Sabtu, Mei 25, 2024

Generasi Unggul Berdaya Saing Melalui Progam MBKM

Pada era revolusi saat ini, faktor yang dapat mendukung proses terbentuknya sumber daya manusia yang baik untuk sebuah perusahaan, organisasi dan negara ialah adanya  generasi yang unggul dan berkompeten.

Sumber Daya Manusia dapat dilatih sedari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi. Karena, pada proses di jenjang tersebut manusia sudah mulai memikirkan ingin menjadi apa kedepannya. Di tingkat perguruan tinggi, terdapat berbagai upaya yang dilakukan untuk bisa menciptakan generasi unggul yang mampu berdaya saing salah satunya dengan program MBKM.

Program Mereka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ialah suatu kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada generasi muda atau mahasiswa untuk bisa berkarir di masa depan dengan menggali minat dan bakat mereka.

Dilaksanakannya MBKM sebagai langkah awal terciptanya pembelajaran yang merdeka, menarik dan membangun budaya belajar yang inovatif untuk membentuk generasi yang unggul.  Program MBKM sendiri, memberikan peluang kepada mahasiswa/i PTN maupun PTS untuk bisa menggali potensi diri masing – masing, mengasah kemampuan keterampilan soft skills dan hard skills dengan terjun langsung ke dunia kerja professional yang sesungguhnya melalui praktik kerja lapang demi keberlanjutan karir yang baik.

Ada banyak pilihan program di Kampus Merdeka yang bisa akita pilih sebagai mahasiswa Ketika mengikuti kegiatan MBKM ini seperti:

  • Program pertukaran mahasiswa merdeka, program ini bermaksud memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengenal keragaman nusantara dan memperluas jaringan relasi serta akademik mahasiswa.
  • Magang Bersertifikat, program ini bermaksud memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar langsung di tempat mitra kerja sehingga dapat mendapatkan ilmu yang relevan untuk diterapkan di dunia kerja nantinya.
  • Indonesia Internasinal Student Mobitiy (IISMA), program mobilitas internasional yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat belajar di perguruan tinggi luar negeri. Dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperkaya wawasan maupun kompetensi yang berhubungan dengan pemahaman lintas budaya.
  • Studi Independent Bersertifikat, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan riset dan yang menjadi hal menarik yaitu pilihan studi tidak harus sesuai dengan bidang atau jurusan kuliah.
  • Proyek Kemanusiaan, Program ini melibatkan mahasiswa untuk membantu mengatasi bencana, dengan adanya program tersebut mahasiswa diharapkan dapat menjunjung tinggi rasa kemanusiaan.
  • Riset atau Penelitian, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat menjadi peneliti untuk meningkatkan mutu penelitian mahasiswa dan kualiatas riset di Indonesia.
  • Program Kampus Mengajar, Program ini memberi kesempatan untuk melatih skill mengajar serta mengembangkan diri. Mahasiswa akan menjadi mitra guru dalam pembelajaran jenjang SD dan SMP.
  • Program Wirausaha, Program ini mahasiswa akan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kewirausahaan dengan tujuan memperkuat kemandirian ekonomi nasional dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dari depalan program tersebut pelaksanaan magang mahasiswa memiliki peran yang sagat penting dan bermanfaat mengenai dunia kerja. Dalam dunia bisnis global saat ini, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas tinggi, dan memiliki daya saing yang tinggi merupakan tuntutan bagi setiap perusahaan yang ingin berhasil.

Para peneliti telah menetapkan indikator-indikator tertentu untuk menilai apakah seorang SDM termasuk dalam kategori tersebut, di antaranya adalah: memiliki sikap rajin, kreatif, dan inovatif, mampu mengatur waktu dengan baik, dapat bekerja sama dalam sebuah tim, serta memiliki fleksibilitas yang tinggi. Dengan memiliki SDM yang memenuhi indikator tersebut, sebuah perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, mengoptimalkan efisiensi kerja, dan meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.