Kamis, Juni 20, 2024

Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi, Tekad Bangun Negeri

Ririn Wahyu Priyanti
Ririn Wahyu Priyanti
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Tidar

Menjabat selama dua periode, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil memajukan infrastruktur Indonesia menjadi lebih baik. Memasuki periode terakhir dari masa jabatannya, Presiden Jokowi semakin gencar dalam membangun infrastruktur. Berbagai proyek infrastruktur yang digulirkan sepanjang masa jabatannya telah memperkuat konektivitas, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Berdasarkan data rilisan kementerian PUPR menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 2014 hingga 2022 Presiden Jokowi telah berhasil membangun jalan nasional sepanjang 47.817 km dimana panjang jalan sebelumnya tercatat 46.432 km. Panjang jalan provinsi dan kabupaten/kota meningkat drastis dari 37.064 km menjadi 501.344 km.

Sementara itu, untuk jalan tol meningkat sangat tajam yang awalnya hanya 1.500 km menjadi 2.499km di tahun 2022. Hingga saat ini masih terdapat proyek jalan tol yang dalam proses pembangunan yaitu sepanjang 1.800 km.

Keberhasilan proyek ini mencerminkan visi jokowi untuk meningkatkan konektivitas dalam negeri, membuka peluang investasi, serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Tak hanya pembangunan jalan. Pemerintahan Jokowi juga telah berhasil membangun bendungan yang berfungsi sebagai pengairan sektor pertanian dan pembangkit listrik. Jumlah pembangunan bendungan yang meningkat menjadi 42 di tahun 2022 dimana sebelumnya hanya terdapat 15 bendungan. Kapasitas irigasi yang ikut bertambah signifikan dari 110 ribu hektar menjadi 303 hektar.

Keberhasilan Jokowi dalam bidang infrastruktur juga tercermin dari perbaikan indeks daya saing global Indonesia. Negara ini berhasil meraih peringkat ke 34 dari total 64 negara di dunia, berdasarkan hasil riset World Competitiveness Ranking 2023. Melejitnya peringkat ini menjadi peluang bagi Indonesia sebagai daya tarik investasi dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Capaian keberhasilan ini di dukung dengan adanya tingkat kepuasan kinerja pemerintahan Jokowi yang mencapai angka 80 persen. Jumlah angka yang hampir sempurna ini membuktikan bahwa legitimasi Presiden Jokowi semakin kuat.

Selain itu, pemimpin negara telah berhasil membangun infrastruktur Indonesia dengan menggunakan konsep sentris. Konsep tentang pembangunan yang tidak hanya berfokus di Pulau Jawa, melainkan ke seluruh Indonesia. Konsep ini nyata terealisasikan dengan adanya pembangunan jalan di Papua

Secara keseluruhan, keberhasilan Jokowi dalam bidang infrastruktur memberikan cerminan nyata akan tekad dan komitmen pemerintah dalam mewujudkan perubahan positif bagi masyarakat. Berbagai proyek yang terus berjalan dan pengembangan infrastruktur yang berkesinambungan. Tampaknya memperlihatkan bahwa Indonesia semakin siap menghadapi tantangan dan memperkuat posisinya di kancah internasional.

Ririn Wahyu Priyanti
Ririn Wahyu Priyanti
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Tidar
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.