OUR NETWORK
Selasa, Desember 7, 2021

Maskawin Berupa Saham? Inilah Potret Unik dari Beberapa Pasangan

Sadia Nahdhiyana
Mahasiswi Universitas Islam Negri Jakarta

Potret beberapa pasangan yang memilih saham sebagai maskawin dalam pernikahannya

Maskawin dan saham dua hal yang sangat jauh hubungannya. Ada saja fenomena unik yang terjadi di masa yang super modern ini! investasi bukan hanya dalam bentuk properti saja, investasi juga bisa melalui saham. Saham merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

https://pixabay.com

Lalu bagaimana jika saham dijadikan sebagai maskawin dalam sebuah pernikahan?Seperti yang sudah kita ketahui, menjadikan saham sebagai maskawin di sebuah pernikahan merupakan fenomena baru di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Fenomena ini disebut unik karena biasanya yang sering kita temui yaitu maskawin berupa logam mulia ataupun uang tunai.

https://pixabay.com

Pendapat Jaih Mubarok, Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia mengatakan bahwa mahar yang diberikan suami kepada istri bisa dalam bentuk uang, benda serta turunannya.

Dengan demikian, saham diperbolehkan dijadikan mahar, karena merupakan turunan dari barang dan uang.Lalu, bagaimana potret beberapa pasangan yang menjadikan saham sebagai maskawin dalam pernikahannya? Mari kita akan bahas beberapa pasangan berikut!

  • Kita akan bahas yang pertama yaitu dari pasangan Naufal Nafhan dan Dea Fikri Leila Qadaristin. Pasangan berbahagia ini baru saja menikah pada Sabtu, 23 Oktober 2021 di kota tasikmalaya tepatnya di Villa Grand Malika. Naufal mengucap ijab di depan penghulu lalu memberikan maskawin kepada Dea Fikri yaitu pujaan hatinya yang baru saja ia pinang. Menurut Naufal saham merupakan salah satu aset terbaik yang bisa digunakan sebagai investasi untuk masa depan. Naufal memberikan maskawin berupa emas dan 20 lembar saham dari perusahaan Apple Inc. nilai saham yang diberikan oleh saham ialah senilai 2.996 USD atau sekitar 42,7 juta rupiah. Maskawin tersebut diserahkan dalam bentuk piagam yang dibingkai besar.
  • Lalu selanjutnya dari Ardya Tridwantoro dan Nanda ArsyintaMenggelar acara pernikahannya pada Minggu, 30 Mei 2021. Ardya sang suami memilih saham dan logam mulia sebagai maskawin dikarenakan ia berpendapat bahwa uang mempunyai risiko inflasi, maka sang suami selaku pengusaha muda lebih tertarik dengan saham sebagai maskawin dalam pernikahannya. Ardya memberikan 350 lot MDKA & 21gram logam mulia, yang apabila ditotalkan yaitu sebanyak Rp102,9 juta. Waw jumlah yang fantastik! Tidak lama dari itu Ardya mengatakan dalam insta story pada akun instagramnya, bahwasanya saham pernikahan mereka mengalami kenaikan sebesar 3,85 persen.
  • Setelah itu Dwian Wahyu Prabawa dan Sherly Wijayanti Kumayas. 7 juli 2019 tepatnya di Masjid Agung Boyolali, Dwian Wahyu Prabawa mengucapakan ijab qobul di hadapan penghulu dan keluarga besar. Dwian Wahyu Prabawa pun menyerahkan sejumlah maskawin kepada sang istri Sherly Wijayanti Kumayas, maskawin yang unik yaitu maskawin berupa saham.Rencana unik ini telah disepakati oleh kedua pihak keluarga besar mempelai pria dan Wanita. “Semuanya mendukung. Keluarga istri saya tidak keberatan, keluarga besar saya juga mendukung penuh rencana ini” ujar DwianSang suami Dwian, memberi mahar kepada sang istri sejumlah 25.200 lembar saham. Saham yang Dwian berikan adalah saham yang masuk dalam deretan saham blue chip, yaitu Bank Mandiri Tbk (BMRI). Tiap lot berisi seratus lembar dengan harga BMRI Rp7.900/saham, maka Dwian memberikan mahar saham senilai Rp1.583.949. Dwian bekerja sebagai karyawan Bank Mandiri di Solo. Dia sengaja membeli BMRI yang menandakan dirinya bekerja di perusahaan milik istrinya sendiri setelah istrinya menjadi investor di BMRI, meski persentasenya sangat kecil. Dia membingkai bukti pembelian untuk diserahkan sesudah akad.
  • Ini potret dari pasangan lama Erwin Febriansyah dan Nekky Sulastri. Uniknya dari pasangan Erwin Febriansyah dan Nekky Sulastri menjadi pasangan pertama yang menjadikan saham sebagai maskawin di Bengkulu. Pernikahan yang digelar pada 21 April 2017 silam itu merupakan hari bahagia untuk kedua mempelai. Adapun maskawin yang akan diberikan oleh Erwin Febriansyah nanti yaitu berupa saham Telkom sebanyak 21 lot. Jumlah itu juga untuk menyamakan dengan tanggal pernikahan mereka, yaitu tanggal 21.
  • Muhammad Fadhli Lubis dan Rizki Annisa pasangan ini sempat ramai dibicarakan. Kedua mempelai menikah pada 13 Juli 2019 di Padangsidempuan, Sumatera Utara. Fadhli sang suamipun memberikan 10 lot saham Mayora Indah Tbk (MYOR) sebagai mahar pernikahannya, harga saham MYOR berada pada level Rp2.220 per lembar.Meski anti-mainstream, mahar mas kawin tetap ada plus minusnya. Karena sifatnya sama seperti investasi, maka suatu waktu bisa saja harganya naik dan turun. Bahkan, ada risikonya terkena fluktuasi harga.
  • Pasangan dari bantul yaitu Idunk Ace Pradana dan Annisa Diah Siswantari, menggelar acara pernikahannya di Tirtonimolo tepatnya di Miniatur Masjid Raya Baiturrahman Aceh pada hari Minggu, 15 Oktober 2017. Idunk sang mempelai pria memberikan maskawin berupa saham kepada sang istri tercinta.Saham yang dijadikan maskawin adalah saham dari PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Yaitu sebuah perusahaan jamu terbesar di Indonesia, Idunk memberikan 50 lembar saham PT SIDO yang apabila di nominalkan menjadi Rp.27,75 juta.

Berikut dari beberapa pasangan diatas kita dapat simpulkan bahwasanya mereka memilih saham sebagai maskawin dalam pernikahannya bertujuan agar memiliki daya tarik tersendiri bisa dibilang ingin menjadikan momen pernikahan mereka dengan suatu hal yang anti-mainstream dan juga pastinya ingin berinvestasi sambil membangun rumah tangga.

Sadia Nahdhiyana
Mahasiswi Universitas Islam Negri Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.