan kehampaan itu terjadi, karena kita tidak memiliki suatu tujuan atau aktualisasi dalam hidup kita. Setiap hari kita dituntut untuk bekerja di kantor, kemudian pulang ke rumah, makan malam, menonton tv, dan beristirahat. Kegiatan tersebut berulang dan meskipun kita tahu bahwa hal tersebut membuat kita bosan, kita terus melakukannya tanpa ada niat untuk keluar dari zona tersebut karena kita telah merasa nyaman di zona tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya, saat ini saya sedang menerapkan metode 7 steps to self mastery (penguasaan diri sendiri), yang membuat saya menemukan tujuan hidup baru, semangat baru, pengalaman hidup baru, dan tentunya ilmu-ilmu yang baru dan berkualitas.

Metode itu sangat efektif dilakukan apabila kita masih takut untuk keluar dari zona nyaman kita. Kita bisa perlahan lahan mulai mengubah hidup kita dan hidup dengan penuh semangat di setiap harinya. Tujuh langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Pertama, Self Awareness, langkah awal kita untuk belajar mengenali diri kita sendiri. Kita mulai belajar mengenai kelebihan kita serta kekurangan kita, sehingga kita mengerti bagian mana yang seharusnya selalu diasah, dan bagian mana yang harus ditingkatkan. Sebagai contoh, saya merasa bahwa kelebihan saya adalah saya cepat dalam menghitung matematika dan kekurangan saya adalah saya kurang pandai bersosialisasi dengan orang lain.

Kedua, Self Exploration, adalah kita memulai untuk belajar mengatasi kelemahan kita. Dalam contoh di atas, saya mengetahui bahwa kelemahan saya adalah saya kurang pandai bersosialisasi dengan orang lain. Untuk itu, saya mencoba belajar untuk memulai percakapan dengan orang orang baru di sekitar saya, seperti bercakap cakap dengan seorang Ibu di bus kota, dan lain sebagainya.

Ketiga, Self discovery (belajar untuk menemukan solusi dan mulai membuat problem list untuk dicocokkan dengan solusi yang sudah dibuat). Keempat, Self understanding (belajar memahami situasi, lingkungan maupun kebutuhan orang lain), ini perlu waktu 2 tahun.

Kelima, Self transform (belajar untuk meleburkan ego diri sendiri dan mulai bergerak untuk melayani kebutuhan masyarakat berskala besar), jadi pada fase karier ini, kita dituntut untuk memikirkan hidup orang banyak dan tidak terlalu memikirkan kepuasan diri sendiri.

Enam, Self love (mencintai karir sebagai hobi /hiburan), artinya seseorang bekerja sepenuhnya tanpa harus memikirkan cara untuk liburan karena karir nya sudah mewakili masa liburannya. Dan terakhir, Self mastery (menjadi guru kehidupan bagi masyarakat seluruh dunia), misi hidupnya yaitu ; membantu mengentaskan masalah hidup, ini merupakan puncak karir manusia yang mulia.

Adi Nugroho
Adi Nugroho
Pecinta akuntansi, pendidikan, desain bangunan, musik, dan film.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.