Selasa, Mei 18, 2021

Peranan Terbesar Manajemen Dalam Bisnis Perhotelan

Game of Thrones dalam Pidato Jokowi, Ironi!

Dalam forum IMF-WB di Bali, baru-baru ini, Jokowi berpidato dengan menggunakan analogi serial Game of Thrones atas fenomena perang dagang yang terjadi di dunia...

Laporan Keuangan? Basi?

Berbicara soal laporan keuangan, tentu sudah tidak asing lagi di telinga orang ekonomi, apalagi yang bergelut dalam dunia akuntansi. Secara singkat, laporan keuangan adalah...

DPR dan Aktor Utama UU MD3

Masih dalam hiruk pikuk pemberitaan tentang revisi UU Nomor 17 Tahun 2017 tentang MPR, DPR, DPRD, DPD (MD3) yang salah satu pembaharuannya adalah perihal...

Sekolah Menghasilkan Orang Bingung?

Mari kita refleksi kembali pada masa-masa di mana kita banyak menghabiskan waktu untuk duduk di bangku dan menatap papan tulis. Adalah sekolah, yang menghabiskan...
Rifky Bagas
Writing is one way to express your self. To be honest to make some opinion. What do you feel is what do you write. Give your freedom but keep concern ethics and polite words.

Melihat fenomena sekarang ini mengenai bisnis pariwisata di Indonesia yang terus tumbuh sesuai dengan anggapan positif dunia atas stabilnya keamanan di Indonesia mendorong tumbuhnya industri perhotelan hingga ke daerah-daerah di Indonesia. Saat ini Indonesia mulai menjadi fokus dunia, sehingga kita bisa melihat beberapa kegiatan maupun pertemuan-pertemuan penting dunia diadakan di Indonesia. Bisnis perhotelan adalah bisnis pelayanan, bisnis keramah tamahan , dan kenyamanan. Sehingga kepercayaan menjadi poin utama bagi pelanggan atau turis asing hingga lokal menggunakan pelayanan tersebut. Berbicara mengenai pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan secara pemasaran kita bisa melihat contohnya bagaimana manajemen Alexis bisa membuat market yang begitu ekslusif dan dapat memenuhi kebutuhan turis asing maupun pihak-pihak local yang ekslusif pula. Saya sebagai penulis tidak akan membahas mengenai kasus yang sedang hangat sekarang ini namun hanya mengambil poin sedikit mengenai pemasaran mereka. Yang kedua merupakan pengalaman penulis sendiri saat dulu bekerja sebagai konsultan perhotelan. Sebenarnya bisnis perhotelan adalah bisnis jangka panjang. Keuntungannya tidak serta merta akan dirasakan langsung oleh pemilik. Saya tekankan sekali lagi bahwa bisnis perhotelan adalah bisnis kepercayaan akan kualitas pelayanan yang diberikan dan konsisten sehingga menjadi sebuah hal yang merupakan ciri khas atau hal yang otentik yang tidak dimiliki hotel lain. Pengalaman dari penulis bahwa sebenarnya yang memegang peranan terbesar adalah pihak manajemen.

Memang perlu diketahui bahwa manajemen perhotelan seperti Accor dan Tauzia merupakan manajemen ternama dengan beberapa produk hotel dengan standarisasi yang rigid dan berkualitas internasional. Pengalaman penulis yang dulu bekerja untuk memberikan training program dan juga menjelaskan perlakuan akuntansi yang berupa workflow sistem bisnis perhotelan tidak dapat dipahami dalam waktu yang sebentar. Ada standarisasi akun-akun yang spesifik dan beragam di dalam sistem akuntansi perhotelan. Setiap lini produk penjualan di hotel mempunyai akun biaya-biaya tersendiri sehingga bisa dibilang sistem akuntansi perhotelan sangat baik dari pengeloaan biaya apakah sudah sesuai dengan standar manajemen maupun ada ketidak-efisiensi dari pengeloaan tersebut. Lebih jelasnya bahwa biaya gaji untuk pegawai di front office , spa, dan juga restauran bahkan dengan di bagian keuangan dan akuntansi masing-masing berbeda. Untuk segi produksi makanan berjenis food atau beverage itu juga dibedakan. Standar penggunaan biaya memproduksi food dan beverage yang maksimal sebesar 30% menjadi standar yang harus dipatuhi manajemen dan dapat dipantau setiap harinya melalui sistem. Itu mengenai biaya, mengenai pengakuan pendapatan pun juga berbeda. Contohnya di dalam komponen penjualan room, tamu datang untuk menginap tidak serta merta menjadi penjualan pada hari itu juga namun ter-update menjadi tagihan saat night audit, ketika jam 12 malam. Ada juga mengenai data guest ledger, yaitu jumlah akumulasi tagihan tamu yang belum check out yang tidak akan muncul di neraca keuangan maupun laba rugi hotel. 

