Kamis, Juni 20, 2024

Mengasah Public Speaking Para Siswa

Fifi Intan
Fifi Intan
suka art, sunsetz, mcflurry, ofc Jeno

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PMM) Baktimu Negeri, merupakan kegiatan yang memiliki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan Universitas Muhammadiyah Malang dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kehadiran mahasiswa sebagai generasi muda diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Mahasiswa memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk memberikan edukasi agar dapat memecahkan masalah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli – 28 Agustus 2023 yang dilakukan oleh kelompok 89 Gelombang 4 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Winda Hardyanti, S. Sos., MSi berkomitmen untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa kelas 5 dan 6 SDN Dadaprejo 02.

Berdasarkan survei awal yang telah dilaksanakan kelompok kami ditemukan permasalahan bahwa pembelajaran di SDN Dadaprejo 02, beberapa siswa kurang menyadari pentingnya kemampuan dalam Public Speaking dan Kreativitas dalam kehidupan mereka. kami menyadari bahwa pentingnya pengembangan kemampuan public speaking dan kreativitas pada tingkat pendidikan dasar.

Oleh karena itu, kami telah merancang program edukasi dan praktik yang bertujuan untuk meningkatkan kedua keterampilan tersebut kepada siswa-siswi SDN Dadaprejo 02. Kami juga mendorong kreativitas siswa dengan menyediakan ruang ekspresi diri, memberikan tugas kreatif, dan mendorong siswa untuk berpikir di luar otak. Kami akan mengajak para siswa untuk melakukan presentasi visual yang menarik dan melibatkan diri dalam permainan kreatif.

Berfokus pada pengembangan kemampuan Public Speaking dan Kreativitas, kami menjalankan program ini dengan penuh antusias serta dedikasi yang tinggi. Dimana kami memberikan pendekatan secara edukatif yang tentunya menarik serta memberikan praktik secara langsung kepada siswa kelas 5 dan 6 SDN Dadaprejo 02. Hal ini menjadi langkah penting dalam membangun sikap percaya diri dan keterampilan komunikasi siswa sejak dini

Melalui kegiatan PMM ini kami berusaha dapat membantu edukasi untuk meningkatkan Public Speaking dan praktik kekreativitasan siswa SDN DADAPREJO 02. Memiliki dukungan dari pihak sekolah yang baik dalam mengadakan kegiatan ini, memberikan nilai tambah dan pengalaman berharga bagi siswa di SDN Dadaprejo 02, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat.

Program ini terbuka untuk semua siswa SDN Dadaprejo 02. Kami percaya bahwa kemampuan berbicara dengan percaya diri dan kreativitas adalah bekal berharga yang akan memandu siswa menuju kesuksesan, baik di dalam maupun di luar kelas.

Program yang dilaksanakan ini tidak hanya mengajarkan teknik-teknik berbicara di depan umum, namun juga mendorong para siswa untuk dapat berpikir secara kreatif serta berani untuk mengungkapkan ide-ide atau imajinasi out of the box yang mereka miliki.

Apa saja yang akan diperoleh siswa dari program kami?

  1. Keterampilan Public Speaking yang Kuat: Siswa belajar teknik-teknik berbicara yang efektif, menguasai kepercayaan diri di depan umum, dan menjadi komunikator yang ulung. Program yang kami buat seperti “ Bintang Berbicara : Pidato Inspiratif “ , Program ini dilaksanakan untuk mengaplikasikan keterampilan yang telah dipelajari, membantu siswa untuk mengatasi kecemasan, meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki kemampuan berbicara, dan mengkomunikasikan ide dengan jelas dan persuasif kepada penonton.
  2. Latihan Berbicara di Depan Publik: Praktik adalah kunci, dan kami kelompok 89 memberikan siswa banyak kesempatan untuk berbicara di depan kelas, tim, atau bahkan dalam acara publik.
  3. Kreativitas: Melalui latihan kreatif, tantangan imajinatif, dan proyek-proyek inspiratif, siswa akan merasakan ledakan kreativitas yang mengesankan. Program yang kami hadirkan seperti “ Kreasi Kreatif “, Program ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan kreativitas siswa, berpikir out of the box, serta mengekspresikan imajinasi melalui berbagai bentuk seni dan kerajinan seperti kanvas.
  4. Kemampuan untuk Menguasai Berbicara di Segala Konteks: Kami mempersiapkan siswa untuk sukses dalam situasi berbicara yang beragam, dari presentasi akademik hingga pidato publik.Kami bangga menghadirkan program inovatif kami yang bertujuan untuk memacu kemampuan public speaking dan Kreativitas siswa di tingkatan kelas 5 dan 6. Berharap pengembangan public speaking yang kuat dan kreativitas yang tak terbatas, kami membuka pintu bagi siswa untuk meraih potensi terbaik mereka di berbagai bidang seperti Komunikasi, Seni, Desain, Sastra dan Penulisan.
Fifi Intan
Fifi Intan
suka art, sunsetz, mcflurry, ofc Jeno
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.