Minggu, November 24, 2024

Paradoks Gerakan Front Pembela Islam

Arif Ramadhan
Arif Ramadhan
Penyayang sesama mahluk Tuhan dan suka berbagi kasih.
- Advertisement -

Siapa yang tidak mengenal Front Pembela Islam (FPI)? Hampir seluruh rakyat Indonesia mengenalnya. Organisasi yang didirikan oleh Rizieq Shihab adalah organisasi yang cukup menjadi perhatian publik. Perhatian tersebut tidak lain merupakan bentukan paham yang dibangun tentang perlawan terhadap kemaksiatan, jihad dan sebagainya. Bahkan terparah adalah menciptakan pemahaman kepada warga non muslim sebagai paham yang kafir.

Hal semacam ini perlu kita melihat secara jernih, slogan apa yang dibangun oleh FPI hingga mampu memancing masa yang begitu banyak dan mampu membolak balikan arah politik Indonesia.

Dalam buku Ian Wilson “Main Hakim Sendiri dan Militansi Islam Populis Indonesia; Studi Kasus Front Pembela Islam” menjelaskan secara spesifik bagaimana peran FPI yang ‘maha dasyat’ tersebut sehingga ditakutkan oleh sebagian kalangan. Namun, disisi lain, ada juga kalangan yang berani menantangnya, diantaranya adalah kalangan Islam sendiri; Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Ian Wilson begitu dalam mengurai latar belakang FPI sebagai organisasi Islam yang melawan kemaksiantan, namun disisi lain FPI juga mendukung kemaksiatan. Salah satunya tentang rumah bordil dan klub malam di sekitaran Jakarta. Peran FPI begitu terlihat tebang pilih tentang arti melawan kemaksiatan, FPI tidak berani mengganggu klub malam maupun rumah bordil kelas kakap, karena dapat merugikan pihak FPI sendiri.

FPI lebih doyan melawan bisnis kecil rumah bordil dan sebagainya. Ternyata menurut Ian Wilson ada kepentingan lain, yaitu menghilangkan saingan dan memudahkan pasar rumah bordil maupun klub malam besar. FPI pun dianggap ‘mitra kerja’ oleh pemerintah dan Kepolisian (Ian Wilson; 40).

Selain itu juga, Ian Wilson menjelaskan bagaimana gerakan Greenpeace Indonesia ditolak oleh FPI. Padahal Greenpeace Indonesia sedang mengempanyekan hilangnya hutan akibat perkebunan sawit.

FPI menyebutkan gerakan Greenpeace Indonesia dibiayai oleh dana haram dari hasil perjudian (Ian Wilson; 44). Namun dugaan tersebut salah, FPI tidak berhenti disitu dan menuding bahwa Greenpeace tidak terdaftar dan menjadi perwakilan asing. Kepentingan FPI sendiri, termasuk kerja sama sementara dengan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), diduga karena insentif signifikan yang diberikan industri kelapa sawit yang menjadi target kampanye Greenpeace.

Gerakan FPI ternyata tebang pilih dalam melawan kemaksiatan. Ian Wilson mengurai hal tersebut memiliki kepentingan. Bahkan organisasi Islam seperti Muhammadiyah dan NU tidak sepaham dengan cara yang dilakukan FPI. Sebagai pemimpin, Rizieq Shibah sering melontarkan atau merendahkan dasar negara seperti Pancasila. NU yang memiliki masa terbesar se-Jawa Timur benari menolak kehadiran FPI (Ian Wilson; 45).

Dalam tulisan Ian Wilson sejatinya perlu melihat secara jernih setiap kepentingan yang mengatas namakan rakyat, apalagi menggunakan kata “umat Islam”. Hal semacam itu tidak terlepas dari berbagai kepentingan, yang sebenarnya menguntungkan koorporatisme meupun bisnis ‘haram’ yang seharusnya wajib dilawan oleh gerakan Islam.

Islam tidak bisa tunduk terhadap kekuasaan penguasa, selagai hal tersebut batil, maka perlawan tersebut wajib dilakukan. Tindakan semacam itu yang diperlihatkan oleh para nabi-nabi, bagaimana Musa melawan Fir’aun, Ibrahim melawan Namrud, Muhammad melawan kekuasaan para bani Qurais yang menguasai daratan Arab dan perjuangan nabi lainnya. Hal demikian adalah contoh revolusi yang nyata tanpa pandang bulu bahkan tundukpun tidak terhadap kekuasaan.

- Advertisement -

Dari kisah-kisah nabi, kita melihat bagaimana mereka menjadi pencerah dalam melawan kebatilan. Hal ini tidak kita rasakan dari gerakan Islam yang berlogo FPI. Selemah-lemahnya iman, apabila tidak mampu melakukan revolusi, gerakan Islam seperti FPI minimal melakukan hal yang sama seperti gerakan Islam pada masa Hindia Belanda bagaimana Serakat Islam begitu vokal melawan penjajah, tanpa kompromi dan tanpa pandang bulu. Dan, Sarekat Islam adalah salah satu akar gerakan revolusi Hindia Belanda sebelum mencapai kemerdekaan Indonesia.

Mungkin benar yang disebutkan oleh Marx bahwa agama adalah candu. Bukan sebagai kepercayaan yang dimaksud oleh Marx, melainkan agama tunduk terhadap kekuasaan. Seharusnya agama, seperti yang digaungkan oleh FPI lebih depan melawan kebatilan. Senada dengan penyampaian Haji Misbach dalam Nor Hikmah “Pertarungan Islam dan Komunis Melawan Kapitalisme: Teologi Pembebasan Kyai Kiri Haji Misbach”, Ia menyebutkan “orang yang mengaku diri Islam tetapi tak setuju ada komunisme, saya berani mengatakan ia bukan Islam yang sejati”.

Kalimat di atas memang memiliki perdebatan tersendiri, tetapi yang semestinya diambil dari gagasan Haji Misbach yakni Islam sebagai agama pencerah dan komunisme sebagai alat gerakan untuk mencapai revolusi, maka Islam dan Komunisme bersama melawan kebatilan dalam bentuk imprealisme, kapitalisme dan model penjajahan gaya baru. Tujuan akhirnya adalah pembebasan bagi umat itu sendiri, tanpa terkungkung oleh kekuasan modal yang mampu memperalat manusia dan menindas manusia.

Sangat disayangkan FPI tidak hadir dalam bentuk penindasan yang amat sangat dirasakan oleh umat Islam. FPI hanya fokus terhadap gerakan politik seperti melawan Ahok.

Seharusnya FPI hadir ketika penggusuran yang dilakukan oleh negara seperti yang terjadi atas pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA); FPI harus hadir melawang pengusaha tambang di Kalimantan Timur yang mengakibatkan matinya 32 orang anak di lubang tambang.

FPI harusnya hadir diantara kesulitan warga yang kesusahan memperoleh akses ekonomi, pendidikan dan kesehatan; FPI harusnya lebih depan menggaungkan kemaksiatan bagi pengusaha yang memperkosa bumi dan merugikan manusia lainnya; FPI semestinya menjadi garda terdepan sebagai panji Islam dalam melawan korupsi; dan FPI semestinya lebih melihat manusia bukan karena agama, seperti yang dilakukan oleh Musa ketika melawan Firaun, dimana kaumnya pada saat itu adalah Bani Israel.

Arif Ramadhan
Arif Ramadhan
Penyayang sesama mahluk Tuhan dan suka berbagi kasih.
Facebook Comment
- Advertisement -

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.