“Keberhasilan belajar siswa dapat ditentukan oleh motivasi yang dimilikinya. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung prestasinya pun akan tinggi pula, sebaliknya motivasi belajarnya rendah, akan rendah pula prestasi belajarnya. Tinggi rendahnya motivasi dapat menentukan tinggi rendahnya usaha atau semangat seseorang untuk beraktivitas, dan tentu saja tinggi rendahnya semangat akan menentukan hasil yang diperoleh.”
Dari kutipan ini, sangat penting bagi setiap murid bahkan individu dewasa untuk memiliki motivasi untuk belajar. Dari motivasi yang mereka rasakan akan secara tidak sengaja mendorong semangat untuk berprestasi dan keinginan untuk sukses atau menggapai cita-cita nya.
Sejalan dengan Indikator motivasi belajar menurut Tyas (48:2014) memiliki lima indikator yaitu diantaranya:
1. Rasa senang dan ketertarikan
2. Minat dan perhatian
3. Keaktifan dan dorongan untuk berprestasi
4. Semangat dalam belajar
5. Keinginan kuat untuk memahami
Dari kutipan diatas, dapat saya pahami maksud dari indikator motivasi belajar tersebut agar kita dapat menumbuhkan semangat belajar yang kuat, berikut penjelasannya:
a. Rasa senang dan Ketertarikan
Dari dalam diri seseorang harus memiliki rasa tertarik terlebih dahulu pada satu bidang, dari ketertarikan ini dapat membuat rasa senang untuk menjalani bidang tersebut. Tidak ada paksaan dari pihak mana pun, hal ini muncul dari rasa keingintahuan dari diri individu tersebut.
b. Minat dan Perhatian
Setelah tertarik dan rasa senang ingin mengetahui pada bidang tersebut, muncul minat untuk mempelajari bidang tersebut dengan tekun. Selama proses pembelajaran, pusat perhatian kita tertuju pada pembelajaran mengenai bidang itu, walaupun diulang berkali-kali tetapi tidak merasa jenuh, malah semakin semangat jika sudah memiliki minat pada bidang itu.
c. Keaktifan dan dorongan untuk berprestasi
Setelah mempelajari berulang kali pembelajaran di bidang itu, biasanya diri individu merasa yakin dan percaya diri untuk mengembangkan potensi diri nya yang sudah menguasai bidang itu. Dengan rasa ingin berkembang pada bidang itu, diri individu mulai memikirkan cara untuk aktif mengembangkan potensi dirinya dalam bidang tersebut. Lalu, muncul dorongan untuk diri individu tersebut untuk membuat prestasi sebanyak-banyak nya.
d. Semangat dalam belajar
Setelah semua itu didapatkan oleh individu itu, namun semangat dalam belajar secara terus-menerus bahkan berulang kali tidak menimbulkan kejenuhan baginya. Semangat nya terus membesar dalam mempelajari bidang nya itu, hingga muncul rasa ingin menciptakan suatu objek dari bidang itu. Tidak hanya belajar untuk diri sendiri bahkan individu ini senang mengajari orang lain, ketika dia menjelaskan pengetahuannya individu ini merasa percaya diri dan bersemangat.
e. Keinginan kuat untuk memahami
Ketika seseorang sudah mendapatkan pengetahuan di bidang yang dia suka, individu ini memiliki keinginan lebih untuk memberanikan belajar hal-hal sulit di bidang tersebut. Karena individu ini percaya diri akan keberhasilan di bidang yang dia minati.
Seseorang dapat menuai kesuksesan apabila ada rasa semangat dalam menekuni bidang itu, walaupun bidang itu sulit. Jadi, langkah awal dari kunci kesuksesan dalam belajar adalah adanya semangat dalam diri dan ketertarikan pada bidang tersebut. Seseorang tidak akan sukses dalam belajar dan menekuni bidang tersebut apabila ada paksaan dari pihak lain.
Referensi
- Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. ISBN 978-623-98648-2-8. Hal 291
- Tyas (48:2014)