Senin, Juli 15, 2024

Pembekalan Wirausaha bagi Mahasiswa Abad XXI

Bunga Tiara
Bunga Tiara
Mahasiswa di Bengkulu

Perkembangan abad XXI saat ini sangatlah pesat, dapat dilihat dari teknologi, informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan. Memasuki abad XXI ini, sangat penting untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan dapat memecahkan masalah serta menemukan solusi. Karena, persaingan di era globalisasi terutama perdagangan, salah satu alasan kemajuan ekonomi sebuah negara yang akan berdampak berupa kemajuan dan kesejahteraan.

Kewirausahaan adalah salah satu cara yang terbaik untuk mewujudkan semua aspek tersebut. Para wirausaha memiliki tekat dan mimpi yang sangat kuat maka tekat terrsebut haruslah tercapai. Karakter seorang wirausaha dapat dilihat dari bagaimana mereka berpikir kreatif, inovatif, berani untuk mengambil segala resiko yang ada, mampu berpikir kritis, dapat menyelesaikan masalah, mampu berkomunikasi dengan baik agar dapat terlihat menarik dan dapat berkolaborasi dengan baik dengan orang lain.

Aspek dasar wirausaha penting untuk memasuki abad XXI terutama bagi mahasiswa. Mahasiswa adalah salah satu subjek yang sudah dapat menjalani kewirausahaan dikarenakan karakter seorang wirausaha itu sudah dapat terlihat dari mahasiswa. Maka dari itu penting bagi PTN manapun untuk memberi bekal wirausaha bagi mahasiswa khususnya pada abad XXI. Bekal ini lebih baik di implementasikan pada mata kuliah wajib, bukan pilihan, dikarenakan kewirausahaan ini sangat penting untuk menjadi salah satu solusi khususnya bagi ekonomi mahasiswa sebelum lulus maupun sesudah lulus.

Mengutip data Survei Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Februari 2023 menunjukan jumlah sarjana yang menjadi pengangguran ada 12 persen (Sekitar 958,800) hampir 1 juta sarjana di Indonesia menganggur. Karena data tersebut sangat penting pembekalan wirausaha yang akan menjadi solusi mahasiswa agar dapat meningkatkan laju ekonomi Indonesia di era globalisasi abad XXI serta dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia sebanyak 7,99 juta, hingga 2023 mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Bekal wirausaha bagi mahasiswa terlihat sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini, data BPS hingga tahun 2023 tersebut menunjukkan penurunan merosot hingga 410 ribu orang dari februari 2022 tahun lalu yang mana pengangguran berjumlah 8,40 juta orang. Bekal wirausaha ditekankan pada mahasiswa untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Indonesia. Saat ini Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2023 mencapai kisaran 4,5-5,3. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi  ini dikatakan didukung oleh peningkatan permintaan domestik.

Saat Mahasiswa tidak dapat bekerja setelah lulus sesuai dengan jurusan yang ditempuh lebih kurang 4 tahun, maka bekal wirausaha ini lah yang akan menjadi solusi terbaik. Banyak manfaat dengan mahasiswa berwirausaha mereka akan dapat penghasilan sendiri bermanfaatn bagi orang lain dengan membuka lapangan kerja, meningkatkan keterampilan mahasiswa tersebut dengan dapat berpikir kritis serta dapat berkolaborasi. Dengan mahasiswa berwirausaha manfaat yang didapat bukan hanya uuntuk diri sendiri namun juga untuk lingkungannya orang lain dan dapat sekali berdampak pada Negara itu sendiri.

Dapat dilihat peningkatan ekonomi di Indonesia sangat didukung atas peningkatan permintaan domestik. Peningkatan permintaan domestik sendiri pada tahun 2020 jadi penyelamat ekonomi di tengah pandemi Indonesia. Permintaan dari beberapa produksi-produksi sedikit lebihnya dari rumah usaha yang kecil sampai ke besar. Dapat dilihat dari data tersebut manfaat jika adanya bekal atau jiwa kewirausahaan yang harus selalu diberikan khususnya pada mahasiswa itu, dapat berdampat sangat luas dari segala segi aspek kehidupan.

Bekal wirausaha jika sudah diberika kepada mahasiswa maka secara otomatis mahasiswa itu sendiri akan mengeluarkan keterampilannya dan akan berpikir kreatif serta inovatif untuk mewujudkannya. Dan dengan canggihnya abad XXI mahasiswa sangat dapat mengandalkan teknologi yang ada misalnya berwirausaha melalui dunia maya seperti mempromosikan usahanya di media sosial agar dapat menarik pembeli di dalam maupun luar negeri.

Bunga Tiara
Bunga Tiara
Mahasiswa di Bengkulu
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.