Guest ledger hanya terlihat di laporan pengendalian room. Bagi penulis, sistem akuntansi yang diterapkan manajemen hotel kelas internasional seperti Accor sangat detail, punctual, dan sistem pengendalian yang sangat jelas. Tujuan utama untuk mengetahui profit, perbandingan dengan kurun waktu tertentu, proyeksi pendapatan yang akan diterima ke depan, serta metode pemasaran apa yang perlu dibuat untuk dapat menunjang profit. Laporan yang beragam namun proper bagi saya, sangat bermanfaat sekali hingga bisa melihat kinerja sales, kinerja pengendalian persediaan di departemen akunting, bahkan pengeloaan corporate guest di hotel tersebut. Dalam segi perpajakan hal itulah yang menjadi acuan kita sebagai fiskus agar penerimaan pajak menjadi lebih optimal dan kejelian melihat potensi penerimaan di dalam sektor perhotelan.

Rifky Bagas
Writing is one way to express your self. To be honest to make some opinion. What do you feel is what do you write. Give your freedom but keep concern ethics and polite words.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Hari Buku Nasional, Budaya Literasi Kita Masih Rendah!

Dalam sebuah video perjalanannya, Fiersa bersari pernah mengucapkan perbanyaklah membaca buku, supaya pertanyaan bagaimana cara menulis tidak perlu diucapkan lagi. Suatu ungkapan yang menekankan...

Biografi dan Cara Berpikir Hamka (Bagian 1)

Sabtu pagi, 8 Juni 2013, Prof. James R. Rush dari Arizona State University, berkunjung ke tempat tinggal saya di Jakarta, untuk bertukar pikiran tentang...

Rasa Kemanusiaan Tidak Mengenal Batas Negara

Nampak aneh jika ada seorang manusia bisa berbuat baik tanpa ada alasan apapun dibelakangnya. Itu pikiranku dulu, ternyata hal itu pernah terjadi setelah aku...

Nasib Korban Kejahatan Seksual di Indonesia

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ValueChampion tahun 2019, Indonesia disebut sebagai negara kedua di kawasan Asia Pasifik yang paling berbahaya untuk wisatawan wanita. Bagi...

Indonesia dan Konflik Palestina: Langkah Ekstrem

Akhir Ramadhan diwarnai dengan serangan yang berulang dari Zionis Israel kepada Palestina. The Reuters melaporkan bahwa tembakan roket dan serangan Israel berlangsung secara masif...

ARTIKEL TERPOPULER

Tegakkan P3SPS Secara Keseluruhan

Televisi merupakan sebuah media telekomunikasi yang terkenal dengan fungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak dan suara, dalam bentuk monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi"...

Doa dan Puisi untuk Palestina

Kamis malam ini (24-8-2017) akan digelar acara “Doa untuk Palestina”. Diprakarsai oleh Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, acara yang akan berlangsung di Grahana...

Strategi Mengikis Angka Golput

Golongan putih (Golput) atau perilaku non-voting (orang-orang yang tidak menggunakan hak pilihnya) masih menjadi bayang-bayang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Padahal, pesta demokrasi ini akan diselenggarakan...

Membedah Ucapan Jokowi soal Bipang Ambawang

Ucapan Presiden Jokowi soal ajakan kepada masyarakat untuk membeli makanan khas daerah, salah satunya bipang Ambawang, menjadi kehebohan baru. Ucapan itu terdapat dalam potongan...

Rasa Kemanusiaan Tidak Mengenal Batas Negara

Nampak aneh jika ada seorang manusia bisa berbuat baik tanpa ada alasan apapun dibelakangnya. Itu pikiranku dulu, ternyata hal itu pernah terjadi setelah aku...

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.