Senin, November 11, 2024

Menuju Indonesia Emas 2045, tapi Kesenjangan Pendidikan Masih Tinggi?

Miftahul Khoeriyah
Miftahul Khoeriyah
My name is Mita. iam a learner. my recently job is as a teacher now. iam loving writer, reading and learning. thats my favorit work. i am interesting about aducation, psychology, and social problems.
- Advertisement -

Kualitas pendidikan adalah faktor kunci dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Sayangnya, di Indonesia, perbedaan mencolok antara pendidikan di perkotaan dan pedesaan telah lama menjadi isu yang tidak terpecahkan. Kesenjangan ini meliputi aspek fasilitas, akses teknologi, kualitas guru, hingga partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Meskipun ada banyak upaya pemerintah untuk meningkatkan pemerataan pendidikan, fakta di lapangan menunjukkan bahwa tantangan ini masih jauh dari selesai.

Data statistika pada tahun 2023 menunjukan bahwa ketimpangan pendidikan desa dengan pendidikan di kota masih cukup tinggi. Terdapat perbedaan yang mencolok dalam persentase penduduk yang menamatkan pendidikan menengah.

Di kota, 49,16% penduduk berusia 15 tahun ke atas telah menamatkan sekolah menengah atas atau sederajat, sementara di daerah pedesaan, angka ini turun menjadi hanya 27,98%. Data tersebut menyoroti bahwa sebagian besar penduduk pedesaan hanya menamatkan sekolah dasar, dengan 31,13% mencapai tingkat pendidikan ini.

Fasilitas dan Infrastruktur Pendidikan: Antara Ketimpangan dan Keterbatasan

Salah satu faktor terbesar yang menciptakan kesenjangan antara pendidikan di kota dan desa adalah fasilitas yang tersedia. Sekolah-sekolah di perkotaan umumnya dilengkapi dengan laboratorium yang memadai, perpustakaan yang lengkap, dan ruang kelas yang layak. Sementara itu, di banyak daerah pedesaan, siswa sering belajar di bangunan yang sudah tidak layak, kekurangan fasilitas penting seperti perpustakaan atau bahkan tidak memiliki akses ke air bersih dan listrik yang stabil.

Kesenjangan fasilitas ini bukan hanya berdampak pada kenyamanan belajar, tetapi juga pada kemampuan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Akses terhadap materi pembelajaran digital, yang menjadi semakin penting dalam era teknologi saat ini, sangat terbatas di daerah pedesaan, di mana jaringan internet sering kali lemah atau bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini semakin memperlebar jurang antara siswa di kota dan desa dalam hal akses pengetahuan dan informasi

Kualitas Guru: Kunci Pendidikan yang Terabaikan

Selain fasilitas, kualitas guru juga menjadi masalah besar dalam kesenjangan pendidikan di Indonesia. Di kota, sekolah-sekolah cenderung memiliki lebih banyak guru yang berkualifikasi dan berpengalaman. Mereka juga lebih mudah mendapatkan pelatihan profesional secara berkala, sehingga metode pengajaran mereka terus berkembang.

Sebaliknya, di desa, banyak guru yang harus mengajar di bawah kondisi yang jauh dari ideal. Beberapa guru terpaksa mengajar banyak mata pelajaran di luar bidang keahlian mereka karena kekurangan tenaga pengajar. Tidak jarang pula guru-guru di pedesaan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelatihan profesional, yang mengakibatkan metode pengajaran mereka menjadi usang dan kurang efektif. Kurangnya insentif juga menyebabkan banyak guru enggan mengabdi di daerah terpencil, sehingga desa-desa ini terus kekurangan tenaga pendidik yang berkualitas.

Peran Teknologi yang Belum Merata

Perkembangan teknologi seharusnya dapat menjadi alat pemersatu dalam pendidikan, tetapi kenyataannya malah memperparah ketimpangan. Di kota, siswa memiliki akses ke berbagai sumber pembelajaran online, platform e-learning, dan perangkat digital yang membantu mereka belajar lebih efektif. Di pedesaan, akses ke perangkat digital sering kali terbatas, dan infrastruktur internet tidak memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh atau digital.

Pandemi COVID-19 menambah jelasnya ketimpangan ini. Saat sekolah-sekolah di kota bisa melanjutkan proses belajar melalui platform daring, banyak sekolah di desa harus menghentikan kegiatan belajar mengajar karena siswa dan guru tidak memiliki perangkat dan akses internet yang memadai. Akibatnya, siswa di pedesaan semakin tertinggal dalam proses pembelajaran.

Solusi yang Mendesak: Pemerataan Kebijakan dan Sumber Daya

Pemerintah sudah meluncurkan beberapa program untuk mengatasi kesenjangan ini, seperti program pengiriman guru ke daerah terpencil dan pembangunan infrastruktur pendidikan. Namun, program-program ini sering kali tidak berjalan maksimal karena kurangnya monitoring, ketidakmerataan alokasi anggaran, serta minimnya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah.

- Advertisement -

Langkah pertama yang mendesak adalah memperbaiki infrastruktur pendidikan di daerah pedesaan. Pembangunan sekolah yang layak, akses internet, serta peningkatan sarana dan prasarana harus menjadi prioritas. Selain itu, program pelatihan guru harus diperluas ke daerah terpencil, sehingga mereka dapat meningkatkan kompetensi dan mengikuti perkembangan terbaru dalam metode pengajaran.

Pemerintah juga harus memberikan insentif yang lebih menarik bagi para guru untuk mengajar di daerah terpencil. Dengan memberikan tunjangan yang layak dan kesempatan untuk berkembang secara profesional, diharapkan lebih banyak guru berkualitas bersedia mengabdi di desa-desa yang membutuhkan.

Masa Depan yang Inklusif

Kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan desa adalah masalah yang kompleks, tetapi bukan tidak mungkin diatasi. Pendidikan adalah hak setiap anak bangsa, terlepas dari di mana mereka tinggal.

Pemerataan pendidikan bukan hanya tentang menyediakan infrastruktur dan teknologi, tetapi juga tentang memberi peluang yang sama bagi setiap siswa untuk berkembang. Jika masalah ini terus diabaikan, kita akan terus melihat generasi yang tertinggal dan tidak siap menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, solusi yang sistematis, inklusif, dan berkelanjutan harus menjadi fokus utama dalam membangun sistem pendidikan Indonesia yang lebih adil.

Dengan langkah nyata dan kolaborasi berbagai pihak, kesenjangan ini dapat diatasi, sehingga anak-anak di pedesaan memiliki kesempatan yang sama untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Miftahul Khoeriyah
Miftahul Khoeriyah
My name is Mita. iam a learner. my recently job is as a teacher now. iam loving writer, reading and learning. thats my favorit work. i am interesting about aducation, psychology, and social problems.
Facebook Comment
- Advertisement -

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.