OUR NETWORK
Jumat, Januari 21, 2022

Inovasi Teknologi Trolly terhadap Penerapan Physical Distancing

Hafidz Jaelani
Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pada era pandemi ini sangat dibutuhkan alat yang dapat mengurangi atau bahkan memutus mata rantai virus Covid-19, seperti teknologi yang nantinya dapat menjadi alat yang dapat dimanfaatkan untuk berbelanja di supermarket dan tempat perbelanjaan lainnya.

Suatu keramaian banyak tercipta pada lingkungan masyarakat seperti pasar dan pusat perbelanjaan sehingga tempat tersebut menjadi sumber utama dari penyebaran virus Covid-19 karena sebagian besar interaksi sosial terjadi di dalam pasar. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengawasan penerapan physical distancing atau menjaga jarak di tempat-tempat tersebut sehingga virus mudah menyebar melalui kerumunan yang tercipta.

Di zaman digital ini sangat dibutuhkan inovasi teknologi terbaru. Teknolgi tersebut dimunculkan oleh pemikiran atau ide yang dikembangkan oleh sekelompok orang untuk menciptakan suatu alat sehingga pada akhirnya dapat menjadi suatu inovasi terbaru yang dapat dipergunakan atau dimanfaatkan. Teknologi pada saat ini menjadi kebutuhan dasar. Melalui teknologi pekerjaan akan lebih mudah dan terarah. Salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan manusia dari perkembangan teknologi adalah berupa alat bantu yang memudahkan pekerjaan.

Oleh karena itu sangat dibutuhkan alat bantu sebagai perantara jual beli untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Contohnya seperti inovasi teknologi yang akan saya kemukakan, yaitu “troli kendali jarak jauh”. Inovasi ini mengikuti perkembangan zaman karena meliputi teknologi canggih sesuai pada era modern ini yang akan bermanfaat serta efisien terhadap lingkungan, sehingga nantinya diharapkan dapat mempermudah kegiatan jual beli dan dapat mengurangi tingkat mobilitas dari virus Covid-19.

Dalam inovasi yang saya kemukakan ini, terdapat beberapa mekanisme yang akan di gunakan dan saling terkait, diantaranya yaitu: Robot Line Follower, Vending Machine, dan Wi-Fi. Robot Line Follower merupakan robot yang bergerak mengikuti garis yang memiliki warna berbeda dari background lintasan yang dilewatinya. Robot ini diliputi dengan roda dan digerakan oleh motor. Kecepatan pengendalian bergantung pada batas putaran dan pergesekan antara lantainya. Robot Line Follower tersebut didesain untuk bergerak secara otomatis mengikuti sebuah lintasan yang dibuat dan memiliki tujuan yang telah ditargetkan melalui aplikasi smartphone pelanggan.

Vending machine adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan alat, barang maupun makanan secara otomatis, dengan cara mengeluarkan alat atau barang yang telah ditentukan oleh trolli melalui pemindaian barcode. Desain sistem kontrol vending mesin berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array) merupakan alternatif pembuatan vending mesin yang sebelumnya banyak dibuat dengan menggunakan mikrokontroler sebagai pengendalinya, akan tetapi Vending Mechine telah menentukan barang yang akan dikeluarkan tanpa memasukan uang. Karena Vending Mechine telah dipindai oleh trolli menggunakan barcode yang tersedia pada Vending Mechine.

Wireless Fidelity atau Wi-Fi adalah suatu jaringan yang berfungsi menerima ataupun menyambungkan data dari komputer dalam bentuk digital atau jaringan. Kemudian data itu akan diubah menjadi sinyal radio dan dikirimkan ke router melalui antena yang terdapat pada adaptor. Sinyal dari router akan mengirimkan data yang telah di olah dari internet ke komputer yang sudah tersambungkan dengan Wi-Fi adaptor.

Langkah pertama pelanggan akan masuk kedalam ruangan khusus yang telah disediakan oleh supermarket agar terhindar dari kontak fisik langsung antar kasir dan pelanggan, untuk memilih dan memesan barang melalui aplikasi menggunakan smartphone pelanggan. Aplikasi tersebut akan memindai barcode yang ada pada papan yang telah di sediakan pada setiap ruangan, sehingga aplikasi pelanggan dapat terhubung dan dapat memilih barang yang akan di pesan.

Selanjutnya terdapat opsi pemilihan barang dan total keranjang yang akan di gunakan pada pemesanan. Untuk pembayaran akan menggunakan e-cash yang telah tersedia pada aplikasi tersebut sehingga kasir dan pemesan tidak melakukan interaksi yang dapat mempaparkan virus covid-19.

Kemudian jumlah troli dan barang yang telah di pesan melalui aplikasi akan berjalan menuju pada tempat yang telah ditentukan oleh aplikasi. Troli itu sendiri memiliki robot line follower atau disebut juga dengan line tracking robot, robot line follower ini berfungsi sebagai lintasan jalan pada troli. sehingga alat tersebut mampu berjalan maju, mundur dan bergerak sesuai target yang di tuju, dengan cara troli akan mengikuti garis yang memiliki satu warna yang telah di akses oleh robot line follower yang sudah di letakan pada troli, sehingga troli sudah mengenal jalan lintasan tersebut dan berjalan mengikuti garis yang telah di arahkan.

Lalu pada lemari rak penyimpanan ini terdapat vending mechine yang dapat mengeluarkan barang pesanan yang akan di akses oleh troli secara otomatis atau sesuai dengan pesanan yang telah di tentukan oleh pelanggan pada aplikasi tersebut. Aplikasi pelanggan tersebut telah terhubung oleh wifi dan juga dihubungkan pada troli sehingga troli dapat mengakses barang apa saja yang telah dipesan, vending mechine sendiri terletak pada lemari atau mesin makanan yang memiliki barcode untuk perantara antara mesin dan troli yang akan di scan oleh troli sehingga vending mechine dapat memilih barang untuk diletakan pada troli.

Setelah troli mengakses dan menerima barang dari vending mechine, troli akan menuju kasir untuk pengemasan pesanan. setelah pengemasan kasir akan meletakan pesanan ke tempat pengambilan barang. Selanjutnya pelanggan dapat menerima pesanan yang telah di pesan.

Dalam inovasi ini terdapat kelebihan dan kekurangannya, salah satu dari kelebihannya sendiri adalah dapat membantu mengurangi atau memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 dan juga mengikuti perkembangan zaman. Untuk kekurangannya sendiri adalah kurang ekonomis di-karenakan menggunakan alat-alat atau teknologi canggih dan juga berkualitas yang menyebabkan harga barang tidak ekonomis, serta tidak hemat energi listrik di karenakan menggunakan daya tampung energi listrik yang besar. Dan juga dapat memutus mata pencaharian orang lain karena bisa menggantikan peran manusia.

Saran dari keterkaitan masalah ini adalah, dengan menggunakan solar cell atau panel surya. Kemudian pada masa mendatang manusia harus mengembangkan inovasi atau ide yang akan mengurangi pemutus mata pencaharian mereka, karena robot tidak akan mampu bergerak dan berkembang tanpa adanya sentuhan tangan dan otak manusia.

Hafidz Jaelani
Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.