OUR NETWORK
Rabu, Juli 28, 2021

Membereskan Pembukuan Tanpa Menguras Kantong

Sisi Setya
Smart Accounting Solution by Harmony

Pernahkah Anda mengalami sulitnya membereskan pembukuan dengan cepat dan mendapatkan laporan keuangan berhari-hari?

Seringkali pebisnis hanya fokus cara meningkatkan omset bisnisnya saja, namun tidak menyadari cara mengatur keuangan dengan baik bahkan sampai terjadi kebocoran pada pengeluaran bisnis. Penting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebabnya, sehingga Anda dapat menentukan arah bisnis Anda.

Peran pembukuan sangatlah penting untuk melihat kesehatan perkembangan bisnis Anda. Menjadi tantangan bagi setiap pemilik bisnis untuk melakukannya secara manual mulai dari pengumpulan bukti transaksi bank, nota, struk belanja sampai dengan klaim yang dilakukan oleh internal tim Anda. Dengan berbagai kemudahan teknologi, Anda dapat melakukan segala pembukuan menggunakan aplikasi.

Kini pebisnis terbantu dengan sistem cloud accounting, dimana merupakan sistem kombinasi antara tenologi komputer dengan pengembangan berbasis internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program akuntansi melalui perangkat yang terkoneksi internet secara bersamaan. Salah satu yang menggunakan sistem cloud ialah software akuntansi Harmony.

Dengan sistem pembukuan menggunakan aplikasi ini, pemilik bisnis ataupun UKM tidak perlu menguras kantong terlalu mahal untuk mendapatkan sistem dengan fitur canggih yang membantu membereskan pembukuan repot selama ini. Bisnis akan semakin efektif dijalankan dengan adanya aplikasi akuntansi sehingga Anda dapat fokus dengan pengembangan bisnis. Inilah 5 tips yang akan kami berikan untuk membereskan pembukuan menggunakan aplikasi tanpa menguras kantong.

1. Lakukan Rekonsiliasi Ribuan Transaksi Rekening Koran Secara Otomatis

Seiring perubahan jaman, segala transaksi pembukuan menjadi semakin banyak dan semakin cepat. Biasanya pemilik bisnis harus repot saat melakukan rekap puluhan bahkan ratusan transaksi setiap harinya melalui rekening koran. Kini Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, aplikasi pembukuan terbaik membantu Anda untuk melakukan rekonsiliasi perbankan secara otomatis. Melalui sistem ini, Anda sangat dipermudahkan untuk melacak setiap transaksi bank dengan pembukuan secara realtime dan mudah.

2. Pantau Arus Kas, Laba Rugi dan Tagihan Tertunggak Dengan Cepat

Dalam kondisi seperti ini, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui secara cepat kondisi keuangan bisnis. Namun bagaimana semua itu terjadi jika Anda masih menggunakan pembukuan secara manual. Butuh waktu cukup lama, untuk dapat menganalisa segala transaksi yang terjadi.

Pemilik bisnis dapat memanfaatkan teknologi dengan melakukan pembukuan menggunakan aplikasi untuk memantau arus kas, laporan bahkan sampai tagihan Anda yang tertunggak cukup lama. Dalam aplikasi pembukuan memiliki sebuah dashboard yang canggih untuk memberikan data secara praktis dan lengkap. Sehingga Anda dapat dengan mudah memantau secara realtime, kapan saja dan dimana saja.

3. Lacak Kebocoran Pengeluaran Bisnis Anda Secara Berkala

Salah satu elemen yang paling penting untuk Anda pantau adalah pengeluaran. Banyak pebisnis yang hanya fokus dengan penjualan saja, tanpa menyadari bahwa ada kebocoran dalam pengeluaran bisnis. Hal tersebut tidak dapat terpantau dengan cepat dan benar, jika masih menggunakan sistem lama. Kini sudah ada sistem pembukuan menggunakan aplikasi yang dapat dengan mudah Anda akses dan pantau seluruh kegiatan pengeluaran Anda.

Tentunya Anda ingin untuk mengatur arus kas dengan benar sebelum terlambat bukan? Inilah salah satu cara yang dapat dilakukan pemilik bisnis, untuk mengetahui sumber kebocoran pengeluaran bisnis dengan satu tampilan praktis di aplikasi pembukuan. Semakin cepat Anda mengetahui sumber kebocoran, maka semakin cepat Anda dapat memperbaiki arus kas bisnis.

4. Gunakan Indikator & Rasio Keuangan Profesional

Merupakan sebuah alat yang tepat bagi pemilik bisnis dalam menganalisa keseluruhan kesehatan keuangan bisnisnya. Biasanya pebisnis memakai jasa konsultan untuk mendapatkan data keuangan tersebut dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Indikator dan rasio keuangan digunakan untuk mengukur setiap pergerakan keuangan yang ada dalam bisnis. Untuk mendapatkan hasil yang benar diperlukan rumus yang sesuai, kini Anda tidak perlu repot dalam perhitungannya karena melalui aplikasi pembukuan berbasis cloud itu semua mudah didapatkan.

Anda hanya perlu melihat hasil secara cepat dan membacanya dengan sederhana setiap indikator keuangan yang ada. Dalam aplikasi akuntansi Harmony, Anda dapat dengan mudah memiliki executive summary yang berisikan seluruh rasio keuangan bisnis Anda. Sehingga akan jauh lebih mudah bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan cepat.

5. Fokus Analisa Praktis Laporan Keuangan Lengkap Anda

Penting bagi Anda untuk mendapatkan laporan keuangan dengan cepat dan mudah dipahami. Jaman sekarang, melakukan pembukuan menggunakan aplikasi sangat membantu Anda untuk mendapatkan data laporan keuangan secara realtime.

Salah satu aplikasi yang menggunakan sistem cloud canggih ialah Harmony. Anda dapat langsung menerima secara realtime, lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang Anda butuhkan dalam proses analisa bisnis. Artinya, laporan keuangan Anda terupdate otomatis setiap kali Anda menginput transaksi bisnis, tanpa perlu merapihkan kembali.

Berbagai kemudahan dan kenyamanan diberikan oleh software akuntansi berbasis cloud melalui fitur lengkap dan canggih yang dapat membantu Anda untuk memiliki pembukuan rapih secara cepat dan mudah. Dengan sistem jaringan yang luas, dapat mempermudah Anda dalam memonitor keuangan bisnis, mengakses dan menganalisa sehingga siap untuk menghadapi persaingan bisnis yang cukup kompetitif.

Sisi Setya
Smart Accounting Solution by Harmony
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.