Sabtu, Mei 25, 2024

Kemajuan Teknologi dan Kemalasan Akademik

Mhd. Riza Marjoni
Mhd. Riza Marjoni
Dosen di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan yang luar biasa dalam kehidupan kita. Namun, dampaknya terhadap dunia akademik juga menghadirkan tantangan, salah satunya adalah potensi kemalasan akademik. Saya percaya bahwa kemajuan teknologi tidak secara langsung menyebabkan kemalasan akademik, tetapi bagaimana kita memanfaatkannya adalah yang menjadi faktor penentu.

Dalam era digital yang terus berkembang, akses terhadap informasi telah menjadi lebih mudah dan lebih cepat daripada sebelumnya. Hal ini memberikan kesempatan yang besar bagi siswa dan mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan secara luas. Namun, jika tidak digunakan dengan bijaksana, teknologi juga dapat menjadi sumber kemalasan akademik.

Salah satu masalah utama adalah ketergantungan pada teknologi untuk mengerjakan tugas. Siswa cenderung mengandalkan sumber informasi online tanpa memahami dengan mendalam atau memproses informasi tersebut. Mereka juga dapat tergoda untuk menyalin dan meniru pekerjaan orang lain dengan mudah. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan akademik yang sebenarnya.

Selain itu, gangguan dari hiburan digital dan media sosial juga dapat mengalihkan perhatian siswa dari tugas akademik yang seharusnya dikerjakan. Siswa dapat menghabiskan waktu yang berlebihan untuk hiburan online daripada belajar secara efektif. Ketergantungan pada perangkat elektronik juga dapat mengurangi fokus dan produktivitas mereka.

Namun, saya percaya bahwa kemajuan teknologi juga dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan pembelajaran dan motivasi akademik. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat digunakan sebagai sumber informasi yang berharga, alat pembelajaran yang interaktif, dan sarana kolaborasi yang efektif antara siswa dan pendidik.

Untuk mengatasi kemalasan akademik yang mungkin terjadi akibat kemajuan teknologi, penting bagi kita untuk menemukan keseimbangan yang tepat. Siswa perlu diberikan pendidikan tentang literasi digital yang mencakup keterampilan evaluasi informasi dan penggunaan yang bertanggung jawab. Disiplin pribadi juga penting, dengan mengatur waktu dan mengelola gangguan teknologi dengan bijaksana.

Pendidik, orang tua, dan siswa perlu bekerja sama dalam menghadapi tantangan ini. Pendekatan kolaboratif dapat mencakup pengawasan dan pemantauan bersama terhadap penggunaan teknologi, serta pengembangan kebiasaan dan rutinitas belajar yang sehat. Pemanfaatan teknologi secara efektif dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.

Kemajuan teknologi tidak harus menjadi musuh bagi kemajuan akademik. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat menjadi alat yang kuat untuk membantu siswa dalam belajar dan meraih prestasi akademik yang lebih baik. Yang penting adalah memahami dan mengenali potensi masalah yang mungkin muncul, serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi kemalasan akademik dan memanfaatkan teknologi dengan bijaksana.

Mhd. Riza Marjoni
Mhd. Riza Marjoni
Dosen di Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.