Sabtu, Juli 13, 2024

Jurusan Hubungan Internasional, Apa saja yang Dipelajari?

Freddy Romel
Freddy Romel
Bachelor of International Relations Low Profile

Sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi para calon mahasiswa dihadapkan pada beragamnya jurusan perkuliahan yang tersedia. Sangking variatifnya tak jarang menimbulkan kebingungan dan mengharuskan ada pertimbangan matang sebelum menjatuhkan pada satu pilihan.

Di Indonesia cukup banyak kemunculan jurusan-jurusan perkuliahan baru atau yang masih terdengar asing di telinga masyarakat awam, salah satunya jurusan Hubungan Internasional. Tak seperti jurusan ekonomi dan hukum yang sudah dikenal baik bersamaan dengan gelar yang akan didapat setelah menyelesaikan studi tersebut, Hubungan Internasional masih cukup asing buat mayoritas masyarakat Indonesia.

Lantas apa saja yang membedakan jurusan Hubungan Internasional dengan jurusan lain? Simak ulasannya berikut ini!

  • Ilmu Politik

Pertama jelas ilmu politik. Hubungan Internasional sendiri umumnya termasuk pada fakultas ilmu sosial dan ilmu politik ya guys. Kajian ilmu politik disini mencakup politik dalam negeri yang dibentuk oleh pemerintah suatu negara yang nantinya akan membentuk orientasi politik luar negeri negara tersebut untuk menjalin hubungan bilateral maupun multilateral dengan negara lain.

Pada kajian ilmu Hubungan Internasional, kemiripan atau kesamaan orientasi politik dalam negeri akan mempermudah dua negara dalam membangun kerjasama di berbagai bidang. Sederhananya, kesamaan latar belakang membuat hubungan kedua negara mudah terjalin dan melanjutkan ke tahap berikutnya.

  • Psikologi

Berikutnya ada kajian psikologi. Mungkin agak mengejutkan ya kenapa ada unsur psikologi dalam Hubungan Internasional, itu sebabnya diatas telah disebutkan bahwa jurusan ini masih termasuk asing. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku dan hubungan-hubungan antar manusia sangat relevan dimasukkan dalam Hubungan Internasional.

Pasalnya, kebijakan politik dan ekonomi suatu negara ditentukan oleh pemimpin negara tersebut, entah itu presiden ataupun perdana menteri yang disebut sebagai decision maker. Sebelum mengambil keputusan pemimpin akan mempertimbangkan banyak hal, latar belakang decision maker mulai dari profesi, partai politik sampai rekam jejaknya sebagai pemimpin akan mempengaruhi keputusan selanjutnya yang akan diambil.

Jangan kaget seandainya di dalam Hubungan Internasional subjek penelitiannya bisa mengkaji individu seorang figur.

  • Ekonomi Politik

Ekonomi politik menjadi kajian selanjutnya dalam jurusan ini. Hubungan antara kekuatan ekonomi dan kekuasaan politik menjadi dua instrumen yang tak terpisahkan dari pemerintahan suatu negara yang akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Ekonomi politik menjadi sub disiplin ilmu Hubungan Internasional yang di dalamnya dijelaskan soal perdagangan internasional sampai aktivitas ekspor impor antar negara. Jadi gak melulu membahas isu perang, konflik dan hal yang berbau militer ya ngab.

  • Organisasi Internasional

Forum internasional menjadi “tempat main” dari lulusan Hubungan Internasional, namun bukan hanya kementerian luar negeri atau kedutaan besar lho. Masih ada satu yang mungkin belum banyak terpikirkan yaitu organisasi internasional.

Organisasi internasional seperti PBB, NATO dan ASEAN menjadi beberapa contoh organisasi internasional yang beranggotakan beberapa negara di dalamnya. Forum internasional seperti ini memang makanannya anak Hubungan Internasional banget dengan masing-masing organisasi membicarakan bidang pembahasan yang berbeda-beda. Lulusan Hubungan Internasional akan ditunjuk menjadi pembicara dalam forum tersebut untuk mewakili kepentingan negara. Sounds cool!

  • Perusahaan Multinasional

Terakhir adalah perusahaan multinasional, yaitu perusahaan yang memiliki kawasan produksi di lebih dari satu negara. Tentu saja perusahaan menjadi elemen penting ekonomi di sektor produksi keperluan hidup manusia sehari-hari. Perusahaan yang sudah mapan dan meraup keuntungan tinggi akan memperluas pangsa pasarnya ke negara lain demi mencari konsumen baru dan keuntungan tambahan.

Kedatangan perusahaan asing akan menciptakan lapangan kerja baru buat penduduk sekitar wilayah produksinya sementara perusahaan akan mendapatkan keuntungan tambahan dari konsumen baru. Saling menguntungkan buat kedua pihak ya.

Bagaimana, tertarik untuk mendalami keilmuan Hubungan Internasional di perguruan tinggi nanti? Pertimbangkan baik-baik ya!

Freddy Romel
Freddy Romel
Bachelor of International Relations Low Profile
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.