OUR NETWORK
Selasa, Desember 7, 2021

Generasi Milenial Berinvestasi di Era Pandemi

Bahasa Slang dalam Game

Guru Honorer, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Ashfa Afkarina
Mahasiswa UIN Jakarta

Generasi Y atau yang dikenal dengan istilah generasi milenial masih belum banyak yang mengerti pentingnya investasi. Generasi milenial sudah bisa melakukan investasi sejak dini. Di era sekarang, investasi bukan hal yang asing pada kuping kita.

Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang memiliki penghasilan yang cukup tinggi, namun juga memiliki kebiasaan senang menghamburkan uang seperti hangout dan online shopping.

Sejak  pandemic Covid-19 telah menyadarkan pentingnya menyiapkan dana darurat untuk situasi yang tidak terduga.  Investasi menjadi salah satu jawaban untuk menyiapkan dana daurat. Tidak hanya untuk urusan darurat saja, tetapi juga untuk rencana masa depan. Manajemen keuangan yang baik adalah dengan menanamkan penghasilan yang di dapatkan di instrument investasi. IInvestasi adalah penanaman modal, yang biasanya dalam waktu jangka panjang untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi yakni penanamanl modal untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham untuk memperoleh keuntungan. Investasi bisa dilakukan oleh individu ataupun badan usaha seperti perusahaan. Investasi tidak membutuhkan banyak modal cukup dengan modal awal minimal Rp. 100.000. Dengan modal awal yang cukup kecil, tetapi jika dimulai sejak dini akan mendapatkan manfaat di masa depan.

Salah satu keuntungan terbesar besar memulai investasi untuk generasi millenial adalah mereka mempunyai banyak waktu untuk memulai investasi. Adapun sejumlah manfaat untuk generasi millenial dalam melakukan investasi.

Pertama, meningkatkan nilai asset dan kekayaan pribadi. Asset yang telah disisihkan untuk investasi akan terus berkembang. Dengan berkembangnya asset, maka akan berkembang juga kekayaan yang dimiliki.

Kedua, meraih kebebasan financial. Padangan bahwa masa muda harus dihabiskan untuk hidup hanya satu kali membuat generasi millenial lebih memilih untuk bersenang-senang dibandingkan untuk mempersiapkan tabungan untuk masa depan. Kebebasan financial merupakan kondisi dimana kamu tidak perlu berkerja keras untuk mendapatkan uang karena sudah memiliki harta yang cukup untuk menghidupi kebutuhan di masa depan.

Ketiga, mempersiapkan diri untuk masa depan yang cemerlang. Memiliki masa depan yang cemerlang menjadi impian untuk semua orang. Untuk mencapainya yaitu dengan cara melakukan investasi sejak dini.

Keempat, melindungi dari inflasi. Inflasi akan melemahkan daya beli masyarakat. Generasi millenial merupakan generasi penerus bangsa yang akan membangun Indonesia pada waktunya.. Adanya inflasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian, terutama dalam jual beli, untuk itu investasi merupakan cara yang bisa dilakukan agar terhidar dari inflasi.

Ada banyak investasi yang bisa dipilih oleh generasi millenial. Salah satunya adalah investasi reksa dana. Selain itu, ada beberapa jenis investasi yang layak untuk dipertimbangkan. Berikut adalah jenis investasi yang tepat untuk generasi millenial.

Pertama, Reksadana. Investasi yang mendapatkan keuntungan lebih besar dari yang lainnya, maka bisa mencoba dengan berinvestasi Reksadana. Reksadana dapat dijalankan secara aman oleh pemula. Reksadana menjadi salah satu investasi yang memiliki risiko rendah, aman, dan memiliki potensi return yang menjanjikan.

Kedua, P2P Lending. Investasi ini cukup sederhana. P2P Lending merupakan perantara bagi pihak yang membutuhkan dana dan investor.

Ketiga, Saham. Investasi saham memiliki keuntungan yang berasal dari kenaikan nilai saham dan laba perusahaan. Saham cocok untuk orang yang cukup berambisi mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.

Keempat, Emas. Emas merupakan salah satu jenis investasi yang aman dan minim risiko.

Ashfa Afkarina
Mahasiswa UIN Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.