OUR NETWORK
Jumat, Januari 21, 2022

Pendidikan Antikorupsi dikalangan Mahasiswa

Alda Fuadiyah
Mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa, karena sudah merusak sendi-sendi bangsa, merusak tujuan bernegara, dan merusak upaya mensejahterakan masyarakat Indonesia. Hingga pada saat ini, Indonesia masih berada diangka 37 dari 100 hasil optimal.

Angka tersebut menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki risiko kejadian korupsi yang tinggi. KPK memiliki alat bantu guna mengetahui indeks korupsi yang terjadi, diantaranya penilaian intergritas, guna mengukur dan membantu institusi untuk memetakan resiko korupsi dan mengatur efektivitas upaya-upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh institusi tersebut.

Pendidikan Antikorupsi dinilai menjadi salah satu strategi pemberantasan korupsi karena dapat menciptakan ekosistem budaya antikorupsi dalam membangun karakter generasi muda. Disisi lain, seharunya Perguruan Tinggi harus menanamkan 9 nilai Integritas yang dapat dijabarkan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Upaya mencegah budaya korupsi di masyarakat terlebih dahulu dapat dilakukan dengan mencegah berkembangnya mental korupsi pada anak bangsa indonesia melalui pendidikan. Semangt anti korupusi yang patut menjadi kajian adalah penanaman pola pikir, sikap, dan perilaku antikorupsi melalui sekolah.

Sektor pendidikan formal di Indonesi dapat berperan dalam memenhi kebutuhan pencegahan korupsi. Pendidikan unutuk mengurangi korupsi berupa pendidikan nilai, yaitu pendidikan untuk mendorong setiap generasi menyusun kembali sistem nilai yang diwarisi. Kurikulum pendidikan antikorupi mulai dikembangkan di sekolah-sekolah dengan penyesuaian konsep dan target sasaran yang hendak dicapai di jenjang lembaga pendidikan terkait. Dari mulai Sekolah Dasar sampai di Perguruan Tinggi.

Di Perguruan Tinggi pelaksanaan Pendidikan Antikorupsi (PAK) didukung oleh dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No. 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi. Pendidikan Anrikorupsi menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya membangun generasi Indonesia yang berintegritas tinggi, bermartabat, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab sesuai dengan pendidikan nasional yang ada.

Agar terwujudnya pelaksanaan Pendidikan Antikorupsi ini diperlukannya kalaborasi dan sinergitas serta upaya-upaya untuk membangun watak dan karakter generasi penerus bangsa yang benar-benar memahami tentang Pendidikan Atikorupsi. Dalam hal ini juga diharapkan kepada Mahasiswa dan pemimpin Perguruan Tinggi serta Masyarakat disekitar bekerja sama dalam aspek pendekatan, meningkatkan kuantitas dan kuantitas Pendidikam Antikorupsi.

Selain itu peran pemrintah juga penting untuk terwujudnya Pendidikan antikorupsi ini. Dengan ini pemerintah wajib membuat peraturan dan regulasi bagi para pengajar untuk terhindar dari praktik korupsi yang sudah banyak terjadi. Salah satu dari strateginya yakni, dilakukkanya diluar pencegahan dan penindakan.

Kita sebagai Mahasiswa juga harus paham betul akan Pendidikan Antikorupsi ini. Kita harus menanamkan didalam hati agar kita tidak punyak pikiran untuk melakukan korupsi dimasa mendatang.

Sebagai remaja yang berpendidikan kita juga harus menyalurkan petisi untuk para koruptor. Jika kita sebagai anak remaja mengikuti jalur para koruptor, lalu bagaimana dengan nasib Negara Indonesia pada masa mendatang. Jadi, seharusnya kita sebagai remaja yang berpendidikan harus benar-benar melawan akan koorupsi yang sudah banyak di negeri ini.

Alda Fuadiyah
Mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.