Senin, Juni 23, 2025

Kiat Menarik Perhatian Gen Z melalui Strategi Pemasaran terkini

Marshanda Afifa Laisya
Marshanda Afifa Laisya
Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
- Advertisement -

Generasi Z (GenZ) merupakan kelompok usia yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, yakni kelompok usia yang tumbuh dalam era perkembangan digital dan memiliki karakteristik yang unik dalam berinteraksi dengan teknologi dan media. GenZ memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dari generasi-generasi sebelumnya. Mereka adalah generasi yang tumbuh dengan adanya teknologi dan internet sebagai bagian rutinitas dari kehidupan sehari-hari. Memahami perilaku dan selera GenZ dalam pemasaran sangat penting, karena mereka memiliki potensi besar sebagai konsumen di masa mendatang. Cara pendekatan pemasaran terhadap GenZ memerlukan strategi yang autentik, interaktif, dan relevan.

Membangun Strategi Pemasaran yang Relevan dan mampu Menarik Perhatian Generasi Z

Berikut adalah beberapa pembahasan tentang strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian Generasi Z:

  1. Iklan atau konten yang menarik, salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif untuk meningkatkan minat terhadap produk. Konten harus disesuaikan dengan karakteristik audiens media sosial masa kini, yang cenderung menyukai konten yang visual, informatif, mudah dimengerti, dan memanfaatkan tren seperti humor atau lelucon yang relevan juga kemampuan untuk memperluas jangkauan konten, serta unsur interaktif seperti pemungutan suara, kuis atau sesi tanya jawab, dapat secara signifikan meningkatkan partisipasi dan keterlibatan audiens. Tahap ini termasuk dalam upaya menjangkau konsumen baru dan meningkatkan kesadaran audiens terhadap merek serta produk.
  2. Menjual produk kekinian dan memiliki tampilan unik, cenderung mudah viral di media sosial. Akibat terpengaruh oleh fenomena FOMO (Fear Of Missing Out), ketakutan tertinggal tren atau tidak ikut dalam sesuatu yang sedang ramai diperbincangkan. Dengan memanfaatkan produk kekinian, bisnis tidak hanya mengikuti arus pasar, tetapi juga menciptakan momen untuk dibicarakan. Menawarkan produk yang sedang tren dapat menjadi langkah awal dalam bisnis, yakni menarik perhatian konsumen baru atau menjangkau pasar yang lebih luas melalui konten.
  3. Memberikan akses pembayaran yang mudah dan fleksibel, kemudahan dalam bertransaksi menjadi nilai tambah yang signifikan dalam mendorong keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran seperti QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), transfer, hingga metode cicilan. Langkah ini berperan dalam meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi konsumen saat melakukan proses pembayaran, khususnya dalam hal kemudahan transaksi.
  4. Saran atau pendapat dari orang terdekat, seperti teman, keluarga, maupun dengan influenser dengan jumlah pengikut yang kecil namun loyal. Oleh karena itu, bekerja sama dengan yang memiliki audiens kecil namun loyal bisa menjadi strategi yang efektif. Biasanya lebih autentik dan jujur dalam memberikan opini. Kolaborasi ini dapat menghasilkan konten berbentuk testimoni yang digunakan dalam proses membangun loyalitas merek serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
  5. Mengadakan diskon, penggabungan produk, dan promosi, mampu mendorong keputusan pembelian secara cepat. Melalui menawarkan harga yang lebih murah atau bonus produk, konsumen akan tertarik ketika melihat adanya keuntungan tambahan dari transaksi pembelian. Kemudian, promosi dapat ditempatkan dalam bagian konten yang bertujuan untuk mendorong audiens melakukan pembelian.
  6. Testimoni dari pelanggan, merupakan bentuk bukti yang efektif dalam meyakinkan calon konsumen. Dengan menggunakan ulasan dari pembeli dapat menunjukkan bahwa produk memang memiliki kualitas dan menciptakan kepercayaan terhadap merek tersebut. Pendekatan ini dapat dimanfaatkan kembali sebagai bagian dari strategi jangka panjang dalam menjaga dan memperkuat reputasi serta kepercayaan terhadap merek.
  7. Pelayanan cepat tanggap terhadap pertanyaan maupun keluhan konsumen, mampu menciptakan kesan profesional melalui respons yang cepat dan tepat. Kecepatan dalam menanggapi tidak hanya menciptakan kepuasan konsumen, tetapi juga bisa menjadi keunggulan dalam pelayanan merek. Pelayanan yang responsif dapat dijadikan testimoni dari konsumen yang puas terhadap pelayanan merek.

Strategi pemasaran yang efektif memerlukan pendekatan yang terstruktur dan konsisten. Dengan menyusun siklus yang berawal dari menarik audiens baru, membangun kepercayaan dan loyalitas, hingga mendorong penjualan, merek dapat terus bertumbuh secara berkelanjutan. Setiap elemen dalam strategi, baik konten menarik, produk kekinian, kemudahan pembayaran, rekomendasi orang terdekat, diskon, testimoni, maupun pelayanan cepat tanggap, memiliki peran penting dalam setiap tahap siklus tersebut.

Dalam upaya mendorong pertumbuhan akun, membangun loyalitas terhadap merek, dan meningkatkan penjualan, ketika penerapan strategi ini secara konsisten dan inovatif, bisnis tidak hanya menjangkau audiens yang lebih luas, tetapi juga membentuk konsumen yang loyal dan aktif. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan strategi pemasaran yang efektif dan tepat untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Jangan biarkan rasa takut gagal menghentikan langkah bisnismu

Keberanian itu bukan berarti bebas dari rasa takut, tetapi melainkan kemampuan kita untuk tetap melangkah meski rasa takut itu ada. Artinya jalanilah terus dengan tegar, namun jangan takut kalau hari ini gagal. Kita bisa saja merasa ragu, khawatir, bahkan pesimis, namun keberanian tumbuh ketika kita memilih untuk tetap melangkah meski semua perasaan itu tiba. Tidak perlu takut gagal, sebab yang menjadi perhatian adalah fokusnya bukan pada apakah Anda pernah gagal, tetapi pada kemampuan Anda untuk menerima kegagalan sebagai bagian dari proses menuju keberhasilan.

Ketika Anda meraih keberhasilan, tak banyak yang akan mengingat berapa kali Anda pernah gagal. Kegagalan hanyalah bagian dari proses untuk memperkaya pengalaman, dan yang akan diingat adalah hasil akhir keberhasilan yang tercapai serta bagaimana Anda mampu bangkit setiap kali terjatuh.

Marshanda Afifa Laisya
Marshanda Afifa Laisya
Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment
- Advertisement -

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.