OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Jumat, Desember 9, 2022
From Korea With Love Concert

Budaya Korea dan Kemajuan Ekonomi Indonesia?

Diana Diana
Mahasiswa Aktif Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
From Korea With Love Concert

Budaya Korea kini semakin berkembang di Indonesia, terutama kalangan remaja. Banyak masyarakat gemar terhadap musik Korea Pop (K-pop), Drama Korea, cara berpakaian, rias wajah, hingga budaya tradisional negeri Ginseng tersebut.

Walaupun demikian, siapa sangka bahwa K-Pop dan drakor juga berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Hal ini dapat terlihat melalui surat perjanjian Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA). Surat perjanjian tersebut menunjukkan komitmen antara kedua negara untuk saling mempererat hubungan ekonomi.

Tak hanya itu, bintang K-Pop memiliki pasar yang besar dan grafik yang tinggi. Dampaknya, perusahaan-perusahaan di Indonesia banyak yang memilih artis Korea sebagai brand ambassador mereka, terutama pada perusahaan e-commerce. Daya beli masyarakat Indonesia yang tinggi, membuat adanya peningkatan terhadap penjualan produk khas Korea.

Produk tersebut salah satunya berupa makanan khas Korea seperti kimchi, tteokbokki, dan jajangmyeon. Produk selain makanan yaitu berupa official merchandise K-Pop, Skinker, dan Make-up. Produk-Produk tersebut adalah produk yang paling diminati masyarakat Indonesia, penjualan produk ini selalu naik setiap harinya.

Contohnya, Produk mie instan lokal Mie Sedap mengundang banyak minat masyarakat karena berkolaborasi dengan Siwon Choi, Personel Super Junior sekaligus aktor terkenal asal Korea Selatan.

Contoh lain produk yang mengundang artis Korea sebagai brand ambassador yaitu produk minuman susu kemasan yaitu Ultramilk berkolaborasi dengan girlband Itzy yang dimana dengan membeli empat buah susu kotak Ultramilk akan mendapatkan 2 buah photocard, cara ini dapat meningkatkan penjualan terhadap produk tersebut. Selain itu juga ada produk skincare dari Pond’s yang berkolaborasi dengan Wendy dari personel RedVelvet.

Selain itu, ada juga e-commerce yang berkolaborasi dengan artis Korea yaitu Tokopedia berkolaborasi dengan BTS dan BLACKPINK, Shopee berkolaborasi dengan Stray Kids, Blibli dengan Park Seo Joon, dan Lazada dengan Lee Min Ho.

Selain meningkatkan penjualan, strategi marketing ini dapat memupuk citra baik Indonesia, serta perusahaan-perusahaan dalam negeri di mata dunia termasuk investor. Secara tidak langsung dapat menarik masuknya investasi asing ke perusahaan yang ada di Indonesia. Contohnya, seperti Microsoft yang memberikan aliran dana ke bukalapak.

Investasi asing yang masuk ke Indonesia melalui perusahaan-perusahaan dalam negeri, pada akhirnya akan kembali lagi ke masyarakat. Pasalnya, pengetahuan yang didapat para investor asing bisa membuat perusahaan-perusahaan di Indonesia terkenal dan berkembang pesat serta berdaya saing global. Hal ini dapat berdampak kepada lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memajukan perekonomian Indonesia.

Diana Diana
Mahasiswa Aktif Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.